Senin, 11 Januari 2016

Solusi UNJ untuk Pariwisata Indonesia

Pemaksimalan Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Produk Pariwisata.

Indonesia memiliki berbagai potensi,salah satunya adalah potensi Pariwisata. Namun sayang, masih belum banyak produk pariwisata Indonesia yang dipromosikan dengan baik. Ada banyak potensi-potensi pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia yang jika dipromosikan secara memadai dapat menambah defisa Negara. Belum banyaknya kesadaran mengenai pentingnya promosi pariwisata seringkali menyebabkan minimnya kegiatan promosi produk pariwista tersebut. Selain itu, banyaknya biaya yang dibuthkan untuk mempromosikan sebuah produk juga menjadi salah satu faktor utama. Ada juga yang telah melakukan kegiatan promosi,namun masih seadanya saja. Padahal,kegiatan promosi adalah salah satu faktor penunjang keberhasilan penjualan sebuah produk. Jika Pariwisata Indonesia ingin lebih dikenal lagi,maka kita harus melakukan promosi mengenai produk pariwisata Indonesia.

Mengapa promosi harus dilakukan ?

Promosi adalah sebuah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar nantinya tertarik untuk melakukan pembelian. Dalam dunia bisnis saat ini, promosi adalah sebuah hal yang sangat wajib untuk dilakukan tiap – tiap perusahaan. Baik itu untuk meningkatkan brand awareness produk mereka di masyarakat, ataupun juga untuk menjaga eksistensi produk tersebut di pasaran. Yang jelas, promosi dalam dunia persaingan bisnis dewasa ini menjadi hal yang urgent

Berikut adalah manfaat dari kegiatan promosi         :

  • ·       Customer Loyalty; Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor.
  • Media Komunikasi; Promosi akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi – informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon konsumennya.
  •  Pertahanan; Promosi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra dari serangan – serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan.
  • Trial and Repeat Buying; Dengan melakukan promosi, akan meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang.
  • Membangun Merek; Seperti yang sudah disebut diawal artikel, promosi berfungsi untuk meningkatkan Brand Awareness, dan juga dengan semakin tingginya tingkat Brand Airing, akan membuat sebuah produk dapat menjadi Top of Mind di masyarakat.
 
Maka dari itu kegiatan promosi harus dilakukan seefektif dan semaksimal mungkin agar pariwisata Indonesia menjadi semakin dikenal,tidak hanya itu promosi tersebut juga harus dilakukan secara merata,tidak hanya produk pariwisata tertentu saja yang menjadi target promosi,tetapi harus dilakukan secara menyeluruh agar dapat terjadi pemerataan kesejahteraan di masyarakat. Salah satu alternatif media promosi yang selain mudah namun juga cukup murah tetapi memiliki efek yang sangat signifikan adalah promosi melalui sosial media.

Sebagaimana yang kita tahu, pekembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangatlah cepat. Apalagi didukung oleh kemajuan transportasi. Perkembangan teknologi dan informasi ini menimbulkan banyak manfaat bagi kehidupan manusia,terlepas dari segala dampak negatifnya. Contoh hasil dari perkembangan teknologi tersebut adalah smartphone dan sosial media. Generasi muda saat ini sangat sulit dipisahkan dari dua contoh tersebut. Social Media merupakan sebuah “dunia” berbasis internet yang menjadi tempat berinteraksi dan bersosialisasi. Social media pada umumnya digunakan untuk berbagi informasi, membangun komunitas, berdiskusi, dan berkolaborasi.                                                Hasil survei Nielsen menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna internemenghabiskan waktunya di social media daripada situs lainnya. Di Indonesia sendiri, dari sekitar 71 juta pengguna internet (tahun 2014), 70 juta di antaranya memiliki akun social media. Indonesia pun masuk sebagai negara pengguna social media tertinggi di Asia, dengan tingkat pertumbuhan penggunanya tercepat nomor 3 di dunia setelah Turki dan Kolombia. Dengan mempertimbangkan aspek tersebut maka media sosial dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan produk pariwisata Indonesia.

Peran Social Media untuk Bisnis

Peranan utama dari social media untuk industri bisnis adalah:
  • Media riset: ide bisnis, demografis dan perilaku konsumen, insight
  • Menjangkau market baru
  • Mendekatkan diri dengan key influences (partner, investor, competitor) dan konsumen
  • Mengembangkan WOM (word of mouth) yang positif
  • Memperoleh reputasi yang baik 
Dengan memanfaatkan aspek-aspek tersebut,maka selain menjadi media promosi,sosial media juga dapat menjadi media riset dan salah satu sumber ide bagi perkembangan dan kemajuan pariwisata Indonesia.

Hampir semua orang yang mengenal internet pasti mempunyai akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Youtube dan lain-lain, atau paling tidak mereka memiliki akun salah satu media sosial tersebut. Pada awalnya media media sosial dibuat untuk kegiatan bersosial secara online, dan ternyata saat ini media media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis. Konsep dasar berpromosi di media sosial adalah promosi melalui penyebaran konten. Contoh praktisnya seperti ini : Travel A menawarkan paket wisata yang harganya disesuaikan untuk para pelajar dan mahasiswa,target pasarnya adalah pelajar,mahasiswa,dan instansi-instansi pendidikan yang sedang mencari paket perjalanan wisata. Bagaimana cara Travel A menjangkau konsumennya ? yaitu dengan menggunakan konten (informasi).

 Travel A dapat           :

  •       Menyampaikan pesan promosi produk secara langsung. Seperti lazimnya sebuah penawaran iklan.

  •       Menyampaikan informasi terkait produk tersebut. Misalnya dengan berbagi mengenai daerah tujuan paket wisata yang ditawarkan oleh travel tersebut.

  •      Mengadakan kontes yang berhadiah paket perjalanan atau yang lainnya.

    Semua cara yang dilakukan Travel A adalah demi menyebarkan konten yang dapat sampai ke target pasar dari Travel tersebut. Dari contoh travel A tersebut dapat diambil beberapa contoh yang diterapkan dalam kegiatan promosi melalui media sosial. 

    Yang pertama, pastinya produk Pariwisata yang ingin dipromosikan harus memiliki akun media sosial yang populer saat ini, contohnya seperti Facebook, Twitter, Google plus, dll.

    1.  Pastikan wisatawan atau pelaku pariwisata lainnya dapat menandai “check-in” ketika mereka berada pada tempat tersebut. Fasilitas ini sudah disediakan oleh Facebook dan sangat cocok untuk bisnis seperti cafe, bar, atau restaurant. Tentunya kita harus memanfaatkan fasilitas ini pada Facebook Page sebuah produk pariwisata agar produk tersebut semakin dikenal banyak orang.
    2. Daftarkan  juga produk pariwisata tersebut pada Foursquare (https://id.foursquare.com/) karena website ini bisa membantu kita dalam mengakses nama-nama orang yang sudah “check-in” pada produk tersebut. Dengan begitu kita bisa mengetahui beberapa kebiasaan mereka sebagai pelanggan dan bisa membantu kita menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap Produk pariwisata kita.
    3. Persiapkan Produk Pariwisata tersebut dengan fitur terbaru yaitu Facebook Graph Search dimana orang bisa menemukan semua bisnis lokal sesuai dengan yang mereka sukai. Fitur ini sebenarnya belum bisa digunakan semua akun Facebook – terbatas pada akun tertentu – tapi cepat atau lambat tentu semua orang bisa menggunakannya.
    4.  Aktif dalam kegiatan bersosial di Twitter. Posting kegiatan yang berhubungan dengan produk pariwisata di twitter secara rutin, misalnya; wisatawan yang datang ke daerah tujuan wisata, event yang berubungan dengan produk pariwisata tersebut, promosi produk, dan lain-lain. Kita juga bisa berpromosi dengan memberikan insentif atau voucher diskon pada followers yang bersedia men-tweet atau memposting di Facebook tentang produk kita. Dengan begitu teman-teman atau followers mereka juga akan mengenal produk pariwisata kita.
    5.  Buat akun di LinkedIn.com. Profile di LinkedIn akan sangat mempengaruhi produk pariwisata karena mesin pencari seperti Google.com me-ranking profil LinkedIn lebih tinggi dibanding dengan media sosial lainnya, termasuk Facebook. Pastikan produk pariwisata tersebut  memiliki akun di LinkedIn dan tetap uptodate di media sosial itu, jangan lupa agar terhubung pada bisnis lain yang sejenis dengan industri produk pariwisata kita.
    6.  YouTube adalah salah satu media sosial yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan brand bisnis di internet. Situs milik Google ini juga bisa dikatakan sebagai mesin pencari terbesar ke-2 setelah Google. Buatlah video tentang produk pariwisata kita se-kreatif mungkin agar disukai banyak orang, lalu upload video itu ke YouTube. Selain itu, juga bisa menawarkan insentif pada wisatawan bila mereka bersedia membuat video mengenai pengalaman merekamengenai produk pariwisata yang sedang dipromosikan dan meng-upload nya ke channel YoutTube produk tersebut.
    7. Daftarkan produk pariwisata tersebut di Yelp.com. Situs ini menggabungkan ulasan tentang bisnis dengan fitur media sosial yang besar. Orang-orang di Amerika biasanya akan mengunjungi situs ini ketika mereka sedang mencari informasi atau ulasan orang lain tentang sebuah toko, restaurant, dokter gigi, dan bisnis lainnya. kita perlu melacak percakapan di Yelp tentang produk pariwisata kita, dan memastikan pengunjung di masa yang akan datang menyukai apa yang mereka baca.
    8.  Mengatur jadwal pertemuan, lokakarya dan pertemuan informal lainnya yang masih terkait dengan produk pariwisata tersebut. Lalu mempromosikan kegiatan tersebut di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan platform lainnya. Orang-orang akan senang untuk menghadiri kegiatan yang kita buat jika mereka merasa bisa mendapatkan informasi, nilai tambah, akses, diskon atau jaringan.
    9.  Gambar adalah sesuatu yang sangat penting karena gambar bisa mewakili banyak kata. Pastikan Anda untuk memposting gambar-gambar kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda ke Twitter, Facebook, dan juga blog Anda. Jangan lupa untuk mengambil semua foto yang berhubungan dengan brand bisnis Anda, lalu upload ke dalam website Anda. Ada baiknya Anda juga mengambil foto pelangggan atau staff Anda dan memposting ke Instagram dan Facebook, lalu menandai orang yang ada di dalam foto tersebut, dengan begitu mereka juga akan mau membagikan foto-foto bisnis Anda ke teman-teman mereka.
    10.  Posting artikel tentang kegiatan bisnis Anda di dalam blog. Postingan tidak hanya berisi tentang bisnis Anda, tetapi lebih pada pengalaman Anda, event yang Anda lakukan, berita dan informasi yang berhubungan dengan topik bisnis Anda. Fokuslah pada konten yang kaya akan informasi dan mengoptimalkan judul postingan dan tags dalam setiap postingan yang Anda buat, hal ini penting untuk SEO. Jangan lupa untuk memberikan link keluar dan juga link masuk dari blog Anda untuk membangun arus lalu lintas yang lebih besar, baik secara langsung maupun tidak langsung ke website bisnis Anda
    11.  Gunakan Instagram untuk mendukung semua usaha pemasaran. Post tentang kegiatan yang berhubungan dengan produk produk pariwisata.
    12.  Gunakan Twitter untuk Riset Target Pasar Twitter adalah alat yang ampuh bila digunakan untuk penelitian bisnis dan pesaing dengan menggunakan nama tertentu. Atur “Twitter alert”, kata kunci penelitian dan identifikasi peluang menggunakan pencarian “Twitter Advanced”.
    13.  Mengadakan Kontes/Kuis
       Kontes, merupakan salah satu cara paling ampuh dalam hal mempromosikan sesuatu di media sosial. Kontes dapat menyebabkan sebuah produk mendapatkan impresi yang tinggi dari target market,sebab kontes pasti menjanjikan hadiah dan orang-orang suka hadiah. Selain itu kontes juga melibatkan target konsumen.


    Daftar Pustaka 
  • www.maxmanroe.com › Social Media
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar