Meningkatkan promosi daerah-daerah
wisata
Seperti yang
dapat kita ketahui,Indonesia dianugrahi dengan kekayaan alam dan budaya yang
sangat berlimpah. Dari aspek alam,Indonesia memiliki 17.508 pulau yang 6.000 di
antaranya tidak dihuni serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah
Kanada dan Uni Eropa. Dari aspek budaya,Indonesia memiliki tempat-tempat wisata
budaya yang didukung dengan warisan budaya yang kaya yang mencerminkan
keberagaman etnis Indonesia serta Indonesia memiliki 719 bahasa daerah yang
dipakai di daerah tersebut.
maka tak
heran banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan baik
dalam negeri maupun luar negeri. Jika kita bisa mempromosikan budidaya luhur
negara kita maka akan banyak sekali wisatawan mancanegara yang tertarik untuk
berkunjung ke bumi pertiwi kita ini.
Berdasarkan
data tahun 2014, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar
9,4 juta lebih atau tumbuh sebesar 7.05% dibandingkan tahun sebelumnya.
Berdasarkan
data dari Badan Pusat Statistik, sebelas provinsi yang paling sering dikunjungi
oleh para turis adalah Bali sekitar lebih dari 3,7 juta disusul, DKI Jakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Lampung,
Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Banten dan Sumatera Barat. Sekitar 59%
turis berkunjung ke Indonesia untuk tujuan liburan, sementara 38% untuk tujuan
bisnis. Singapura dan Malaysia adalah dua negara dengan catatan jumlah
wisatawan terbanyak yang datang ke
Indonesia dari wilayah ASEAN. Sementara dari kawasan Asia (tidak termasuk ASEAN)
wisatawan RRC berada di urutan pertama disusul Jepang, Korea Selatan, Taiwan
dan India. Jumlah pendatang terbanyak
dari kawasan Eropa berasal dari negara Britania Raya disusul oleh Belanda,
Jerman dan Perancis.
Ini bisa
dibilang sebagai proses yang bagus dengan adanya peningkatan signifikan
dibandingkan tahun sebelumnya dan banyaknya wisawatan asing yang tertarik untuk
melihat dan menelusuri keindahan bumi pertiwi kita ini.
Tetapi,masih
banyak tempat-tempat wisata di Indonesia yang banyak belum diketahui
masyarakat. Ada sekitar ratusan atau mungkin ribuan tempat-tempat wisata yang
tidak diketahu/tersembunyi di Indonesia.
Mungkin yang
terpikirkan dibenak orang jika ditanya tempat pariwisata di Bali adalah Pantai
Kuta,Ubud,Kintamani,Pantai Sanur,Pura Tanah Lot,dll.
Tapi selain nama-nama diatas masih ada satu tempat ‘rahasia’ yang masih belum diketahui masyarakat,yaitu Pantai UUG. Selain keindahan alamnya poin tambah dari tempat wisata ini adalah jauh dari pemukiman warga dan keramaian sehingga sangat tepat untuk mengunjungi Pantai UUG jika ingin melepas penat akibat jadwal kegiatan yang sibuk.
Tapi selain nama-nama diatas masih ada satu tempat ‘rahasia’ yang masih belum diketahui masyarakat,yaitu Pantai UUG. Selain keindahan alamnya poin tambah dari tempat wisata ini adalah jauh dari pemukiman warga dan keramaian sehingga sangat tepat untuk mengunjungi Pantai UUG jika ingin melepas penat akibat jadwal kegiatan yang sibuk.
Selain
pantai UUG ada lagi tempat wisata yang masih banyak belum diketahui
wisatawan. Tempat ini sangat cocok untuk
dipakai berselancar karena ombak yang tinggi dan sebagai tambahan pula anda
bisa melihat terbenamnya matahari sambil bersantai. Nama tempat ini adalah
Pantai Pulau Merah yang terdapat di daerah Banyuwangi,mungkin hanya masyarakat
sekitar dan beberapa wisatawan saja yang mengetahui ‘harta karun’ Indonesia
ini.
Beralih ke
Flores,di daerah ini terdapat satu pantai yang sangat bagus untuk dikunjungi
berpasangan karena image nya yang romantis. Namanya adalah Pantai Pink Beach.
Dengan pasir pantai yang berwarna putih dan pink serta pinggiran pantai yang
dangkal berwarna lembayung,tempat ini jadi memiliki kesan ‘romantis’ dan
membuat siapapun yang datang menjadi jatuh cinta. Selain itu karena keunikan
pasir pantainya kita jadi serasa berada di luar negeri.
Ada lagi
‘surga’ pantai Indonesia yang masih banyak belum diketahui yaitu Pantai Sawarna
yang terletak di Banten,Dengan keindahan alamnya membuat kita betah
berlama-lama ditempat ini selain itu karena masih banyak yang belum mengetahui
tempat ini membuat pantai Sawarna masih tergolong asri dengan air yang jernih.
Air Terjun
Benang Stokel,masih banyak yang belum mengetahui ataupun mendengar tempat ini.
Padahal tempat ini memiliki pemandangan yang sangat sejuk untuk dan
menghilangkan rasa penat,selain itu tempat ini asri dengan dipenuhi oleh
pepohonan yang rimbun dan hijau.
Lalu,ada
juga Taman Nasional Meru Betiri. Lokasi ini terletak di daerah perbatasan
antara Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Taman Nasional masih terlihat asri dan
hijau,sekaligus bisa dibilang masih perawan karena jarang dikunjungi wisatawan.
Di tempat ini juga terdapat satwa langka yaitu Harimau Jawa.
Pulau Bawean
yang terdapat di Gresik ini memiliki banyak potensi wisata. Di tempat ini ada
berbagai macam hiburan yang menyenangkan dan dapat memanjakan mata siapapun
yang datang. Pulau yang biasa disebut sebagai Pulau Putri ini memiliki hamparan
batu karang indah dan air laut yang berwarna kehijauan.
Dari
tempat-tempat pariwisata yang disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa
Indonesia memiliki banyak potensi wisata yang terpendam dan belum banyak
diketahui masyarakat Indonesia maupun Dunia. Sebab utama mengapa tempat-tempat
wisata ini belum diketahui dan jarang dikunjungi adalah kurangnya promosi.
Seperti
sudah kita ketahui,promosi wisata Indonesia jauh ketinggalan dibanding dengan
negara-negara tetangga kita. Kita seolah-olah tertinggal jauh beberapa tahun
belakangan ini di era yang serba canggih ini. Kurangnya kesadaran ataupun
kurangnya kreatifitas mungkin jadi penghambat utamanya.
Padahal jika
kita lihat dengan potensi pariwisatanya,Indonesia bisa jadi lebih unggul karena
memiliki banyak tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.
Sayangnya,kurangnya promosi menyebabkan tempat-tempat wisata ini seolah
‘tersembunyi’.
Dengan
istilah ‘tersembunyi’ ini membuat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara
menjadi bingung untuk berkunjung. Dikhawatirkan itu hanyalah sebuah hoax/isu,
selain itu wisatawan akan kebingungan dengan transportasi yang melintasi
pariwisata tersebut.
Sebagai
tempat yang jarang dikunjungi membuat transportasi umum jarang melewati
tempat-tempat tersebut. Jika ingin mengunjungi nya kita harus memakai kendaraan
pribadi dan melewati jalanan yang sempit atau berbatuan dan bisa memakan waktu
tempuh yang berjam-jam.
Jika
seandainya dengan promosi yang baik,maka tempat-tempat ini akan banyak
dikungjungi oleh wisatawan. Sehingga akan banyak alat transportasi umum yang
melewati tempat ini untuk memudahkan wisatawatan dalam negeri dan luar negeri
yang ingin berlibur ditempat ini.
Kecilnya
anggaran yang diberikan pemerintah juga bisa menjadi penyebab utama kurangnya
promosi wisata di Indonesia. Sejumlah masalah krusial yang dihadapi dalam
pengembangan pariwisata tanah air juga menjadi pemicunya.
Banyaknya
daya tarik wisata di Indonesia masih belum didukung promosi yang maksimal.
Sehingga wajar saja jika hanya daerah-daerah yang sudah terkenal saja yang
terus mendapat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Sementara daya
tarik wisata lainnya yang sebetulnya memiliki potensi wisata sangat bagus,
kurang dikenal wisatawan mancanegara karena minimnya promosi.
Seperti yang
diucapkan Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Wiryanti Sukamdani di
sela-sela acara "Sosialisasi BPPI" di Sanur, Kota Denpasar, Rabu
(16/10).
"Kendala
yang dihadapi selama ini adalah konektivitas dan koordinasi lintas sektor. Kita
boleh promosi di mana-mana, tetapi penerbangan langsung sulit dan kapal yang
langsung juga tidak ada, hal ini tidak akan ada gunanya,"
Selain
kendala diatas beliau juga menambahkan. "Fakta menunjukkan bahwa
penerbangan langsung dari negara-negara yang memiliki potensi pasar wisata yang
besar juga tidak ada. Juga akses langsung pelayaran kapal pesiar, misalnya,
masih sangat minim. Untuk bisa datang ke Indonesia, wisatawan harus menyinggahi
beberapa negara dan harus ditempuh dalam beberapa jam," katanya.
Selain
menurut Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI),kita juga bisa melihat
pendapat dari Menteri Pariwisata Arif Yahya. Menurut beliau,kurangnya promosi
wisata Indonesia karena minimnya anggaran yang diterima oleh kementrian
Pariwisata.
Menteri Pariwisata
Arif Yahya mengakui bahwa pada tahun ini, anggaran promosi wisata mendapat
peningkatan yang cukup signifikan, yaitu mencapai Rp 300 Miliar. Jumlah ini
memang meningkat dibanding tahun-tahun yang lalu.
Tetapi,jika
dibandingkan dengan negara tetangga kita yaitu Malaysia yang biaya anggarannya
mencapai Rp3,6 Trilliun,maka dana
anggaran promosi wisata kita hanya seperduabelasnya.
Solusi untuk kurangnya promosi wisata
di Indonesia
Sudah pasti
bahwa solusi dari kurangnya promosi wisata di Indonesia adalah meningkatkan
promosi wisata di Indonesia. Dengan meningkatkan promosi wisata di Indonesia
maka wisatawan akan tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di
Indonesia.
Seperti yang
sudah ditargetkan oleh Menteri Pariwisata Indonesia,Bapak Arif Yahya. Beliau
menargetkan tahun ini biaya anggaran promosi wisata Indonesia dari yang
sebelumnya Rp 300 Miliar menjadi Rp 1,3 Trilliun dan tahun depan mencapai Rp 6
Trilliun.
Anggaran
promosi yang mencapai angka fantastis ini untuk mencapai target Kementerian
Pariwisita untuk menggaet wisatawan sebanyak 2 juta wisman (wisatawan
mancanegara) 2 juta setiap tahunnya.
Selain
itu,untuk meningkatkan dan memajukan perkembangan pariwisata Indonesia dan demi
mengalahkan negara-negera tetangga kita seperti Malaysia dan Thailand,pemerintah
menggandeng 3 agen wisata atau travel agent kondang dari berbagai dunia.
"Kita
memang gandeng travel agent. Kalau ke indonesia
memang harus melalui travel agent.
Kita harus paham gitu kalau kita
berpromosi kita harus menggandeng itu," ujar Arief di Kementerian
Pariwisata, Jakarta, Rabu (30/12/2015).
Arief
menuturkan, pihaknya telah berhasil menggandeng 3 travel
agent dari Eropa yang sangat terkenal. Agen perjalanan tersebut
yakni T.W.I (Tour World International Ltd),
Thomas Cook dan Meyer Agent. "Selain itu,
sembilan negara udah kita gandeng," kata dia.
Sementara
itu, jumlah kunjungan wisata mancanegara (wisman) ke Indonesia bulan Oktober
2015 mencapai 825.818 wisman atau mengalami pertumbuhan sebesar 2,11%
dibandingkan bulan Oktober 2014 berjumlah 808.767 wisman. Secara kumulatif,
kunjungan wisman bulan Januari sampai Oktober 2015 berjumlah 8.017.589 wisman
atau tumbuh sebesar 3,38% dibandingkan bulan Januari—Oktober 2014 berjumlah
7.755.616 wisman.
Kunjungan bulanan wisatawan mancanegara 2015 lebih tinggi dibandingkan dengan 2014 kecuali bulan Januari dan Juni. Ini karena pergesaran perayaan Imlek dari Januari ke Februari dan dimulainya bulan Ramadan di bulan Juni.
Kunjungan bulanan wisatawan mancanegara 2015 lebih tinggi dibandingkan dengan 2014 kecuali bulan Januari dan Juni. Ini karena pergesaran perayaan Imlek dari Januari ke Februari dan dimulainya bulan Ramadan di bulan Juni.
Tetapi
walaupun begitu ini bisa dibilang menunjukkan progres yang cukup baik dalam
bidang pariwisata Indonesia. Jika kita bisa lebih membina pariwisata dengan
promosi yang baik dan melakukan pameran atau perayaan yang menarik maka bisa
dipastikan jumlah wisatawan akan lebih meningkat.
Selain
menggandeng 3 agen wisata kondang dari berbagai dunia,Indonesia berniat untuk
menggaet Google sebagai pemasangan iklan. Google memiliki peran penting bagi
pemerintahan Indonesia karena dilibatkan dalam pemetaan dan pemasangan iklan.
Kementrian
Pariwisata mengoptimalkan google dibidang periklanan karena sebagai kita
ketahui Google adalah situs web nomor 1 di dunia yang selalu dibuka oleh semua
orang. Maka tidak heran Kementrian Pariwisata tertarik untuk menggandengnya.
Ini bisa
jadi ajang promosi yang bagus,karena selain menjadi media pemasaran,Google bisa
menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan Pihak pemerintahan. Google yang
menjadi situs pencarian nomor 1 di dunia ini bisa menarik wisatawan
mancanegara.
Dengan
men-search Indonesia maka akan muncul panorama-panorama indah Tanah air. Mulai
dari laut,pegunungan,pantai,taman,dll wisatawan mancanegara akan menjadi
tertarik untuk mengunjungi Indonesia. Setelah mereka tertarik untuk mengunjungi
Indonesia maka mereka akan menghubungi travel agent ternama di negaranya.
Dari contoh
tersebut dapat kita dapat bahwa dengan kinerja kerja sama yang baik maka akan
semua pihak akan mendapat keuntungan yang setara.
Jika
kerjasama ini berjalan dengan lancar dan baik maka bisa dipastikan wisatawan
mancanegara akan semakin banyak berdatangan ke Indonesia untuk berlibur.
Selain
dengan promosi wisata Indonesia dan menambahkan anggarannya,pemerintah memiliki
strategi yang lain untuk meningkatkan wisatawan dalam negeri dan mancanegara
yaitu dengan pembebasan Visa.
Selain
wisatawan mancanegara mengunjungi Indonesia untuk berlibur,banyak pula
diantaranya yang datang karena untuk urusan pekerjaan dan bisnis. Jika kita
melakukan pembebasan Visa akan memudahkan wisatawan mancanegara yang berkunjung
untuk urusan pekerjaaan.
Semoga dengan solusi-solusi yang
sudah dipaparkan tadi dapat menjadi inspirasi dan membuat kita semua menjadi
semangat untuk memajukan pariwisata Indonesia.
Daftar pusaka :
http://travel.detik.com/read/2015/12/30/170406/3107698/1382/masalah-pariwisata-indonesia-terlalu-banyak-yang-urus-wisata (diakses tanggal 30 Desember 2015)
http://www.marketing.co.id/pariwisata-indonesia-kurang-promosi/
(diakses tanggal 17 November 2011)
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/13/10/16/mure0j-promosi-pariwisata-indonesia-dinilai-belum-efektif (diakses tanggal 16 Oktober 2013)
http://lifestyle.sindonews.com/read/1073413/156/promosi-wisata-kemenpar-gandeng-3-travel-agent-top-eropa-1451478992 (diakses tanggal 30 Desember 2015)
http://pariwisata.jogjakota.go.id/index/extra.detail/1789
saya ucapkan terima kasih kepada aky Kajeng, yang sudah membantu ke susahan saya dengan memberi kan nombor ghoib ke pada saya ''
BalasHapussaya sangat bersyukur sekali kerana nombor yang di berikan 4d itu tembus 100%.
terima kasih kepada semua itu saya sudah lunasi hutang2 saya sebanyak 150 juta di BANK BRI.
dan saya akan buka usaha, berkat menang nombor togel yang di berikan sama aky Kajeng ....
-JIKA ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI INI ...
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga anda udah Habis Buat Judi Togel
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan penyelesaian yang tepat.
HUB aky Kajeng DI NO = 0823-8586-5216 =
atau kunjugi laman aky Kajeng http://pesugihan78.blogspot.co.id/
angka goip yang di berikan aky Kajeng tidak perlu diragukan lagi, saya jamin 100% lut. soalx saya sudah membuktikan 3x ber turut2 menang.
Di jamin anda pasti menang seperti saya