Minggu, 11 Oktober 2015

Tugas-1 Autobiografi Afifah Nur Faridah


Kisah Hidup 18 Tahun yang Tidak Cukup Untuk di Ceritakan dalam 15000 karakter.

Periode Balita

Assalamualaikum Wr. Wb. Perkenalkan nama saya Afifah Nur Faridah, orang-orang biasa memanggil saya dengan nama panggilan Afi. Untuk orang-orang yang baru mengenal saya mungkin ia berfikir bahwa nama panggilan saya seperti ajang kontes ditelevisi swasta pada waktu lalu, namun tidak bagi orang-orang yang sudah mengenal saya sejak lama. Saya lahir di Jakarta tepatnya di RSAB Harapan Kita pada tanggal 7 Maret 1997. Saya terlahir di keluarga sederhana. Nama ayah saya Drs. Sujana dan Ibu saya Meylda Labolo. Ayah saya bekerja sebagai wiraswasta sedangkan ibu saya adalah ibu rumah tangga. Saya anak ke dua dari tiga bersaudara. Saya memiliki seorang kakak yang bernama Nazuah Ushwatun Hassanah, selisih umur saya dengan dia adalah empat tahun. Saat ini ia sedang melanjutkan studi S1-nya sambil bekerja di perusahaan swasta di Jakarta. Dan saya memiliki seorang adik yang bernama Jihan Fajriati Mardhiyah, selisih umur saya dengan dia adalah lima tahun. Saat ini ia duduk dibangku sekolah menengah pertama negeri di Jakarta. Saya sangat bersyukur karena memiliki keluarga yang sayang kepada saya. Dahulu saya pernah tinggal di rumah lama saya yang berletak di jalan Nurdin 3 tetapi sekarang saya berpindah kediaman ke jalan Makaliwe 3 didaerah yang sama yaitu Grogol, Jakarta Barat. Hobi saya adalah jalan-jalan dan mendengarkan lagu.
 
Mama saya menggendong saya saat baru lahir ke dunia.

 
Saya, Papa dan Kakak
Saya saat umur 8 bulan



Saya dan kakak saya.


Saya dan adik saya sewaktu liburan di Bali

 
Saya dan tante saat ulang tahun ke-4
 
Foto saat liburan di puncak.

Periode Taman Kanak-kanak

Sejak kecil saya sangat di didik oleh kedua orang tua saya. Pada waktu itu saya ingin didaftarkan oleh kedua orang tua saya di Play Group, namun saya tidak mau. Akhirnya pada tahun 2002 saya  bersekolah TK kecil di Sumbangsih Grogol. Saya masih ingat sekali dengan guru-guru yang membimbing saya pada waktu itu : yaitu Ibu Yati, Ibu Vera, Ibu Sum, dan Ibu Nur. Lalu setelah TK kecil saya melanjutkan TK besar. Selama TK orang tua saya selalu mengikut sertakan saya dalam acara-acara yang ada di TK saya seperti lomba menari, dan mewarnai. Sejak kecil saya sudah diperkenalkan dengan tari-tarian daerah, pada waktu itu saya senang sekali bisa belajar menari daerah yang dilatih oleh guru saya di TK Sumbangsih Grogol. Mama saya selalu mengantarkan saya ketika saya ingin pergi kesekolah, tetapi pada waktu saya kecil mama saya juga berkeja di perusahaan di Jakarta. Jadi pada saat pulang saya menaiki jemputan yang ada disekolah untuk pulang kerumah. 
Foto saat pelepasan TK Sumbangsih 2.

 
Foto bersama teman saya di TK.
 
Saat pentas menari (Saya memakai baju biru muda)
 
Foto setelah mendapatkan piala dan dinyatakan lulus TK.


Periode Sekolah Dasar

Lalu pada tahun 2003 saya melanjutkan jenjang pendidikan Sekolah Dasar di SDS Sumbangsih Grogol 2 yang terlelak di jalan Muwardi. Selama kelas satu sampai dengan tiga saya selalu mendapatkan rangking 3 besar. Saya mempunyai banyak pengalaman sewaktu saya sd. Saya masih hafal sekali dengan guru-guru yang telah mengajarkan saya di Sekolah Dasar. Saya juga mengikuti kegiatan dokter kecil. Pada setiap hari Senin apel pagi saya selalu mendapatkan tugas untuk mengawasi teman-teman saya dari belakang barisan. Saya juga mengikuti kegiatan Dokter Kecil se-Jakarta yang pada waktu itu acaranya diadakan di Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Dari kecil saya juga sudah diajarkan oleh orang tua saya untuk menabung, hingga pada waktu sd saya sering sekali menabung di bank Niaga. Dengan cara menabung orang tua saya telah mengajarkan betapa pentingnya menjalankan pola hidup yang sangat hemat dengan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting. Sewaktu SD saya juga ikut serta dalam paduan suara, pelatihnya bernama Bapak Sihotang. Dia telah mengajarkan hal yang tadinya saya tidak ketahui. Ia juga mengajarkan saya cara bermain alat musik seperti pianika dan recorder. Saya juga dituntut untuk bisa menjadi konduktor paduan suara dan saya adalah siswa yang menurut guru saya tersebut baik dalam memimpin panduan suara. Lalu saya ditunjuk sebagai konduktor disalah satu lomba paduan suara antar sekolah sekecamatan Grogol. Saya sangat senang, karena saya telah dipercayai oleh guru saya untuk menjadi konduktor dan hasil dari lomba tersebut kita mendapatkan juara 1. Selain itu saya juga pernah mengikuti lomba ensambel  antar sekolah, saya memainkan alat music pianika. Saya dan teman-teman saya mendapatkan juara 2. Saya juga senang bermain basket. Saya mengikuti esktrakulikuler Basket di SD saya. Teman-teman saya pun waktu SD kebanyakan laki-laki, etsss tapi jangan salah saya juga punya teman perempuan banyak. Tahun demi tahun saya lewati, pada akhirnya saya telah duduk di kelas 6 SD, dimana pada masa itu saya harus mengikuti Ujian Akhir Semester Berstandart Nasional (UASBN). Sebelum mengikuti UASBN saya dan angkatan saya harus melewati ujian praktek terlebih dahulu. Ya! Saya ingat sekali saat saya sedang ujian praktek Bahasa Inggris, saya membawakan story telling tentang Barbie mariposa. Saya memeraktekan semua ceritanya dengan menggunakan Barbie mariposa yang dimiliki oleh adik saya. Lalu saya mengikuti praktek Agama Islam, pada waktu itu praktek tersebut diwajibkan siswanya harus mempraktekan sholat wajib dan menghafal afalan yang sudah ditentukan oleh guru saya. Dan tibalah akhirnya ketika saya dan teman-teman saya mengikuti UASBN. Panitia UASBN di SD saya telah menyediakan sarapan sebelum kami semua mengikuti ujian tersebut, mama saya salah satu panitianya hahaha. Ketika Ujian selesai kami pun diberikan makan siang terlebih dahulu sebelum pulang, betapa senangnya ketika kami semua diberikan makanan gratis hehehe. Saat semua ujian telah kita lewati beberapa hari setelah kita ujian, sekolah saya telah membuat acara untuk refreshing setelah ujian. Saya ingat sekali pada waktu itu kita semua berangkat keluar kota tepatnya di Sukabumi. Kita mengikuti Outbound dan acara-acara yang seru lainnya. Kami melepaskan segala beban setelah mengikuti Ujian. Setalah acara itu kami pulang ke Jakarta dan menunggu detik-detik hasil pengumuman. Kami mengikuti acara pelepasan yang diadakan oleh sekolah waktu itu acara tersebut diadakan di Gedung Olah Raga Jakarta Barat. Betapa deg-degannya saya dan teman-teman saya saat menunggu hasil pengumuman tersebut. Dan akhirnya saya dan teman-teman saya dinyatakan lulus.
 
Foto bersama teman di SD.

Setelah menari di acara pelepasan murid kelas VI.

Foto saat acara pelepasan angkatan 2009.






Periode SMP

Pada tahun 2009, Setelah saya lulus dari SD saya melanjutkan ke SMP. Pada waktu itu saya tidak memilih sekolah Negeri seperti teman-teman saya, tapi saya melanjutkan sekolah di SMP Sumbangsih Grogol yang kebetulan itu adalah sekolah swasta yang satu lingkungan dengan SD dan SMP saya. Setengah semester berjalan… lalu mama saya menyarankan saya agar pindah sekolah ke SMP Negeri di daerah Jakarta Barat. Entah dengan alasan apa saya dianjurkan pindah oleh Mama saya. Akhirnya Kelas             VII semester 2 saya pindah ke SMPN 111 Jakarta Barat yang beralamat di JL. Bhakti VII No.2, Palmerah, Kota Jakarta Barat. Saya pada saat itu berhadapan dengan lingkungan yang baru, saya sendiri adalah tipe orang yang mudah sekali untuk beradaptasi. Jadi pada waktu itu saya sudah mengenal anak-anak di SMP tersebut (keren ya haha). Inget sekali pada waktu saya masuk hari pertama ada teman saya yang teriak dari lantai 3 “Afiiiiiii….” Wah saya kaget sekali lah tiba-tiba ada yang teriak dan ternyata itu teman saya. Saya ditempatkan di kelas VII-5 saya bertemu dengan teman-teman baru yang sangat baik dan ramah begitu juga dengan walikelas saya yang bernama Ibu Rukiyah. Ohya waktu saya pindah saya gak gitu aja pindah ke SMPN 111 ini, saya harus mengikuti tes terlebih dahulu, karna pada waktu itu yang mau pindah banyak juga loooh. Mungkin ada beberapa yang tidak keterima karna tidak lulus tes kali ya hehe. Setiap hari saya diantar jemput oleh ojek saya (setia banget kan dia wkwk) Lalu saya beranjak ke kelas VIII-5 dimana pada saat itu masa-masa santai, apalagi wali kelas saya dapat yang baik juga nama beliau adalah Ibu Nanik dia adalah guru tata busana disekolah saya. Saya paling kesel sekali sama pelajaran tata busana, karna saya kurang sabar untuk membuat pola, lalu habis itu dijait dan lain sebagainya. Menurut saya itu rumit sekali, hanya orang-orang yang suka dan minat yang bisa melakukannya. Saya sekelas juga pernah dihukum karna bolos pelajaran Bahasa Inggris, Padahal saya suka sekali dengan pelajaran tersebut tapi saya tidak suka dengan gurunya hahaha. Saya juga mempunyai teman yang sangat akrab. Kami semua ber-12 terdiri dari Sarah, Linda, Novita, Iis, Yana, Khansa, Diana, Lia, Nadya, Anira, Nabilla dan saya Afi. Kami selalu bermain bersama, setelah pulang sekolah kami selalu duduk-duduk santai atau yang biasa disebut nongkrong didepan ruang BK sampai sore. Kami kemana-mana selalu ber-12 sampai satu angkatan tau kalo kita itu susah sekali dipisahkan haha. Kami juga welcome dengan semua teman kami yang ingin bermain bersama. Waktu itu ada acara study tour dari SMP saya ke Bandung. Kami ber-12 berencana untuk menggunakan pakaian yang senada agar terlihat kompak, akhirnya kami menggunakan kaos yang sengaja kami beli bersama-sama pada waktu itu. Sangat disayangkan kami ber-12 tidak sebis semua karna rata-rata dari kami semua tidak sekelas. Disana kita mengunjungi museum Boscha dan tempat pemerasan susu sapi. Foto-fotolah kita disana. Teman saya Khansa dan Lia  di tempat pemerasan susu sapi tiba-tiba pada saat itu mereka kerasukan, memang sih mereka berdua memang bisa melihat makhluk-makhluk gaib, lalu kami mengantarkannya ke mesjid hingga pada akhirnya mereka berdua siuman dan menceritakan apa yang telah terjadi terhadap mereka sebelumnya. Tidak lupa juga sebelum balik ke Jakarta saya seangkatan mampir membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Lalu setelah study tour selesai kami mengikuti Ujian kenaikan kelas untuk melanjutkan ke kelas IX. Saya dinyatakan naik ke kelas IX dan saya mendapatkan kelas IX-9 yang wali kelasnya bernama Ibu Rita. Dia adalah guru BK saya, dia sangat cantik dan baik hati. Kelas saya terletak di lantai 2 diujung sekali sebelah dengan toilet pria. Sangat menyedihkan hahaha eh tapi kelas saya tidak sama sekali menyedihkan. Saya sangat beruntung bisa masuk didalam kelas tersebut karna teman-temannya yang asik dan selalu saja membuat ulah setiap harinya haha. Saya juga mempunyai grup yang berisikan banyak sekali anggotanya sebut saja “morbon Family” terdiri dari laki-laki dan perempuan. Kami sangat kompak sekali hingga akhirnya pada waktu itu kami membuat jaket bersamaan yang bertuliskan “Morbon” arti dari Morbon sendiri itu adalah doa ibu. Sebenarnya saya waktu itu diajak oleh salah satu teman saya untuk masuk kedalam Family tersebut. Lalu lama kelamaan anggotanya semakin banyak dan kita mempunyai basecamp/tongkrongan yang tempatnya sangat nyaman didaerah Slipi, Jakarta Barat. Hari demi hari berlalu. Pada waktu itu di SMP saya diadakan Buku Tahunan Sekolah dan saya adalah anggota dari kepanitian tersebut. Kelas saya waktu itu foto bertempat di bangunan tua didaerah wisata kota tua, Jakarta Barat bertemakan Rock N roll. Lalu setelah foto BTS tibalah saatnya kita mengikuti Ujian Nasional untuk melanjutkan ke jenjang SMA. Ujian berlangsung selama 3 hari. Setelah ujian selesai saya dan teman-teman saya pergi ke Dunia Fantasia tau yang lebih dikenal dengan Dufan untuk mencari hiburan setelah kami mengikuti ujian nasional yang begitu sulit. Lalu 2 minggu berikutnya kami pergi ke Goa Buniayu Sukabumi, Jawa Barat. Segala persiapan telah kami rencanakan sebelumnya, kebetulan pemilik penginapannya adalah Ibunya teman saya. Jadi kami digratiskan untuk tempat menginapnya haha, lalu disana kami menelusuri goa selama 5 jam. Banyak sekali pengalaman yang kita dapatkan disana selama 3 hari 2 malam. Setelah itu kami pulang ke Jakarta dan menunggu hasil pengumuman dan wisuda yang telah direncanakan oleh pihak sekolah. Lalu kami mengikuti acara pelepasan yang diadakan di lapangan SMP 111, acara demi acara berlangsung dan tibalah saatnya pengumuman saya dinyatakan “LULUS” lalu kami menaiki panggung dan diberikan ucapan selamat oleh kepala sekolah dan guru-guru smp saya lalu dikalungi piagam oleh wali kelas saya yaitu Ibu Rita. Masa-masa SMP saya sangat tidak bisa untuk dilupakan, karena saya bisa kenal dengan teman-teman banyak, guru-guru yang berbagai macam sikapnya, pengalaman dan lain2. Lalu saya dan teman-teman saya memilih SMA masing-masing dengan pilihannya sendiri, saya ber-12 tidak ada yang satu SMA. Dan kamipun jarang bertemu lagi.


 
Foto saya dan teman-teman saat kelas VIII-5
 
Photo shoot BTS IX-9

Morbon Family.

Panitia BTS SMPN 111

Foto Wisuda



Bersama Sarah dan Novita.
Bersama BK Family.
SMPN 111 2012.



Pediode SMA

Pada tahun 2012, Setelah SMP saya melanjutkan sekolah ke SMA, waktu itu saya memilih 3 SMA Negeri di Jakarta Barat tetapi saya ternyata masuk ke SMA pilihan ke-3 yaitu SMAN 23 yang terletak di Jl. Mandala Utara, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat. Saya termasuk siswa yang mendapatkan nilai Nem yang besar namun saya terpental dari pilihan ke-1 dan ke-2. Mengapa saya memilih SMA ini dipilhan ke-3 karena papa saya menginginkan saya bersekolah yang jaraknya tidak jauh dari rumah, karena SMA 23 adalah sekolah yang dekat dari rumah saya jadi saya memilih SMA tersebut di pilihan ke-3. Mama saya menawarkan saya untuk mengikuti gelombang ke-2 namun saya menolaknya, saya berfikir buat apa saya ikut gelombang ke-2 saya takut tidak diterima di SMA Negeri pada waktu itu. Karena hidup adalah pilihan, akhirnya saya memilih SMAN 23 menjadi SMA saya untuk 3 tahun kedepan. Lalu saya melakukan verifikasi data-data setelah saya dinyatakan lulus. Setelah itu saya mengikuti Pra MOS selama 3 hari. Lalu saya masuk ke kelas X-5 saya bertemu teman-teman yang beraneka ragam. Pada saat itu wali kelas saya seorang guru musik yang bernama Ibu Rinta dia sosok guru yang sangat baik. Setelah sekolah selama beberapa minggu saya dan beberapa teman saya sering bermain bersama hingga pada akhirnya kami terbentuk sebuah kelompok yang beranggotakan 8 orang. Terdiri dari saya, Alma, Aca, Bella, Uci, Revita, Erna, dan Firdha. Kami selalu bermain bersama-sama pada saat itu hingga akhirnya kita dipisahkan saat kenaikan kelas ke kelas XI IPS 3. Saya memilih jurusan IPS, karena pada dasarnya saya tidak terlalu suka berhitung dan lebih suka menghafal. Ada salah satu teman saya yang masuk ke jurusan IPA, tapi tak bisa dipungkiri kebersamaan kita tetap berjalan seiring dengan berjalannya waktu. Kami masih suka bermain bersama, suka nginep dihotel-hotel di Jakarta bersama-sama, dan melakukan hal lainnya bersama-sama. Saya sangat beruntung sekali mempunyai teman-teman seperti mereka, walaupun terkadang kasih suka beradu pendapat satu sama lain. Seperti kata orang-orang masa-masa SMA adalah masa yang sangat sulit untuk dilupakan, iya saya setuju. Banyak sekali kenangan-kenagan yang indah dan buruk yang terjadi selama masa SMA berlangsung. Setelah itu saya naik ke kelas XII IPS 3 dimana pada saat itu kita harus benar-benar belajar untuk Ujian Nasional pada bulan April nanti. Pendalaman Materi yang pada waktu itu membuat murid-muridnya menjadi pulang sore harus dijalani demi mendapatkan nilai yang baik pada nantinya. Lalu saya menyarankan untuk mengadakan Buku Tahunan Sekolah di SMA saya, lalu teman-teman seangkatan saya menyetujuinya. Saya ditunjuk sebagai Wakil Panitia tersebut. Tema BTS 23’15 adalah “Fashion” kelas saya memilih tema “Retro” kami semua memilih tempat untuk photo shoot di Hot Road Café dibilangan Jakarta Selatan. Setelah kegiatan tersebut saya menjalani hari demi hari seperti biasanya sampai tiba saat ujian nasional berlangsung. Saya duduk dibarisan belakang pada waktu itu, saya sangat matang untuk mengikuti ujian tersebut. Intinya pada waktu SMA saya memang masih sangat labil karena kita masih mencari jati diri kita masing-masing. Saya juga bertekad untuk masuk ke Universitas Negeri manapun dan juga ingin sekali masuk ke STPB. Lalu beberapa bulan kemudian kami seangkatan dinyatakan lulus 100% dan mengikuti wisuda yang telah diadakan oleh pihak sekolah dan panitia yang ada.

 
Foto pada saat kelas X-5.

Foto disaat praktek membuat lubang biopori.

XI IPS 3.

 
Panitia BTS 23'15

Saya dan teman-teman.

XII IPS 3

Foto saat merayakan ulang tahun Frau Rosa.

 
Saat atletik di Gelora Bung Karno.
 
Foto saat setelah Ujian Nasional selesai.
 
Foto saat wisuda 23'15.

Angkatan 23 2015.



Periode Sekarang  

Waktu SMA saya memang mengikuti bimbel didekat SMP saya, saya selalu belajar setiap harinya agar bisa lulus tes SBMPTN karna waktu itu saya tidak diterima di SNMPTN memang belum rezeki yasudah akhirnya saya rutin belajar untuk bisa lulus di tes berikutnya yaitu SBMPTN, saya sebenarnya sangat ragu karena pada SNMPTN saya sudah ditolak oleh universitas negeri yang saya inginkan namun dengan keyakinan yang begitu kuat saya mengikuti tes tersebut namun apa daya saya pun tidak diterima lewat jalur SBMPTN. Kemudian saya mengikuti tes STPB di Bandung. Tes demi tes saya ikuti namun saya gagal entah mungkin saat tes wawancara pengujinya tidak puas dengan jawaban saya. Mulai dari situ saya sangat frustasi mau kuliah dimana saya. Orang tua saya sudah menganjurkan untuk kuliah di swasta saja “Sudahlah Fi, Daftar Trisakti aja ambil Akuntansinya” itu kata kedua orang tua saya. Sebenarnya saya sangat setengah hati untuk mengambil jurusan itu karena saya tidak suka menghitung tapi itu keinginan orang tua saya, saya mencoba untuk menuruti keinginan tersebut akhirnya saya daftar di universitas tersebut. Lalu saya bilang kepada mama saya “Ma, Afi mau coba ujian mandirinya UNJ. Gimana?” lalu mama saya bilang “Terserah Afi kalau mau ya daftar saja” begitu pula dengan papa saya berkata seperti itu. Saya sangat penasaran ingin sekali ikut ujian mandiri tersebut, karena saya dari SMP sudah bertujuan ingin masuk ke dunia pariwisata. Namun sempat goyah karena ditolak oleh STPB. Akhirnya saya mendaftar Penmaba UNJ. Saya memilih pilihan pertama yang disarankan oleh papa saya yaitu S1 Akuntansi dan pilihan kedua ya passion saya yaitu D3 Usaha Jasa Pariwisata. Pada tanggal 1 Agustus 2015 saya mengikuti tes tersebut di Gedung Dewi Sartika lantai 9. Saya tes bersama teman saya, saya bilang sama teman “Kalau tes ini ga lulus yaudah gapapa, anggep aja undian ya haha” Dan waktu itu tepat tanggal 10 Agustus 2015 Saya dinyatakan LULUS di D3 Usaha Jasa Pariwisata UNJ. Betapa bahagianya saya pada waktu itu. Padahal pada saat itu saya sudah mendaftar Universitas Trisakti dan tinggal melanjutkan tahap-tahap berikutnya. Tapi dengan hati yang yakin saya lebih memilih UJP UNJ. Sebelumnya saya tidak ingin membuka website tersebut sebenarnya, karena sudah berfikir kalau saya tidak akan diterima. Saya mengikuti serangkaian acara MPA yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial. Dan sekarang saya adalah mahasiswi Usaha Jasa Pariwisata 2015, yap keinginan saya didengar oleh Allah. Alhamdulillah sekali. Saya berharap Keinginan-keinganan saya lainnya bisa terkabul dan UJP 2015 bisa terus bersama dan kompak selama 3 tahun kedepan dan seterusnya. Aamiin Ya Rabbal Alaamiin. 




Untuk pertama kalinya mengenakan almamater UNJ.

 
Bersama Vivi, Jeje, Bayu, Firhan dan Ica.

Teman-teman bimbel.

 
Foto keluarga saya.
Sebenarnya banyak sekali pengalaman-pengalaman yang saya ingin ceritakan, namun “Words Can’t Describe” hehehe.. 

Sekian. Assalamualaikum Wr. Wb. 



Afifah Nur Faridah
Usaha Jasa Pariwisata class A.

21 komentar:

  1. Autobiografi yang sangat menarik:) perkataan disusun dengan sangat rapih

    BalasHapus
  2. Sukses terus ya fi di pariwisata.inget aca terus temen 3tahun.lu di sma ye. Kalo mau nikah MUA nya aca aja. jgn lupain temen lama kalo udh punya temen baru yap -tasha siti nabilla tatarias unj2015-

    BalasHapus
  3. autobiografi yg bagus dan menarik. Afi semangat ya di UNJ jangan lupa sama Putu teman seperjuangan walaupun saya ditolak:)

    BalasHapus
  4. Jadi kangen kan fii 😭
    Penulisan biografinya tersusun rapi. Tidak bikin bingung bacanyaa. Sukses terus ya afii kedepannya 😊

    BalasHapus
  5. penulisan biografinya sangat bagus. rapih. bahasanya lugas&efektif... pilihan katanya juga tepat, jd ga bingung bacanya. sukses terus kedepannya kak afi! -jihan fajriati mardhiyah, 89'16-

    BalasHapus
  6. interesting autobiography, composed with the right words and the proper arrangement of photos, but nothing willykrnwn:(

    BalasHapus
  7. Sejauh ini kemampuan menulis nya sudah bagus. Mungkin dengan sering menulis, kemampuan itu akan terus bertambah. Ya semoga ke depannya selalu sukses ya dedek. Go grab your dream, keep moving! Love, Naz.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Autobiografi nya mantap lah, sukses terus buat afi!:)

    BalasHapus
  10. Tulisannya enak dibaca, ngalir alurnya..
    Semangat terus afi menulisnya.. Sehari satu halaman

    BalasHapus
  11. sungguh kisah hidup yang menarik, tulisan ini bikin inget sama masa masa sebelum masa perkuliahan seperti sekarang. nice fii

    BalasHapus
  12. Bagus fi autobiografinya tapi ada yg kurang lengkap:)

    BalasHapus
  13. It's such a wonderul tale. Alur ceritanya menarik, gak membuat orang bosen. Sukses selalu afi :)

    BalasHapus
  14. Biografinya sangat bagus dan menarik, gabosen buat baca sampe akhir. Sukses terus ya afiii;) -utii

    BalasHapus
  15. Lucu fii bagus. Ga kerasa ya skrg sudah besar. Makin sukses ya fi di unj nya😘

    BalasHapus
  16. Autobiografi yang sangat menarik! Dan menggunakan bahasa yang dapat membuat pembaca tidak mudah bosan.

    BalasHapus
  17. Autobiografinya bagus ditambah gambarnya menarik, jadi flashback sendiri bacanya. Sukses fii ;))

    BalasHapus
  18. Dear Afi,

    Alur ceritanya sudah bagus. Tapi akan lebih baik kalau diperkaya dengan penggunaan kata-kata yang variatif jadi tidak monoton. Sukses ya Afi :)

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Tuhan mengantarkan Afi ke UNJ, karena tempat itulah yang terbaik bagi pengembangan diri dan masa depan. Mungkin benar bahwa "hidup itu pilihan", tetapi "kehidupan dan hidup sudah digariskan" dan manusia hanya meraba-raba dalam pilihan

    BalasHapus