Minggu, 11 Oktober 2015

Tugas 1 Autobiografi Riza Erfandia Nidaurrizki

METAMORFOSIS DI 18 TAHUN

Nama lengkap saya Riza Erfandia Nidurrizki, Nama panggilan saya Reza. tetapi dimana setiap nama panggilan akan diubah untuk lebih mengakrabkan saya di tempat yang baru saya jejaki untuk memulai babak baru dalam kehidupan. Saat ini saya tinggal di kosan di jalan Pemuda II Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Polo Gadung. Saya tinggal dikosan lantaran saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jakarta.  Saya lahir di Bekasi, 25 Februari 1997 dari 2 bersaudara, Kakak saya bernama Reva Sonia Izzaty. yang sudah bekerja sebagai pegawai Bank CIMB Niaga di Lippo Bekasi. Adik saya bernama Rida Arzika Fadhla Maula Lessy berusia 8 tahun yang pada saat ini duduk di kelas 4 SD. Ayah saya bernama Sahroji dari berasal dari Bekasi tetapi memiliki keturunan Banten bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dan juga menjadi Dosen dan Ibu saya bernama Oom Komariah Asli Bekasi Keturunan Betawi bekerja sebagai Guru Honorer. Saya berasal dari Bekasi tempat tinggal saya di Kp. Kempes, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi. Saya dahulu tinggal di sebuah perumahan dimana pada saat itu ayah saya mengajar di SD, lalu saya pindah  pada saat umur saya 4 tahun dan memutuskan menetap dirumah yang sekarang ini jarak dari tempat tinggal saya dahulu di perumahan berjarak 200 meter dari tempat tinggal saya sekarang.
                                                                 ayah dan mamah

mamah dan ayah
                                                                  Adik dan ayah
                                           saya, kakak. dan ayah waktu di rumah yang lama

saya, dan kakak saya waktu kecil
                                                mamah, sayah, ayah, dan kakak

Kisah perjalanan hidup saya khususnya di dalam dunia pendidikan dimulai pada saat umur 5 tahun saya memulai pendidikan di Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Al-Jihadiyah yang berada di desa sukadarma, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi. Setelah itu pada tahun 2003 saat usia saya 6  Tahun masuk SDN Sukamulya 05, dan disinilah tempat ibu saya mengajar. Pada saat saya belajar di SD saya merupakan suatu masa yang tak pernah saya lupakan pada saat itu khususnya saat saya berada di kelas Lima dan Enam. Karena pada saat itulah banyak kejadian kejadian menarik Contohnya waktu saya di hukum oleh guru pada saat sedang belajar saya sedang asyiknya bersama teman teman saya bermain sepak bola, alhasil saya dan teman teman saya di jemur di tengah teriknya matahari siang itu. Banyak sekali kejadian - keajadian menarik  saat saya belajar di SDN Sukamulya 05, Saya bebas bermain dengan gembiranya bersama teman-teman saya. dan hingga saaat ini saya masih teringat masa-masa di SDN Sukamulya 05.memang pada saat itu saya juga di kenal murid yang Bengal dan usil terhadap teman-teman beberapa kali saya terlibat perkelahian dengan salah satu teman saya di SD. Pada saat saya SD saya juga bersekolah di Sekolah Sepak Bola Bina Muda Sukatani saya di masukkan SSB oleh ayah saya karena saya gemar sekali atau suka sekali dengan yang namanya dunia sepak bola hampir setiap hari saya bermain sepak bola di lapangan setelah pulang sekolah. bola seperti sahabat saya dirumah pun saya selalu bermain sepak bola sampai vas bunga dan foto pun pecah dan hancur gara-gara saya rumah berantakan sekali.
Setelah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar selama 6 tahun dan lulus pada tahun 2009 dan mendapatkan ijazah. Saya melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu MTS, Saat MTS saya bersekolah di MTS Al - Jihadiyah Sukatani, yang berada didesa Sukadarma yang letaknya kurang lebih 3 KM dari tempat tinggal saya berada. Saya belajar di MTS di didik ilmu agama islam, karena itulah orang tua saya menganjurkan saya melanjutkan ke MTS Al-Jihadiyah bukan di SMP agar saya bisa memperdalam ilmu agama islam karena belajar di MTS lebih banyak belajar ilmu - ilmu berkaitan dengan agama islam beda dengan SMP. Selain bejar ilmu agama, saya juga di latih mental, berorganisasi, dan kepemimpinan agar lebih luar biasa dan mempunyai suatu jiwa kepemimpinan yang baik di masa depan dan semakin dewasa tentunya. Selama saya menempuh pendidikan saya meraih prestasi juara 1 tenis meja di MTS Al-Jihadiyah, juara 1 sekecamatan sukatani antar MTS.

Setelah saya menyelesaikan pendidikan di MTS 3 tahun saya lulus pada tahun ajaran 2012 dan mendapatkan ijazah. Saya melanjutkan pendidikan di SMA 1 Sukatani, Kabupaten Bekasi  pada tahun 2012.  Selama saya di SMA  saya di kenal sebagai murid yang tidak bisa di atur atau disiplin dalam segi apapun mungkin masa-masa SMA adalah masa kenakalan saya karena saya sering membuat kegaduhan seperti : melanggar jam belajar,bolos saat jam pelajaran, bermain judi di kelas, terlibat perkelahian, dan melanggar tata tertib sekolah. Mungkin masa-masa SMA juga sebagai masa-masa yang sangat berarti atau suatu kenangan yang tak pernah saya lupakan ketika saya sedang diam mengingat teman-teman SMA dulu. Bercanda dan tertawa ria dengan teman-teman saya,,bermain futsal di depan sekolah, membully teman yang sedang jomblo atau di putuskan pacarnya, hingga on the way setiap hari sabtu. Masa itu yang masih saya ingat  Pada tanggal 6  april 2015 pihak sekolah mengadakan acara pelepasan  di Lembang Bandung saya dan teman - teman saya mengutuskan untuk berangkat walaupun sempat berpikir untuk tidak ikut acara tersebut. tempat yang di tuju adalah floating market mungkin waktu kesana kami merasa tidak puas karena itu seperti tempat wisata untuk anak kecil. Tapi setibanya di hotel lembang  teman-teman saya merasakan suatu kebahagian yang di warnai isak tangis perpisahan setelah 3 tahun bersama-sama melakukan suatu kekonyolan dan lain lain. Dan pada saat malam puncak saya dan teman-teman saya menampilkan suatu band yang memang sudah bentukan sejak SMA. di malam pelepasan itu saya merasa sangat senang sekali karena bisa menghibur teman-teman dan para guru SMA.

ngeband pada saat malam pelepasan di Lembang, Bandung

Teman seperjuangan waktu SMA

pelepasan di Lembang

hobby saya waktu SMA sama seperti saya SD yaitu senang sekali yang namanya sepak bola namun kali ini bukan sepak bola yang di mainkan di lapangan dengan rumput yang tumbuh tapi bermain futsal dengan menyewa lapangan karena saat ini sanagat susah menjumpai lapangan yang luas untuk bermain sepak bola. Saya kali ini bergabung dengan salah satu klub futsal di Bekasi dengan pemainya bekerja di PT. waktu itu saya di ajak bermain oleh salah satu teman saya untuk membela klub futsal yang di bentuk para pekerja tersebut  saya bermain dengan semangat dan konsisten setelah saya di nilai bermain baik oleh pemain yang lain hingga  saat ini pun saya masih bermain dan tak tergantikan setiap pertandingan di mana pun saya ikut. Selain saya gemar bermain futsal saya juga sekarang ini memulai sebuah hobby baru yang sebenarnya sudah saya mulai sejak saya di ajak oleh saudara saya, yaitu mulai menjalankan aktivitas outdoor atau penggiat alam bebas  yaitu mendaki gunung atau trekking saya mulai mendaki gunung untuk yang pertama kalinya yaitu gunung papandayan di gurut dengan ketinggian 2.656 Mdpl dan di lanjutkan dengan gunung gede-pangrango 2958 Mdpl-3019 Mdpl, gunung ciremai 3.078 Mdpl di Kuningan, Semeru/Mahameru 3.676 di Lumajang, Cikuray 2.812 Mdpl di Garut, gunung sanggabuana di Karawang dan gunung Guntur 2.224 Mdpl di Garut.

foto bareng teman baru di gunung gede
                                              menikmati udara segar dan merefresh

menikmati sunset

Semua perjalanan pendakian saya hampir saya mulai sejak kelas 1-2 SMA dan kemarin saya naik di gunung Guntur pada saat liburan menjelang bulan suci ramadhan. Ketika saya mendaki saya selalu mempunyai pengalaman baru dan teman baru di daerah lain sepert teman dari Cibitung Bank Udin Bogor kak Anisa,Kak Denis, Kak fajar dan dari Bandung Bank Hilman bertemu waktu ke gunung Guntur yang memang sudah janjian bertemu di garut untuk mendaki bareng disana. Dan hingga sekarang saya masih saling menghubungi satu sama lain dari daerah masing-masing untuk membicarakan planning atau tujuan pendakian selanjutnya. Saya pergi ke gunung untuk refreshing atau menenangkan diri di sana untuk menghindar dari Bekasi, yang hampir di setiaap saat mengalami kemacetan di setiap jalan, kebisingan , banyaknya pabrik pabrik, dan polusi udara. dan juga daerah tempat tinggal saya terkena imbas dari itu sekarang tempat tinggal saya yang tadinya terkenal dengan para petaninya sampai kecamatan pun bernama Sukatani sekarang kian memudar seiring berjalannya waktu persawahan semakin berkurang akibat bergantinya lahan menjadi area  perumahan, ruko, dan rumah makan. Dulu ketika waktu saya kecil saya bebas bermain layang – layang di persawahan yang hijau tanpa ada hambatan menerbangkannya karena sekarang sudah mulai banayak bangunan dan jarangnya area terbuka, saya bisa bermain sepak bola dengan puasnya ketika sawah sedang musim panen, dan melihat hamparan persawahan hijau yang di basahi embun kala pag dan di hiasi burung - burung sedang mencari makan dengan latar gunung gede pangrango meskipun jauh letaknya  dapat terlihat. Namun sekarang kian hilang suasana seperti itu daerah saya menjadi panas dan kian ramai dengan berbagai aktivitas manusia. Ketika saya sedang berdiam diri di rumah tanpa ada aktivitas apapun kaki ini terasa ingin selalu mengajak berjalan ke  hutan atau gunung untuk sekedar menikmati suasana sejuk, sepi dan menikmati keindahan ciptaan tuhan. Namun sekarang hampir semua gunung – gunung di pulau jawa sudah mulai ramai sekali dengan pendaki pemula, pada saat weekend lebih banyak lagi yang berdatangan semenjak adanya film atau program TV tentang petualangan dan imbasnya gunung pun banyak sekali sampah hingga rusaknya vegetasi hutan gunung yang di sebabkan pendaki yang tak beretika. Selain saya melakukan aktivitas penggiat alam bebas saya juga aktiv di media sosial khususnya facebook untuk membagikan\share tentang pentingnya hutan dan alam sekitar serta peduli satwa yang di lindungi saya sering memberikan informasi via facebook tentang pentingnya keberadaan fauna di alam sebagai penyeimbang ekosistem sampai saya pernah di hubungi sama bank Haray Sam Munthe untuk ikut berpartisipasi di BukitBarisan Sumatran Tiger Ranger yang bertugas untuk menjaga hewan endemik Sumatera itu tidak terjadi kepunahan saya di ajak turun langsung ke hutan dan sekedar memberikan donasi. Bukanya saya menolak tetapi saya tidak bisa terjun langsung karna saya sedang menempuh pendidikan.  saya hanya bisa membantu lewat media sosial facebook sekedar membagikan informasi yang saya dapat dari sumber-sumber media lain.
Entah kenapa saya jadi peduli terhadap binatang pada saat ini. mungkin karena saya pernah memelihara beberapa binatang di rumah dan berakhir pada kematian meskipun binatang yang saya pelihara selalu saya kasih makan setiap harinya beberapa binatang yang pernah saya pelihara mulai dari musang, kelinci, marmut, kucing hutan, kura-kura, burung, hamster. semua hewan yang saya pelihara itu mati dan suatu ketika saya mulai berhenti untuk memelihara beberapa hewan tersebut saya melihat ada tetanga saya yang memelihara beberapa hewan yang sudah langka keberadaanya dan di lindungi oleh undang - undang di halaman rumahnya  dia memelihara  Elang jawa, Elang Laut, Burung Hantu, Ular Sanca Kembang, Musang Luak, Kukang Jawa. Saya melihat hewan langka itu di tempatkan di kandang yang berukuran kecil dan tidak layak hewan itu tidak bisa bergerak dengan leluasa. Saya melihat hewan-hewan itu merasa kasihan meskipun burung berada di sangkar yang terbuat dari emas tetapi burung lebih senang ketika berada di alam agar bisa terbang bebas.
Sekarang saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dengan mengambil jurusan Sejarah Prodi Pariwisata saya bersyukur bisa masuk salah satu universitas unggulan di Jakarta ini. Memang untuk masuk ke Universitas Negeri Jakarta ini tidak mudah saya harus bersaing dengan siswa yang berasal dari sekolah lain dari berbagai provinsi di nusantara karena banyaknya peminat yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Saya memilih prodi pariwisata memang keinginan saya sendiri,  saya beranggapan bahwa prodi pariwisata cocok untuk saya. Memang pada saat ini juga pariwisata di Indonesia sedang di tingkatkan karena pariwisata di Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Harapan saya saat ini  semoga saya bisa memberikan yang terbaik untuk kedua orang tua saya dan semua makhluk hidup yang berada di alam semesta ini. Terima kasih untuk yang sudah membaca autobiografi saya semoga bermanfaat bagi kita semua .