Kamis, 08 Oktober 2015

Tugas-1 Autobiografi Anugerah Dwi Fitriani

18 Tahun hidup penuh warna


Periode Balita
            Nama saya Anugerah Dwi Fitriani orang biasa memanggil saya Nanda karena itu nama panggilan dari orangtua saya, saya dilahirkan di Dusun Payung, Desa Geneng, Kec. Margomulyo, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur pada tanggal 06 April 1997 hari kamis pukul 07.30 WIB. Ayah saya bernama Edy Pramono dan Ibu saya bernama Yasri, saya dua bersaudara mempunyai 1 kakak perempuan yang bernama Ika Prastika Dewi. Ketika saya berumur 1 tahun saya diajak untuk ikut orangtua saya tinggal di Jakarta dan setelah berumur 4 tahun saya di pulangkan lagi ke Jawa untuk ikut nenek saya. Nenek saya bernama Sarni dan beliau adalah sosok yang penyayang, baik, tetapi sedikit galak tapi itu adalah cara nenek untuk mendidikku agar menjadi anak yang mengerti sopan santun, mengerti tata aturan dan tidak nakal juga berbahasa jawa dengan baik. Setiap hari saya selalu bermain dengan teman-teman yaitu bermain lari-larian, sepak bola, bola kasti, petak umpet, layang-layang dan saya juga sering bermain di sawah menikmati angin dan udara yang sangat sejuk, serta suasana kampung halaman yang begitu indah.

           
foto bersama kakak
foto bersama keluarga saat berusia 4 tahun
                                            
                   













Periode SD
            Saya mulai masuk sekolah dasar pada umur 6 tahun pada tahun 2003, pada saat pendaftaran masuk saya didaftarkan oleh orang tua saya tepatnya di SDN Geneng 01 di daerah kampung halaman saya. Saat hari pertama sekolah saya ditemani oleh nenek saya karena orang tua saya sudah kembali ke Jakarta untuk tinggal dan bekerja disana, saya sebenarnya dahulu sangat malas bersekolah tapi karena orang tua dan nenek saya memaksa akhirnya saya mau sekolah. Pertama masuk sekolah saya mengambil duduk paling depan. Kring....kring bunyi bel masuk dan semua anak duduk dengan tertib, wali kelas pun masuk dan memperkenalkan diri. Guru saya itu bernama Bu Sumiati dan biasa dipanggil Bu Sum, beliau adalah sosok yang sangat baik, sabar, dan penyayang terhadap anak muridnya. Saya mempunyai teman pertama yang bernama Renita dan Supini karena mereka adalah teman saya dari kecil, tapi aku duduk sebangku dengan khoirul anam, di kelas 1 SD saya belajar membaca, menghitung, menghafal, dan lain- lain. Saya selalu di beri PR dan dibiasakan untuk mengumpulkan tepat waktu. Setiap hari saya berangkat sekolah bareng dengan Sepupu saya yang bernama Bunto kebetulan dia juga bersekolah di SD saya tapi sudah menginjak kelas 6 SD, kegiatan saya sehari – hari berangkat pkl 06.30 karena masuk jam 7, di sekolah saya belajar, bermain dengan teman – teman saya, dari main kelereng, bola kasti, lari-larian, petak umpet, dan lain – lain. Di kelas 1 saya memperoleh peringkat 2 dan peringkat 1 di raih oleh teman saya Renita. Di kelas 2 saya yang biasanya berangkat pagi tapi sekarang jadi berangkat siang, hari demi hari berlalu saya ingin sekali meraih peringkat 1, disitu saya mulai belajar dengan tekun, saya mempunyai sahabat yang bernama Tika dan renita kemanapun kita selalu bersama disaat jam istirahat kami bermain bersama bahkan kadang pulang ke rumah Tika karena rumah dia dekat sekali dengan sekolah. Kami belajar dan bermain bersama. Oh iya, karena sepupu saya sudah tamat dari SD jadi saya berangkat sekolahnya bareng dengan sepupu saya yang perempuan namanya Yanti dengan menggunakan sepeda, hal yang tidak pernah saya lupa adalah setiap saya berangkat sekolah saya harus bertemu dengan monyet peliharaan pak Tasiyo yang sangat galak, untung saja monyetnya di ikat jadi saya tidak pernah kena cakarannya. Setiap tahun pasti ada perayaan hari kemerdekaan RI tepatnya pada tanggal 17 agustus di SD selalu ada lomba dari makan kerupuk, pecah air, memasukkan pensil ke dalam botol, balap karung, joget balon, dan sangat banyak sekali. Kami sangat senang masa SD adalah masa yang sangat menyenangkan. Di kelas 2 saya mendapat peringkat 1,,,alhamdulillah. Dan saya pun menginjak kelas 3 SD, di kelas 3 saya berganti wali kelas yaitu Bapak Sayid, beliau masih muda yang mempunyai sosok bijaksana dan penyabar di kelas 3 saya belajar seperti biasa, saya mempunyai kakek dari ayah yang bernama Adi Sumarto di kelas 3 juga saya kehilangan beliau, dan saya memanggil dengan Mbah kung, saya sangat sedih karena beliau adalah sosok yang sangat baik, sabar, penyayang, tidak pernah marah. Hari demi hari berlalu saya selalu berdoa agar Mbah Kung bisa bahagia di trima sang Maha Kuasa, di kelas 3 saya sepulang sekolah juga mengikuti TPQ (Taman Belajar Al-qur’an), pulang sekolah pukul 12.00 WIB dan mengikuti TPQ pukul 15.00 WIB sampai Pukul 17.00 WIB, di TPQ saya belajar menyanyi, mengaji IQRA dan Turutan juga Al-qur’an. Di kelas 3 saya meraih peringkat 1 lagi tapi saya juga pernah dihukum karena tidak mengerjakan PR dan 3 besar bertahan sampai kelas 6 semester 1, wali kelas saya di kelas 5 dan 6 sedikit galak jadi harus mengerjakan segala tugas dengan benar dan tepat waktu, di kelas 5 saya mengikuti lomba keagamaan tingkat kecamatan tapi kalah, di kelas 6 saya mengikuti lomba cerdas cermat dan senam tapi tidak masuk final, dan mengikuti kembali lomba keagamaan mewakili sekolah alhamdulillah mendapat peringkat 3. Tetapi, di kelas 6 semester 2 nilai saya turun 3 besar pun saya tidak masuk, saya dimarahi oleh wali kelas saya karena nilai turun juga dimarahi oleh ibu saya, tapi ini bukan akhir dari segalanya mungkin karena saya kurang giat belajar dan masih suka malas, pada acara pelepasan kelas 6 di SDN Geneng 01 saya sangat sedih karena pasti tidak akan ada lagi masa-masa indah seperti yang saya dapatkan, saya juga belajar solidaritas di SD apalagi saat berkemah acara pramuka jambore di Hutan Jati Roto tempat yang sedikit angker karena ada yang kesurupan pesertanya, juga mandinya pun di Sendang karena tidak ada toilet jauh dari pemukiman warga. Dan setelah saya lulus SD pasti saya akan jarang bertemu dengan sahabat dan teman-teman saya.

Foto SD bersama keponakan





















Periode SMP
            Masa sekolah dasar pun telah usai, saya mulai memasuki masa sekolah menengah pertama atau SMP, saya mencoba mendaftar di salah satu SMP negri di daerah saya yaitu SMP N 1 NGRAHO bersama dengan sahabat saya Renita, Supini, dan Nova, saya agak kurang percaya diri karena nilai UN saya rata-rata hanya 7.83, tahap pertama berdasarkan nilai UN sayapun dapat urutan ratusan, tapi ternyata saya dan sahabat saya diterima semua alhamdulillah, di SMP ini untuk memasuki kelas unggulan atau biasa harus ditest ulang bukan dari nilai UN lagi, setelah test dan hari terakhir MOS (Masa Orientasi Sekolah) di umumkan kelas yang akan di tempati dan alhamdulillah saya masuk kelas unggulan walaupun mungkin mendapat urutan pertengahan yaitu dikelas 7A. Saya mulai beradaptasi dengan teman – teman baru dan perkenalan dengan guru-guru, di kelas ini saya sedikit kurang suka karena kurang kompak juga mainnya seperti kelompok, saya di SMP mengikuti kegiatan pramuka karena bagi murid baru wajib hukumnya di kegiatan pramuka sangatlah menyenangkan diajari arti kebersamaan, pbb, trisatya, dasadharma, dan berbagai kegiatan lain. Oh ya, di SMP setiap hari saya berangkat naik kendaraan umum yaitu bus umum yang biayanya kalau anak sekolah hanya Rp. 1000 saja tapi kekurangnnya adalah karena banyak yang menggunakan kendaraan bus saya harus berangkat lebih pagi agar bisa naik tepat waktu dan saya harus rela berdesak-desakan tidak mendapat tempat duduk dan sampai sering di pintu bus karena saking penuhnya bus yang saya tumpangi tapi bagi saya itu hal biasa karena itu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Di kelas sering diadakan kuis untuk penambahan nilai tapi di bidang pelajaran matematika saya sangatlah lemah karena saya tidak terlalu menyukai pelajaran ini setiap kuis saya jarang mendapat nilai diatas 7, tapi di pelajaran lain aku belajar giat agar tetap bertahan di kelas A karena setiap semester ada pergantian kelas menurut nilai dan juga diambil peringakat 10 besar paralel dan diberi piagam. Alhamdulillah di kelas 7 saya masuk paralel 2 semester dan naik ke kelas 8A lagi disini saya beradaptasi lagi karena teman-temannya juga beda di kelas 8A semester 1 nilai saya turun tidak masuk paralel tapi alhamdulillah tetap bertahan di kelas 8A, di SMP saya dilarang membawa hand phone dan adanya sistem poin seperti halnya datang terlambat, dan banyak sekali peraturan yang harus dipatuhi dan apabila melanggar mendapat poin pelanggaran dan apabila poin sudah mencapai 100 akan dikeluarkan dari SMP. Saya pernah terlambat karena kesiangan, bus yang akan saya tumpangi selalu penuh, pintu gerbang pun tertutup dan dihari itu saya sedang ada pengambilan nilai olahraga bola voli tetapi malah saya terlambat saya tetap dibolehkan masuk tapi tidak boleh megikuti selama 1 jam pelajaran serta disuruh membersihkan taman sekolah juga mendapat poin pelanggaran ya itulah saya terkadang rajin datang pagi terkadang saya juga telat. Dikelas 8 akhirnya saya belajar sepeda motor agar tidak telat lagi karena di kelas 8 sudah di perbolehkan membawa sepeda motor ke sekolah, setiap sore saya belajar di halaman rumah dengan diajari sepupu saya, sewaktu saya dilepas ke jalan raya saya senang bisa mengendarai sepeda motor tetapi saya belum terlalu lancar dan akhirnya saya disenggol oleh truk, alhamdulillah sayapun selamat hanya luka-luka dibagian kaki dan tangan, saya juga pernah tabrakan dengan sesama sepeda motor sampai luka parah tapi syukur alhamdulillah saya masih selamat tapi itu tidak membuat saya trauma. Oh iya pada saat saya kecelakaan nenek saya juga sedang mengalami sakit strouke, saya sangat sedih karena nenek yang selalu menemaniku kemanapun saya pergi, yang selalu membuat masakan favoritku, nenek adalah segalanya bagiku. Di kelas 8A semester 2 alhamdulillah nilai saya naik lagi sampai masuk paralel dan naik kelas 9, tapi dikelas 9 ada perubahan kelas yaitu berdasarkan urutan no. Induk dan saya mendapat di kelas 9B disini saya ada beberapa yang kenal karena kenal lewat organisasi juga ada sahabat dari kelas 7 yang selalu sekelas sampai kelas 9, disini juga nenek kondisinya semakin parah dan suatu hari nenek tidak mau ditinggal olehku dan meminta untuk anak-anaknya berkumpul semua, pada jam 11 malam nenek menghembuskan nafas terakhirnya dan saya kehilangan beliau, ya Allah aku sangat sedih sekali serasa hati hancur dunia runtuh karena nenek adalah segalanya bagiku, orangtua saya pun kaget setelah mendengar berita duka ini dan langsung pulang ke Jawa. Saat nenek dimandikan dan sudah dikafani dan di tidurkan di keranda, anak dan cucu cicit pun sudah berkumpul semua, aku tidak bisa menahan rasa tangisku dan disuruh melewati bawah keranda selama 3 kali bersama dengan ibu dan kakak saya sambil menahan nafas konon itu tradisi agar bisa ikhlas. Hari demi hari pun berlalu saya mulai ikhlas ditinggalkan nenek hanya bisa mengenang dan mendoakan yang terbaik untuk kehidupan nenek di alam sana, saya tinggal sendiri dirumah Jawa tapi kalau tidur malam selalu ditemani bude dan keponakan saya. Memasak, mencuci baju, semua pekerjaan rumah saya sendiri yang kerjakan, saya sangat kangen dengan nenek banyak kenangan yang di tinggalkan dirumah ini. Di semester 1 kelas 9 saya masuk paralel tetapi di semester 2 nilai saya turun lagi nilai UN saya rata-rata hanya 7.25, perpisahan kelas 12 dilakukan di sekolah juga di Yogyakarta dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Masa SMP adalah masa yang ada sedih pahit manis asem, ya itulah hidup belom ada apa-apanya perjalanan hidupku masih panjang. Saya ingat juga pernah bertengkar dengan sahabat saya karena kesalahpahaman tentang hal lain maupun cinta sampai berapa minggu saya di diamkan tapi akhirnya kita baikan lagi. Dan setelah lulus saya akan berpisah dengan teman-teman dan sahabat saya.


foto bersama sahabat SMP  setelah acara halal bihalal 
foto SMP saat liburan semester di TMII












Periode SMK
            Setelah saya lulus dari SMP N 1 NGRAHO saya sebenarnya ingin melanjutkan ke SMA favorit di daerah saya tapi hal itu saya urungkan karena saya harus pindah ke Jakarta untuk ikut orang tua dan kakak saya, karena kakak saya juga sedang menyusun sidang skripsinya di salah satu perguruan tinggi swasta yaitu di IBM ASMI, kakak saya yang mengambil formulir pendaftaran dan syarat-syarat di SMKN 33 JKT, SMKN 12 JKT, dan SMAN 45 JKT, karena SMKN 33 dulunya adalah RSBI jadi dia lebih awal membuka pendaftaran gelombang 1 dan saya mengurusi surat-surat yang diperlukan untuk pendaftaran SMK, saya pun pulang pergi Jawa-Jakarta sendiri dengan naik kendaraan bus pariwisata dan dijemput di pemberhentian terakhir bus di Pulo gadung, banyak kendala yang saya alami saat mendaftar SMK karena saat pendaftaran saya surat-surat belum lengkap dan pihak SMP belum bisa mengeluarkan SKHUN juga ijazah. Pada saat pendaftaran menggunakan rata-rata nilai raport juga nilai hasil ujian nasional dan test soal-soal, alhamdulillah semuanya lolos seleksi dan terakhir adalah wawancara, pilihan pertama saya adalah UPW (usaha perjalanan wisata) dan pilihan kedua adalah akomodasi perhotelan, saat wawancara sebenarnya saya hampir tidak lolos karena tinggi badan saya kurang 4 cm, setelah saya berenang terus tinggi badan saya menambah 2 cm dan tetap kurang 2 cm tapi disitu ketua program UPW memberi dispensasi saya masuk jurusan UPW pada pilihan pertama karena berdasarkan nilai-nilai saya. Sebenarnya saya masih belum mengerti tentang jurusan yang saya ambil karena sebenarnya saya tidak mau melanjutkan ke kejuruan san saya maunya melanjutkan di SMA tapi ternyata orangtua saya maunya saya masuk SMK agar bisa siap kerja dan Allah pun memberi jalan agar saya melanjutkan ke SMK. Saya mengikuti MOS (masa orientasi siswa) dengan lancar walaupun terkena hukuman dari kaka senior setiap hari karena salah bawa persyaratan MOS, saat hari pertama masuk sekolah saya mulai beradaptasi dengan lingkungan baru dengan teman-teman baru yang tidak kenal dan benar-benar baru dalam hidup saya juga tentang jurusan yang saya ambil, banyak kendala yang saya alami di SMK tapi berkat dukungan dan motivasi keluarga saya berusaha untuk selangkah lebih maju, saya masuk 3 besar berturut-turut sampai kelas 3 walaupun naik turun nilainya. Di SMK saat kelas 2 pasti ada PKL (praktik kerja lapangan) dan saya ditempatkan di Aerotravel selama 4 bulan, saat banjir, hujan saya tetap berangkat karena memang itu sudah kewajiban saya sebagai orang bekerja yang mempunyai tanggung jawab, dan saya mempunyai kendala saat di departemen ticketing saya melayani konsumen dengan tipe yang suka marah dan disitu salah issued tiket di tanggal keberangkatan saya awalnya panik karena baru pertama kali kerja dan belum menguasai penuh akhirnya saya dengarkan baik-baik pelanggan dan saya carikan solusi dibantu dengan staff disitu, alhamdulillah lancar disitu saya ingin menangis karena takut, tapi berkat pengalaman itu saya jadi belajar pentingnya ketelitian dalam bekerja dan alhamdulillah saya memperoleh predikat A dari Aerotravel walau banyak sekali lika-liku yang saya jalani selama prakrin. Di SMK saya banyak belajar hal-hal yang baru dan beradaptasi dengan lingkungan baru tidaklah mudah karena memang berbeda dengan di Jawa dalam pergaulan, perilaku, juga pembelajaran. Tetapi alhamdulillah saya bisa melewati semuanya atas izin Allah.

foto saat kunjungan kampung sampireun
Foto Wisuda SMK




foto bersama teman  saat tour ke Bali











Periode Kuliah
            Saya sekarang sedang kuliah di UNJ menjalani semester 1, awalnya saya mendaftar SNMPTN, SBMPTN UI, SIMAK UI dengan jurusan yang sama ekonomi semua tapi saya gagal dan saya ditawari untuk kuliah oleh guru saya di Malaysia dengan jurusan pariwisata dan sambil bekerja disana tetapi orangtua tidak mengizinkan dan saya ingin mendaftar di STP Bandung juga tidak dizinkan karena kakak saya sudah menikah dan karena saya perempuan mungkin akan boleh keluar setelah lulus kuliah nanti, karena saya SMK jurusan UPW (usaha perjalanan wisata) akhirnya saya daftar lagi pariwisata di jalur PENMABA UNJ tetapi saya daftar juga di perguruan swasta yaitu KALBIS INSTITUT karena buat cadangan dengan jurusan S1 komunikasi, dan alhamdulillah saya ke trima di pilihan pertama yaitu D3 Pariwisata di UNJ, selama itu banyak sekali yang memotivasi untuk tetap maju tapi juga ada yang meremehkan cemohan akan kemampuan saya, tapi disini saya akan selalu berusaha untuk merubah cemohan itu menjadi tepuk tangan dan saya mempunyai visi misi hidup dan salah satunya adalah kebahagiaan orang tua.




foto saat observasi museum wayang, Kota tua 


Nama            : Anugerah Dwi Fitriani (4423154842)
Kelas            : A Usaha Jasa Pariwisata





20 komentar:

  1. Hahaha jawa, semoga sukses nanda ke depannya yo

    BalasHapus
  2. ada foto anak d'vistredecim aye<3 sukses!

    BalasHapus
  3. Nandos banditos seru ceritanya.. Sukses trus yeee jgn lupain d'vistredecim yaa.. Semoga nanda jadi org yg berguna bagi nusa n bangsa

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Cerita nya kurang panjang nan :v ,, Harus nya sampai berlapis lapis kaya tango ,, hahaha .. Sukses yaaa nandaa ~

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. ohh jadi itu ada cerita pas di Jawa, sukses yaa nanda, good luck kuliahnya semoga tercapai semua cita-cita dan harapannya. eh inget ya tetep jadi sahabat terbaik buat nero n temen" dvc :)

    BalasHapus
  10. Sukses buat kuliahnya ka 😇😊😀😁

    BalasHapus
  11. hahaha jadi inget masa SMP dihukum bareng yo nan, sebangku, sekelompok,tapi SMA beda kota, ada foto kita juga nan pas SMP, heheh, nanda semangat yo, sukses terus :), sering-sering reuni klu pulkam ke jawa

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Sukses terus yaah ka buat kuliahnya👏😁😊😇semangat dan lancar kuliahnya,hehehe jadi termotivasi gini😻😻

    BalasHapus
  14. Good luck yaa my nanda!! Sukses kuliahnya aamiin💜💜

    BalasHapus
  15. Sukses nan buat kuliahnya,semangat terus bagus ceritnya.tetep baik selalu nan jgn berubah hehe amin

    BalasHapus
  16. Nanda mandiri dehh..semangat ya nan!!! Sukses kuliahnya.... I ALWAYS SUPPORT YOU

    BalasHapus
  17. Good luck ya nand hehe sukses kuliah nya intinya jangan lupa sama shbt lama hihihi :3

    BalasHapus
  18. Good luck ya nand hehe sukses kuliah nya intinya jangan lupa sama shbt lama hihihi :3

    BalasHapus
  19. sukses ya nanda buat kedepannya. jangan lupain della yang imut ini :)

    BalasHapus