Jumat, 09 Oktober 2015

Tugas - 1 Autobiografi Andya Nafisa Yasmine

Sejarah selama 18 tahun ini.

.
mamah dan babah

keluargaku

keluarga besar dari mamah

keluarga besar dari babah


Bayi

Dini hari di kota Tasikmalaya pada tanggal 5 Desember 1997 aku lahir. Mamah pecah ketuban dari hari Kamis pada waktu magrib tapi aku baru lahir hari Jumat tepatnya jam 3 pagi. Lahir disebuah rumah sakit ibu dan anak Hj. Rukmini. Anak pertama yang lahir dari pasangan Daniel dan Etih Siti Farida Ini dinamakan Andya Nafisa Yasmine. Lahir dengan sehat dengan berat 2.5kg dan tinggi 50cm. Karena lahir secara normal, aku berada dirumah sakit hanya sehari. Keeseokan harinya sudah bisa pulang. Selama di Tasikmalaya Andya kecil tinggal di rumah ua yang berada di daerah Gobras atau kadang menginap di Benda. Karena keluarga kedua orang tua berasal dari Tasikmalaya Andya kecil sering diajak berkeliling Tasik dan menginap di berbagai daerah disana dari di tengah kota seperti di Gobras,Benda,Bebedahan,Pancasila,K.H. Musthofa dan bahkan di daerah kabupaten seperti Rajapolah,Tajamaya,Cibitung dan masih banyak lagi. Selain di daerah Tasikmalaya Andya kecil juga diajak ke daerah Ciamis tepatnya di Desa Sukasari karena, kakek dari mamah berasal dari sana. Andya disana memiliki banyak saudara namun banyak yang lebih tua yang seumuran hanya ada dua, itupun mereka salah satunya anak perempuan yang lahir setahun sebelumku pada bulan Februari dan satunya lagi anak laki laki yang lahir pada tahun yang sama denganku namun lahir dibulan Januari. Tak terasa sudah 3 bulan lamanya tinggal di Tasikmalaya, Andya kecil dibawa ke Ibukota Indonesia yaitu Jakarta bersama babah,mamah,bapak(kakek),mamah bapak(nenek tiri) dan Eman(anak angkat bapak). Sampailah di Jakarta di rumah yang sampai saat ini masih ditinggali.






Balita – 5tahun
Tumbuh menjadi anak yang aktif atau pecicilan kata mamah dan bawel. Ulang tahun pertama bersama mamah,bapak,mamah bapak dan Eman namun tanpa babah. Karena babah sendiri bekerja di luar kota yaitu di Sukabumi. Andya kecil belum bisa memanggil namanya sendiri dan malah sering menggilnya dengan sebutan “amiy” dan itu sebabnya kenapa sampai sekarang dipanggil ami. Ami sering main dengan Eman, dia seorang lelaki yang kira kira waktu itu umurnya sekitar 19 tahun. Dia anak angkat bapak yang disekolahkan dan dibantu ekonomi keluarganya. Kalau lagi bosan kadang ami kecil suka main dirumah depannya. Bermain dengan anak ke 3 keluarga tersebut yang seumuran dengan ayahku. Namun kupanggil teteh karena dia belum memiliki suami waktu itu. Sering diajarkan gambar, membuat balon dari sabun cuci piring, dan kadang diajak jalan jalan. Kalau dengan Eman dulu ami kecil juga sering diajak jalan jalan mengililingi daerah sekitaran rumah, bermain layangan, dan jajan di depan SD di dekat rumah. Ami memiliki saudara seumuran juga di Jakarta. Dia lahir di tahun yang sama namun, dia lahir bulan Agustus. Anak laki laki dari kakak pertama mamah. Sering sekali ami bermain dengan alif(nama panggilannya) entah itu main kejar kejaran,mobil mobilan,robot, atau berpura pura sebagai power rangers. Alif juga punya seorang adik perempuan yang berbeda 5 tahun. Ada pula saudara dari kakak kedua mamah yang lebih muda 3 tahun dariku. Kami bermain bersama, makan bersama, tidur bersama dan bahkan nangis bersama. Ami dulu hampir memiliki seorang adik diumurnya yang hampir 5 tahun. Namun, sayangnya janin yang dikandung mamah tidak tumbuh di rahim yang membuat janin tersebut harus diangkat. Dulu ami yang masih belum mengerti hanya tau mamahnya dioperasi karena sakit perut tidak lebih dari itu. Di umur Ami yang 5 tahun, Ulang tahun ami dirayakan di Tasikmalaya. Di gobras sudah berkumpul saudara dan keluarga berkumpul. Ami dulu belumm begitu paham soal ulang tahun, yang ami tau waktu itu hanya kue, tiup lilin, dan kado. Tiup lilin bersama sama dengan yang lain, makan kue sampai belepotan dan bermain lari larian sampai ngambek karena kelelahan. Ulang tahun paling spesial memang saat umur ke 5, karena diadakan dua kali. Yang kedua diadakan di Rajapolah bersama saudara dari Jakarta yang dan keluarga dari mamah lainnya yang tinggal di Rajapolah. Pada saat itu kami sudah memiliki 5 personil. Tiup lilin secara bergantian tanpa tau siapa yang sebenarnya ulang tahun yang penting kami tiup lilin dan makan kue bersama. Di jakarta aku, Alif dan Izza sering bermain bersama di rumah nenek karena mereka tinggal satu rumah, kadang pula kami main ke rumah aki yang ada di Curug, kalimalang. Dulu Aki memiliki sakit diabetes dan sempat dirawat di Rumah Sakit Budi Asih, Cililitan. Pada waktu Aki meninggal Ami dan Alif yang memang masih bocah belum mengerti apa apa dibawa ke pemakaman dan melihat dikuburnya Aki. Pada waktu itu sedang terkenalnya sinetron “Pocong” dan kami ketakutan melihat Aki yang dikafakan dan berfikiran bahwa Aki akan jadi seperti itu juga. Kami memang sering main dan jalan jalan bersama, kadang sewaktu melewati terowongan kami selalu menunduk karena takut kejedot(terbentur di kepala). Ada pula sebutan aneh aneh dari kami yaitu tante kami yang kami penggil dengan jimpa, lalu bulan bakekok(Holand Bakery), dan kelakuan aneh kami lainnya. Dulu waktu itu zaman anime “Minky Momo” yang bercerita seorang gadis yang bisa berubah dewasa. Aku dulu sering memperagakannya di rumah, berlari lari, berputar putar sambil memegang tongkat dan mengucapkan mantra lalu seolah olah seperti berubah wujud. Dulu aku sering sekali diajak ke kantor Mayasari Bhakti yang ada di Jatinegara Kaum, karena bapak bekerja disitu. Aku berlari dikantornya dulu, dan menyebut Bis Mayasari dengan bus jelek karena dulu penampilannya yang jelek. Sesekali aku ikut ke Sukabumi tempat Babah bekerja, ikut naik mobil pick up dan bermain dengan anak salah satu rekan kerja Babah. Pada saat masuk TK aku masuk kelas A, mengenal banyak teman. Ada salah satu teman seorang anak perempuan yang bernama Hilda. Aku dan hilda sering duduk bersebrangan dan kami berpegangan tangan untuk menghalangi jalan orang lain. Sewaktu libur sekolah aku terkadang mengunjungi Babah yang pindah kerja ke Cilacap. Waktu aku berangkat dari Stasiun Jatinegara ada suatu kecelakaan terjadi, seorang pria yang hendak menyebrang berpindah peron tidak melihat kereta yang datang walaupun sudah diteriaki oleh penumpang yang lain dia tetep tidak mendengar dan naas diapun tertabrak kereta tersebut. Pada saat di Cilacap aku sering berkeliling kota dan bermain di Pantai Teluk Penyu.

sekitar umur 4 tahun
tiup lilin bareng bareng

SD
Aku masuk SD pada umur 5 setengah tahun. Banyak teman Tk ku yang bersekolah SD yang sama denganku. Kelas satu yang menenangkan dan cukup bisa aku ikuti cara belajar di SD. Akhir semester 2 aku mendapatkan kabar bahwa Babahku terkena kecelakaan, aku pergi ke Tasikmalaya karena kabarnya Babahku diobati disana yang kuingat aku ada di sebuah desa di daerah Panjalu. Disanalah ayahku diobati. Dia terkana patah tulang di bagian lengan dan disana ada yang membuka pengobatan alternatif. Aku yang masih kecil ikut tinggal disana karena mamah juga menemani Babah disana. Kira kira selama satu bulan aku tinggal disana. Aku bermain dengan anak anak desa sana dan anak pemilik pengobatan disana. Aku memancing di berbagai balong(kolam ikan) yang banyak ada disana, mengaji siang dan malam, menaiki dan berkeliling hutan, memasak dengan kayu bakar, dan banyak pengalaman lainnya. Yang paling kuingat adalah aku mempunya teman yang kebetulan seumurah denganku dan dia sama sepertiku, ayahnya diobati disana pula. Aku bermain dengannya dan teh ede anak dari pemilik panti. Kami bermain dipinggiran balong dan saking terlalu bersemangatnya aku tercebur di kolam itu. Aku berteriak dan akhirnya ditolong oleh seseorang yang aku lupa dia siapa. Sejak saat itu jika diajak memancing aku takut dan menolak untuk ikut. Disana juga aku mencoba kamar mandi yang ada di luar rumah, namun hanya dua kali saja karena aku malu. Tak terasa saat Babah sembuh aku kembali ke Jakarta. Saat kembali ternyata aku sudah tertinggal 2 minggu masuk kelas. Saat masuk kelas ada 2 teman baru ternyata. Saat kelas 3 juga ada anak baru dia bernama Bening. Dia selalu bercerita bahwa tantenya tinggal di Jepang dan suatu saat nanti aku akan diajak kesana, dia juga bercerita kepada yang lain kalau dia akan membagikan sepatu kaca kepada anak anak perempuan dikelas lalu kasur ajaibnya, hebatnya kami percaya akan hal itu. Kelas 4 bening pindah sekolah lagi. Pada saat kelas 4 aku terna penyakit cacar air karena awalnya mamah yang terkena dan menular kepadaku yang saat itu sedang kurang fit. Merasakan gatal seluruh tubuh lalu panas dan tidak nyaman. Diberi obat dan minum air kelapa muda untuk membunuh racun di tubuh. Setelah sembuh aku kelewatan ujian akhir semester dan akhirnya menyusul. Pada saat kelas 5 aku diajak ikut lomba pramuka. Aku dapat sebagai wakil anggota kami lomba di tinggkat kecamatan dan mendapatkan juara 1. Disekolahpun mengadakan persami. Aku dulu belajar mengajji di TPA dekat rumah. Dari aku TK hingga aku kelas 5 sekarang. Pada saat persami aku juga diberi kepercayaan untuk tampil bersama marawis di TPAku. Dulu aku adalah anak marawis yang memegang tugas sebagai vokal. Karena acaranya bertabrakan akhirnya aku dan kawan kawanku yang mendapat tugas yang sama mendapat keringanan dari sekolah untuk datang sehabis tampil marawis. Setelah tampil kira kira isya kami menyusul berangkat ke SD untuk ikut persami. Di persami yang pertama kali untukku, itu sangat seru ada acara api unggun dan jerit malam. Sewaktu liburan aku,alif, dan sodaraku yang lainnya yang ada di jakarta selalu menginap di rumah nenek. Kami bermain apapun yang bisa kami mainkan dan jalan jalan bersama. Pertama kali aku merasakan nonton bioskop yaitu kelas 5 SD dan yang aku tonton ada Harry Pother yang ke 5. Lalu kami juga berenang ke The Jungle dan aku diajak berenang lagi di sebuah apartemen di Sudirman. Kelas 6 aku diajak untuk ikut dalam lomba paskibra. Aku ditunjuk sebagai dirijen. Kami latihan dari pagi hingga sore hari. Pada saat tiba waktunya lomba yang pertama ditingkat kecamatan. Kami mendapatkan juara 1 disana. Kamipun lanjut ketingkat kota, namun sayang karena tempat yang terlalu terik kami banyak yang pingsan dan mendapatkan juaran harapan 2. Un pertamaku kujalani dengan serius dan sungguh sungguh alhasil aku mendapat peringkat 10 besar dulu.


Lomba Paskibra


SMP
Setelah SD aku melanjutkan SMP di SMPN 27 Jakarta. Karena dulu banyak dibilang itu sekolah favorit. Waktu aku masuk aku bergabung dengan klub basket, pramuka dan rohis. Sewaktu awal masuk SMPku mendapat kepercayaan ikut dalam acara HUT Pramuka sebagai pengisi acara pembukaan senam pramuka bersama SMPN 199 dan SMPN 139. Aku terpilih dan latihan selama 2 minggu agar hasilnya memuaskan. Selain ikut Hut Pramuka. Aku juga diajak dalam lomba paskibra se Jakarta. Namun hanya meraih juara harapan 2, karena banyak yang pingsan. Naik kelas 2 aku ikut organisasi OSIS dan pertama kalinya menjadi panitia dalam Classmeeting dan Cup di SMP ku. Di kelas 9 aku memiliki sabahat salah satunya sudah berteman dengan ku sejak SD dan sekelas terus. Kami belajar bersama dan ikut ekskul yang sama yaitu Pramuka. Akhir setelah UN aku diajak pembina pramukaku untuk menjadi panitia Persami di SD yang dia ajar. Menjadi acara persami aku mendapat bagian konsumsi . dibantu anak perempuan yang lain kami memasak dan menyediakan masakan untuk mereka. Saat sedang lelahnya tiba tiba salah satu sahabatku asmanya kambuh. Itu pertama kalinya aku melihat seorang yang memiliki penyakit asma. Aku membantu dia menemani dia sampai dia merasa baikan. Libur UN aku habiskan dengan berjalan jalan dengan saudara dan sahabatku. Pertama kalinya naik Trans Jakarta dan pergi ke kota tua. Aku menaiki sepeda dan berkeliling kota tua bersama sama. Berfoto di toko merah, jembatan, dan di monumen Fatahillah. Lalu ke museum bank Mandiri dan Museum nasional. Beristirahat di Monas sejenak dan kembali pulang. Kalau bersama saudara aku diajak untuk rafting atau arum jerang di sungai Citarik, Sukabumi. Kami menginap di pondok yang terbuat dari rotan dan bersebelahan dengan sungai. Melewati jembatan gantung dan mencoba Arum Jeram. Karna kami rombongan anak anak jadi kami didaungi dan hanya duduk berpegangan saja.

smp kelas 8

liburan di Citarik, Sukabumi
wisuda smp
sahabatku dari SMP 


SMK
Aku yang sewaktu itu bingung ingin melanjutkan kemana. Akhirnya kuputuskan untuk masuk ke SMK karena pasti langsung belajar praktek kejuruan. Sempat tertarik ke SMK Pariwisata dan jurusan Broadcasting namun karena aku memiliki ketertarikan kepada Anime dan aku sempat memiliki cita cita sebagai animator jadi aku memilih untuk mengambil SMK jurusan Multimedia. Kebetulan di dekat rumahku ada SMK yang berstandrad RSBI akupun mendaftar kesana. Mengurus pendaftarn membuat surat pengantar dari sekolah, cek kesehatan, membuat surat anti narkoba dan belajar untuk tes masuknya. Ini ada tes masuk pertama kaliku, aku gugup dan belajar terus menerus. Kalau bisa dibilang aku lebih serius belajar tes masuk ketimbang UN. Karena tes masuk ini hanya berselang 2 minggu sesudah UN. Dari 400an orang yang mendaftar ke jurusan Multimedia hanya 32 orang saja yang terpilih masuk. Pada saat pengunguman penerimaan adalah melalui Online. Aku bersama sahabatku yang mendaftar kesana pula bersama sama melihat di websitenya, dan kamipun berteriak kegirangan karena kami lulus dalam ujian tes masuk. Sewaktu aku sudah tenang tanpa harus deg degan lagi menunggu kepastian masuk lagi aku sudah bisa liburan tenang sesudahnya. Pada awal masuk kami langsung baris sesuai kelas. Aku yang waktu itu belum menggunakan kerudung. MOS disana tidak seperti MOS di tempat lain yang mengharuskan memekai pita ini itu atau membuat name tag. Malahan, kami yang mendapatkan nametag dari senior OSISnya. Pada hari ke 3 MOS kami sekelas diminta membuat persembahan kelas. Kami sepakat untuk penampilan cosplay kamen rider, dance JKT48 Heavy Rotation dan menyanyikan yel yel kami. Waktu turun baris untuk acara persembahan kami sudah yang paling heboh karena ada cosplay Kamen Rider. Dan saat tampilpun kami dudukung oleh senior sejurusan kami yang ternyata vvota JKT48. Pada saat pengunguman kelas paling Favorit adalah Kelasku juaranya. 
persiapan tampil

Creightionmedia.
Pada saat bulan puasa teman dikelasku ada yang berulang tahun karena dia anak eksis dan ketua kelas juga kami sepakat mengerjain dia. Aku yang mendapat tugas sebagai wakil ketua kelas 2 yang memegang tugas humas yang menegang peran inti untuk memarahinya. Aku memarahi sampai dia ketakutan dan terjebaklah dia dalam skenario kami. Pada saat selesai libur lebaran dan kami masuk sekolah kembali aku mulai memakai kerudung. Dan banyak yang kaget lalu berbicara bahwa SMK ini sudah seperti MAN. Pada saat awal kelas 1 aku sangat aktif kegiatan pramuka. Waktu itu ada majalah HAI dan Honda ke sekolahku. Kami ekskul pamuka diberi kepercayaan untuk menampilkan aksi kami, dan kami menang sebagai ekskul tekeren. Akupun ikut dalam Saka. Saka yang  aku ikuti adalah Saka Bhayangkara. Ikut dalam pelantikan saka dan lulus menjadi anggotanya. Di jurusan Multimedia banyak sekali tugas dan deadline yang sangat mepet dengan waktu. Kami diajari berbagai macam hal seperti cara mengedit foto diluar negeri, membuat Company Profile, desain undangan, dsb. Sewaktu liburan kenaikan kelas aku diajak ikut Perkemahan Pramuka Luar Biasa Nasioanal di Bumi Perkemahan Cibubur sebagai panitia keamanan. Bertemu dengan anak anak luar biasa se Indonesia dan menyatu bersama mereka. Menolong seorang yang buta ketika dia kehilangan rombongannya. Membantu para tuna daksa bermain dalam games yang disediakan. Mendampingi mereka sewaktu mereka jalan jalan di Taman Mini Indonesia Indah. Mencari salah satu peserta yang tertinggal sambil hujan hujanan dan terakhir edih berpisah dengan mereka karena mereka harus kembali ke daerah mereka masing masing. 


panitia PPLB 2014

Kelas 11 beberapa perwakilan dari kelasku termaksud aku diminta menjadi panitia pensi sekolahan. Aku mendapat bagian membuat maskot. Pada saat pensi kami yang job desk desain bebas ria sewaktu itu. Walau pada saat itu hujan rintik namun pensi kami tetap ramai karena Guest Stars yang menarik. Pada saat kelas 2 aku juga pergi study tour ke Yogyakarta. Sialnya angkatanku sudah kami berangkat telat, terkana macet karena ada kecelakaan lalu sampai di Yogya pada saat tengah malam. Pada malam kedua kami pergi ke Prambanan untuk menyaksikan Sendratari Prambanan. Kami baru menonton selama 30 menit lalu hujan turun dan kami berlari ke bis untuk berteduh. Panitia memberitahu untuk kembali jika hujan berhenti kurang dari 30 menit. Tetapi kami langsung pulang sebelum 30 menit. Terjadilah malapetaka untuk kami yaitu kesurupan massal. Temanku yang bisa melihat dan mengerti akan dunia ghaib menjelaskan bahwa penghuni dan penjaga Sendratari disana tidak suka karena kita pulang terlebih dahulu sebelum menunggu. Dan pada saat itu menjadi malam yang mencekam bagi kami. Keesokan paginya kami pergi ke candi Borobudur kami sekelas memutuskan untuk berdoa bersama sebelum masuk ke wilayah candi. Alhamdulillah di candi Borobudur kami aman tanpa ada yang sakit atau kejadian aneh aneh lainnya.
Creightion di Borobudur

sahabat dari SMK

Kelas 3 adalah yang paling berat menghadapi deadline UKK( Ujian Keahlian Kejuruan ), UN, dan masuk ke Perguruan Tinggi.  Aku yang sebenarnya mengincar sekolah kedinasan STTD( Sekolah Tinggi Transportasi Darat ) namun tidak lulus sesi pertama, lalu aku mendapat tawaran magang satu bulan di sebuah EO buku tahunan, dan aku juga ikut SBMPTN. Yang tidak kusangka aku lulus SBMPTN ke Universitas Siliwangi jurusan geografi, padahal aku sama sekali tidak mengikuti les dimanapun. Aku yang sudah terlanjur mendaftar PENMABA akhirnya ikut tesnya karena sayang sudah bayar pendaftaran. Sangat kaget ketika tau aku ternyata lulus lagi. Keluarga ku kaget karena aku lulus di dua PTN. Akhirnya aku pilih ke UNJ karena jurusan di UNSIL aku masih belum yakin bisa mengikutinya. Saya berharap keputusan saya memilih jurusan ini tidak salah. Sekian. Terimakasih

UJP A 2015



Andya Nafisa Yasmine
Usaha Jasa Pariwisata A 2015

1 komentar: