Sabtu, 10 Oktober 2015

Tugas 1 - Autobiografi Anggilytha K. Putrie

KISAH HIDUPKU SELAMA 18 TAHUN 

Nama saya Anggilytha kumala putrie, biasanya teman-teman saya memanggil saya anggi tapi kalau di rumah saya sering di panggil puput sama keluarga,saudara dan tetangga saya hehe, saya lahir di jakarta, tanggal 01 bulan april tahun 1997, saat ini saya berumur 18 tahun, saya anak dari dua bersaudara, kalau untuk hobby saya lebih suka travelling sih sebenarnya,, sehubung travelling itu menggunakan duit untuk jalan-jalan saya jadi jarang jalan-jalan karena belum punya duit sendiri, dan saya juga hobby mendengarkan musik dan saya bercita-cita untuk keliling dunia, mengunjungi negara-negara yang memiliki panorama yang indah, itu cita-cita saya. Saat ini saya tinggal di Jakarta tepatnya di jalan Kayu Tinggi gang cempaka indah RT 13/RW 09 no. 88, Cakung Jakarta Timur. Saya tinggal bersama orang tua. Bapak saya bernama Santoso, asal Purworejo Jawa Tengah, bapak saya lahir di Purworejo, 05 februari 1968, bapak saya adalah seorang karyawan swasta dan Ibu saya bernama Sumirah , asal Klaten Jawa Tengah, lahir di Klaten, 18 november 1967, ibu saya adalah seorang karyawati swasta, dan Kakak saya seorang laki-laki  bernama Octafian Aditya Putra lahir di Jakarta, 23 oktober 1993, alhamdulillah kakak saya sekarang kuliah sambil bekerja dan sedang menjalankan skripsi insha Allah tahun depan dia wisuda.

            Pada tahun 1997 saya lahir di Jakarta tepatnya di Sunter Jaya II Jakarta Utara, saat itu saya tinggal di sunter. Pada usia 2 bulan saya sudah bisa berbaring ‘kata ibu saya’.

 saat usia 3 bulan

saat usia 6 bulan

 Pada usia 3 tahun saya di masukan oleh ibu saya ke sekolah play group atau yang sekarang bisa di sebut PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) waktu saya sekolah di playgruop saya selalu di antar oleh bapak saya, pada saat itu bapak saya terkena PHK dan belum mendapatkan pekerjaan, jadi saat itu bapak saya hanya mengantar dan menunggu saya di playgroup sampai pulang sekolah. Saat itu saya berangkat bersama bapak saya, ketika itu saya memasuki kelas dan 30 menit kemudian saya tertidur dikelas dan guru saya memanggil bapak saya untuk membangunkannya, lalu saya di bawa keluar dan diberi minum sama bapak untuk memulihkan kembali, betapa baiknya bapak saya haha yang sudah nungguin saya sampai pulang sekolah. Saya sekolah di playgroup hanya sekitar empat bulan saja, pada saat usia 4 tahun saya melanjutkan ke sekolah TK (Taman Kanak-Kanak), saya di sekolahkan di TK Nurfitri Sunter, tidak terlalu jauh dari rumah hanya sekitar 100 meter dari rumah saya. Pada waktu itu saya kalau berangkat sekolah selalu di antar bapak saya ke sekolah, sebelum sampai sekolah saya selalu meminta bapak saya untuk memebelikan coklat beng-beng yang pada saat harganya masih seribu rupiah, dan ini hal yang selalu terbiasakan kalau lagi berangkat ke sekolah, dan saa itu bapak saya hanya mengantar sampai gerbang sekolah dan tidak menunggu seperti pada saat saya masih playgroup, karena bapak saya sudah mendapatkan pekerjaan jadi tidak bisa menunggu saya lagi.
waktu masih TK sedang latihan manasik haji

waktu masih TK, abis muntah di bis 

saya sama kakak saya waktu masih kecil

            Waktu itu saya diasuh oleh pembantu saya nama mbak Asih kalau tidak salah hehe soalnya dulu saya sering gonta-ganti pengasuh, karena saat itu bapak dan ibu saya berkerja jadi tidak bisa mengasuh saya. Mbak asih sangat perhatian kepada saya, dia baik, waktu itu dia masih berusia 16 tahun tetapi sudah menjadi pengasuh saya, kalau makan saya selalu disuapin sama dia, kalau mandi di mandiin tapi dia agak galak ,enggak galak sih lebih tepatnya ya tegas, jadi sehari-hari saya diurus olehnya. Setiap pagi kalau berangkat sekolah saya selalu di antar sampai depan kelas lalu mbak asih balik lagi kerumah, kalau waktu jam pulang sekolah dia pasti sudah ada di depan gerbang untuk menjemput saya, tapi kadang setelah menjemput saya disekolah, dia mengajak saya ke pasar buat beli kaset CD inida, dia suka sekali menyetel lagu india kalau dirumah haha, kalau siang hari sehabis makan selang 30 menit saya pasti disuruh tidur siang. Biasa nya saya suka tidak mau kalau disuruh tidur siang, tapi mbak asih suka maksa saya buat tidur siang “puputttt.. ayok tidur sejam aja sampe jam 2, nanti bangun boleh main” terus aku jawab “bener ya mbak jam 2 bangun nanti main” haha tapi setelah tidur enggak kerasa sudah jam 4 aja, disitu saya sempat merasa di bohongin sama mbak asih, yang katanya bangun jam 2 jadi jam 4 terus saya ngambek , haha -namanya dulu masih kecil ya masih suka ngambekan- . setiap sore pasti saya selalu main sama temen kecil saya namanya Mika Yusi Yani biasa di panggil Mika dia orangnya lucu banget dengan poster tubuhnya yang gendut chubby kalau sekarang sih mungkin kurusan kali ya haha, saya sama mika tuh sama-sama lahir tahun 97 hanya saja tuaan dia 3 bulan, sayangnya kita beda TK, tapi kalau main kita selalu barengan.

foto waktu SD sama kakak saya

            Pada saat usia 6 tahun saya dimasukan ke sekolah dasar oleh ibu saya, saya bersekolah di SD Negeri Serdang 011 Pagi di Kemayoran Jakarta Pusat, saya satu SD dengan kakak saya, hanya saja kakak saya sudah kelas 4 dan saya masih kelas 1 SD. Waktu itu mbak asih sudah pulang kampung dan tidak mengasuh saya lagi katanya sih mau nikah, jadi saya di titipkan ke tetangga, biasanya saya manggil tetangga saya ini dengan sebutan bukde Agus soalnya udah kaya bukde sendiri.

            Pada usia 7 tahun saya naik ke kelas 2, dan tidak terasa waktu berjalan dengan cepat saya sudah mau naik ke kelas 3. Saat itu saya pindah rumah dari sunter ke cakung , dan mau gak mau saya juga harus pindah sekolah, disitu saya merasa sedih meninggal kan teman-teman, apalagi saya sangat sedih meninggalkan teman kecilku mika. Tahun 2006 saya pindah ke Cakung, saat itu saya pindah ke SD Negeri 06 pagi Cakung Timur pas kelas 3, awalnya saya masih canggung dengan teman baru, tapi lama kelamaan kita akrab, saya selalu main bersama putri dan elina. Dari kelas 3, 4 , 5 sampai 6 dari susah sampe senang kita selalu bersama, saat perpisahan SD kita tidur sekamar dan curhat-curhatan, ya pokoknya udah soib banget lah, tapi sayangnya kita tidak satu SMP. Saya bersekolah di SMP Negeri 193 Jakarta Timur, kalau Elina dan Putri mereka satu sekolah di SMP Negeri 234 Jakarta Timur. Awalnya di sekolah SMP susah beradaptasi dengan lingkungkan dan teman-teman baru, mungkin karna masih baru kali ya haha J. Saya merasa bangga bisa masuk SMP 193 karna SMP saya peringkat 2 se Cakung Timur. Nah, pas kelas 7 saya punya geng namanya freesour kalau gak salah hehe, tapi saya punya temen klop namanya Dhia Laila, dia orangnya baik banget, pinter. Saat naik kelas 8 saya dan dhia pisah kelas, seiring berjalannya waktu saya punya temen namanya Denadia yang biasa di panggil Dena, Rahmania yang sering dipanggil Nia dan Nurmalita Dewi dia biasa di panggil Dewi, kita sering main bareng hampir tiap hari bareng dari ke kantin, pulang sekolah kita selalu bareng. Nah, sangking klopnya kita bikin geng namanya DRAN, itu yang buat namanya si Nia, filosofi dari nama DRAN itu di ambil dari nama kita yaitu D ð Denadia, R ð Rahmania, A ð Anggilytha dan N ð Nurmalita.

foto bersama DRAN 

 Pas kelas 8 saya sekelas dengan rahmania, tapi kita tidak duduk sebangku. Kebiasaan kita kalau pulang sekolah itu pasti nongkrong dulu kalau gak kita main kerumah Dewi, soalnya rumah dewi tidak terlalu jauh dari sekolah kita, biasanya kalau main dirumah dewi ya kita cerita-cerita, makan, tidur udah berasa kaya rumah sendiri sih haha. Waktu itu saya mengikuti eskul PMR(Palang Merah Remaja) saya mendapatkan pelatihan dari PMI, kita mengikuti lomba, tiap pulang sekolah saya meluangkan waktu untuk latihan yang akan dilombakan dan sayangnya tim kami kalah dalam lomba itu, saya merasa sedih, tim kami belum bisa membawa piala untuk sekolah tapi saya tetep bangga sama tim saya. Pengalaman saya di kelas 8, buat saya cukup menyenangkan,hehe ohiya Pas kelas 8 saya kenalan sama cowok namanya Gunawan Sugiyanto dia asalnya dari Klaten tapi dia tinggal di Jogjakarta karna saat itu dia sekolah di SMK N 2 Yogyakarta, dia itu temen SD nya pacar saudara saya di klaten, awalnya kita teman lama –lama akrab, hmm sekitar 5 bulan berteman, kita jadian. Saya rasa dia cinta pertama saya J usia kita beda 4 tahun, kita LDR an, kita ketemu setahun sekali pas lagi lebaran aja, awal ketemu kita hanya sekedar makan malam saja, dan tahun berikutnya kita ketemu lagi dia mengajakku pergi jalan-jalan sekitar daerah klaten pertama dia mengajakku makan siang di kawasan Rowo Jombor setelah makan dia mengajakku ke Bulus Jimbung katanya sih itu dulu ada seorang prajurit dari kerajaan yang dikutuk jadi kura-kura ceritanya sih gitu, setelah ke bulus jimbung saya di ajak ke makam Sunan Panandaran, letak makamnya yang di atas bukit jadi kalau ke atas bukit sana kita bisa liat pemandangan dan baru pertama kali saya ngenalin dia ke orang tua, dan keluarga saya. Gunawan ini orangnya baik dan gak neko-neko jadi saya berani ngenalin dia ke orang tua saya haha.

Pada usia 14 tahun saya naik ke kelas 9, beruntungnya waktu itu saya sekelas sama dena,kita duduk sebangku saya baru tahu ternyata dena tuh pinter matematika, kalau saya mah biasa aja nggak pinter-pinter banget hehe, di kelas biasanya kalau lagi bosan kita ngobrol, sampe nggak tau guru ngejelasin apa didepan hahaha. apa aja jadi topik obrolan dari masalah pelajaran, keluarga, sampe ngomongin cowok, biasanya sih kita cerita tentang cowok kita –maklum lah masih ABG- haha yaaa nggak kerasa udah mau lulus aja, nggak kerasa udah mau masuk SMA aja .

Tahun 2012 saya lulus SMP rasanya sedih banget pisah sama teman-teman, apalagi sama DRAN, kita pisah sekolah, saya berminat ke sekolah pariwisata karena saya suka dan hobby jalan-jalan, dan sama bapak saya dimasukkan kesekolah SMIP Dharma Paramitha, sekarang sih sudah jadi SMK bukan SMIP lagi, soalnya kalau dulu Dharma Paramitha khusus sekolah pariwisata, sekarang karena sudah banayak jurusan yang lain jadi di ganti SMK, waktu awal mendaftar saya kira cuman saya aja yang dari SMP 193 masuk ke pariwisata, ternyata disitu ada siswi dari SMP 193 namanya Adlia S. Utina, akhirnya kita sekelas, lama kelamaan kita akrab. Saya pikir sekolah pariwisata tidak ada pelajaran matematikanya, ternyata ada. saya kira sekolah pariwisata itu enak jalan-jalan terus tapi enggak seperti yang saya bayangkan, tapi saya suka dengan jurusan ini. Awalnya saya masih bingung dengan pelajaran yang berhubungan pariwisata seperti tour planning, guiding, mice, ticketing dsb. Tetapi pelajaran produktif ini lebih mudah di bandingkan pelajaran matematika, b.indonesia, ipa dsb.

Pada semester pertama, waktu praktek pertama kali saya berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, disana saya melakukan observasi ke anjungan-anjungan yang ada disana, saya melakukan observasi selama 3 hari. Dan saya naik ke kelas 2, awal semester ganjil waktu itu saya melakukan observasi dan peraktek pemanduan wisata di Museum Satria mandala selama 4 hari, praktek passing side dan observasi ke museum nasional. Passing side itu menjelaskan kanan kiri yang kita lewatin ,awalnya saya paling tidak suka kalau disuruh praktek pasing side, soalnya itu di lakukan secara spontanitas, saya kadang bingung harus menjelaskan apa ketika saya harus maju passing side apalagi saat keadaan di jalan tol dan saat macet sangat muter otak buat saya haha. Pada bulan maret  tahun 2014 semester genap saya melakukan overland widya wisata Jawa-Bali selama 10 hari, di Bali saya mengunjungi tempat objek wisata seperti Tanah Lot, GWK, Alas Kedaton, Kintamani, Sanur, Kuta, Tirta Empul, bedugul dan masih banyak yang sempat saya kunjungi, disana saya melihat atraksi tari kecak, tari barong, tari keris. Saya menginap di hotel Nusa Indah III, disana saya sekamar dengan Adlia, Wiji dan Laila. Kalau kemana-mana kita selalu ber-empat. 


saat study tour ke bali

saat di Bedugul

Saat balik dari bali, kita kearah Blitar Jawa Timur  mengunjungi makam presiden pertama kita yaitu  Ir. Soekarno, setelah kita ke arah Jogja, di jogja kita menginap di hotel Ross-in yang letaknya di jalan lingkar selatan (Ring- Road). di jogja selain study tour saya juga melakukan table manner.


saat table manner di hotel ROS-IN



 Di kelas 2 saya banyak belajar budaya-budaya yang ada di indonesia dan saya melakukan praktek kerja lapangan di LAENA TOUR daerah tebet, saya PKL di bagian divisi Tour menjadi Operasional Tour.
Lalu saya naik kelas 3, di kelas tiga lebih dikit prakteknya karena sudah mau habis materinya dan sudah mau dekat dengan Ujian Nasional, waktu saya observasi ke Garuda Indonesia Training Center disana tempat pelatihan para pamugari dan pilot.


Garuda Indonesia Training Center 


Bandara Soekarno Hatta Terminal III


obser, museum tekstil


saat observasi ke Monument Nasional

 Lalu saya observasi ke Monument Nasional selama 4 hari, masih banyak yang saya pelajari. Setalah lulus dan sempat menganggur sebulan sambil menunggu ijazah keluar saya di tawarkan part time oleh guru saya untuk membawa rombangan tour anak SD selama satu hari, dan saya juga membawa rombongan tour anak SMP ke daerah dataran tinggi Dieng selama 4 Hari 3 Malam, dari situ saya berpikir “ternyata kerja jadi TL itu enak dapat duit + jalan-jalan gratis” tapi bapak saya menyuruh saya untuk kuliah dulu.


saat membawa rombongan tour ke Dieng

 Waktu itu mencoba test SBMPTN saya mengambil 3 jurusan tetapi tidak ada yang lolos, wajar aja lulusan SMK di suruh ngerjain soal anak SMA yang pelajarannya sangat beda, dari pelajaran IPS disekolah saya tidak ada pelajaran SOSHUM seperti ekonomi, sosiologi, sejarah, geografi ada palingan hanya sekedar geografi pariwisata dan tidak umum, itu sangat sulit buat saya untuk mempelajarinya, tapi saya ingin sekali masuk negeri, lalu saya mencoba test SIMAK UI tidak lolos juga, lalu saya dan adlia mencoba mendaftar  PENMABA UNJ, saya memilih jurusan pariwisata karna latarbelakang saya dari pariwisata dan tidak sia-sia saya belajar, 




alhamdulillah akhirnya saya keterima menjadi Mahasiswa UNJ, alhamdulillah berkat doa orang tua dan usaha saya , sekarang saya resmi menjadi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.


Anggilytha Kumala Putrie
Usaha Jasa Pariwisata 2015 kls A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar