Jumat, 09 Oktober 2015

Tugas-1 Autobiografi Medina Noer Nasution

18 Tahun Hidup Yang Tak Dapat Diungkapkan Dengan 10000 Karakter

Nama saya  Medina Noer Nasution ,saya lahir di Jakarta tempatnya di Rs. Mitra keluarga, saya lahir tanggal 17 agustus 1997 ya saya lahir tepat di hari Kemerdekaan Indonesia, pada saat itu ibu bersama abang saya sedang mengikuti lomba sepeda hias di lapangan komplek rumah saya pada sore hari, setelah lomba  selesai ibu saya merasakan sakit diperutnya, lalu ibu saya di larikan ke rumah sakit bersama ayah dan abang saya. Lalu sekitar jam 22.35 WIB lahir lah saya ke dunia ini. Dengan berat 4,1 kg dan panjang 51 cm, Alhamdulillah lahir dengan selamat dan sehat tidak ada cacat.  Saya mempunyai keluarga yang Alhamdulillah bisa disebut sempurna karna kami sama sama saling mengerti, memahami,menyayangi satu sama lain. Serta di limpahkan beribu ribu kasih sayang dan perhatian dari orang tua saya. Orang tua saya bernama Baday sati nasution dan ibu saya bernama Nurbani hidayati, ayah saya bersal dari Medan sedangkan ibu saya berasal Bandung. Saya mempunyai kakak lelaki yang terpaut 4 tahun dari saya bernama Anta maulana nasution,kakak saya Alhamdulillah sudah menjadi Sarjana lulusan Universitas Padjajaran setelah seminggu sebelum nya saya di nyatakan Lulus mengikuti ujian Penmaba UNJ lalu disusul dengan kakak saya di wisuda ,salah satu hal yang terindah yang Tuhan berikan pada saya dan keluarga saya saat itu di bulan Agustus. Ia sekarang sedang mengurus untuk melanjutkan jenjang S2 nya di Universitas Indonesia.
Pada umur 4 tahun saya memulai karir pendidikan di jenjang TK islam al-ikhsan, tk nya memang tidak terlalu jauh dari rumah saya, tiap pagi jam 08.00 saya berangkat sekolah dianter mba yang membantu dirumah, mba saya menunggu hingga saya pulang sekolah jam 10.00 tapi kadang saya tak mau pulang karna tk saya mempunyai banyak wahana untuk bermain seperti kolam mandi bola,kolam renang,ruangan khusus menggambar dll. Jadi butuh waktu untuk membawa saya pulang kerumah. Setelah selesai saya sekolah saya pulang untuk makan,tidur lalu sekitar jam 15.00 guru privat saya datang kerumah untuk meengulang pelajaran yang tadi di ajarkan disekolah seperti membaca,menulis dan menggambar. Setelah sekitar satu jam lebih 30menit belajar saya di bawa kelapangan bersama mba saya untuk makan sore sambil bermain dengan teman2 sepantaran saya. Itu adalah sepenggal masa ketika berumur 4-5 tahun
 Saat saya menginjak usia 6 tahun saya melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar saya bersekolah di SD islam Alfajar dan lagi lagi sekolah saya tidak jauh dari rumah namun kali ini saya dianter jemput oleh jemputan, di sd semua nya berubah,menjadi lebih mandiri sudah tidak boleh lagi di tunggu oleh pengantar dan sekolah pun fullday hingga jam 14.00 ,menulis membaca menggambar pun sudah tidak di bimbing lagi semua nya dilakukan secara mandiri. Berat badan saya sempat turun drastis dikarnan kan kecapean dan makan tidak teratur karna kalo di TK makan masih boleh di suapin pada saat itu, namun pas di sd makan harus sendiri, saya beradaptasi kurang lebih hingga kelas 2 sd, pada kls 2 sd semester 2 saya sudah mulai bisa menikmati sekolah,saya sudah bisa beradaptasi dengan teman-teman sekitar. Tepat pada kelas 3 saya mempunyai teman dekat bernama Farah,Tiyaz, Ucha. Kami ber4 selalu sekelas mulai dari kelas 2 rumah kami pun berdekatan kami pun selalu satu kelompok belajar, hingga pada kelas 5 kami semua terpisah masing masing mempunyai teman baru walau kadang kami masih suka bersama pada saat solat atau pada saat istirahat, kelas 5 saat itu saya benar benar enjoy menjalani semua nya hingga berat badan saya pun naik drastis. Lalu tiba saat nya kenaikan kelas 6 tanpa di duga kami pun satu kelas kembali sungguh menyenangkan mengetahui hal tersebut. Kami sama sama saling mensupport untuk menghadapi UN, kami semua satu guru privat kecuali farah karna farah sudah terlebih dahulu bimbel di kumon, kami melewati hari demi hari hingga tiba saat nya hari yang sangat menegangkan bagi kami semua murid kelas 6 yaitu ujian nasional, setelah ujian nasional kami lewati,perasaan begitu lega kami merayakan nya dengan jalan jalan ber4 dengan orang tua tiyaz. Tapi dilubuk hati yang dalam saya sedih karna saat itu akan tiba saat dimana kami semua akan berpisah dan kami semua tak akan bisa solat berjamaah lagi,makan bekal bersama lagi,pulang bareng lagi,main main lagi. Semua akan disibukan dengan sekolah masing2. Acara perpisahn pun tiba acara itu dilaksanakan di gedung taman wiladatika. Tiyaz mendapatkan Nem terbesar di angkatan saya pada saat itu. Saya sangat bangga dan bahagia, kami semua mempunyai tujuan yg berbeda farah ingin melanjutkan Smp nya di Jakarta, sementara tiyaz dan ucha ingin melanjutkan nya di Smp swasta dan saya ingin melanjutkan di bekasi saja yg dekat dengan rumah. Akhirnya kami semua berpisah farah di smpn 81 jakarta ,tiyaz smp islam alfajar, ucha di smp al azhar ,saya di smpn 24 bekasi. Rasanya sedih mengetahui bahwa kami semua berbeda sekolah. Namun semua nya harus terus berjalan ,tapi kami semua tidak putus silaturahmi,tiap ada liburan sekolah kami past menyempatkan untuk bertemu ,tiap bulan puasa datang kami pasti menyempatkan minimal 1x untuk buka puasa persama bahkan hingga skrg pun kami masih menyempatkan waktu untuk bertemu walau waktunya sangat sulit karna kami sudah sibuk untuk kuliah masing masing dan puasa bulan kemarin pun kami tidak dapat buka puasa bersama karna kami semua sibuk untuk mengurus pendaftaran kuliah dan juga berbenturan dengan adanya mudik, sekarang farah kuliah di Universitas Indonesia, lalu tiyaz di Institut Negeri Surabaya, kalau ucha saya tidak tau dia berkuliah dimana sekarang. Ini adalah foto ketika acara pelepasan SD, sayang nya foto dengan ke 3 sahabat saya sudah hilang ntah kemana.



Saat saya menginjak usia 12 tahun saya melanjutkan ke jenjang Smp. Di smpn 24 bekasi tidak ada satu pun yang saya kenal karna dari sd saya hanya saya yang masuk ke smp tersebut, harus lah saya beradaptasi kembali, jujur saya termasuk orang yang agak sulit untuk beradaptasi saya malu untuk berkenalan dengan orang baru, untung di smp tersebut muridnya ramah dan baik baik banyak yang ngajak saya untuk berteman,jujur saya begitu kaget waktu masuk smp tersebut karna begitu beda segala nya dengan sd saya dulu, tidak ada diwajibkan membaca Quraan tiap pagi, tidak di wajibkan sholat berjamaah, pernah suatu hari saya benar benar ingin pindah sekolah ke smp alfajar karna disini jauh dari apa yang saya bayangkan, namun ibu saya bilang,tanggung jika saya pindah karna setahun lebih lagi saya akan lulus smp, akhirnya saya berusaha terima dan berusaha mempunyai teman agar betah di smp tersebut, bertemulah saya dengan teman bernama Arum,Zida,Zahra,Nicky,Devita,dll. Kami mulai sering main bersama, mulai sering kerja kelompok dirumah saya,hingga akhirnya beberapa dari kami di tunjuk wali kelas untuk mengikuti kegiatan osis,setelah mengikuti osis selama kurang lebih setahun saya terpilih menjadi bendahara,aktiflah saya di kegiatan tersebut,namun walaupun saya aktif dikegiatan osis saya tidak melupakan kewajiban saya sebagai murid saya belajar dengan giat agar mendapat kan sma negri favorit di bekasi, akhirnya tiba hari kelulusan saya lulus dengan nem yang bagi saya lumayan memuaskan,karna manusia tidak boleh puas tehadap sesuatu karna kita harus terus berusaha agar terus mendapatkan yang terbaik. Terpisahlah kami semua tidak ada yang satu sma,namun kami masih sama sama sering bertemu ini salah satu foto saya bersama sahabat2 SMP saya


Masuklah saya di SMAN 8 Bekasi yang orang orang menyebutnya adalah Sekolah Atlet Bekasi, ya karna hanya di Sman 8 Bekasi lah yang sekolah mempunyai kurang lebih 9 kelas khusus atlet dari berbagai macam cabang olahraga, namun saya tidak tertarik dalam bidang olahraga maka saya tak mencoba seleksi kelas atlet, disekolah ini lah saya mendapatkan berbagai jenis macam teman, disini pula saya mengerti apa itu kawan dan lawan mana itu tulus dan munafik banyak hal yang saya rasakan ketika masa SMA dimana kata orang sma itu masa masa yang indah yang sulit untuk dilupakan, waktu smp belum pernah ngeliat murid ngerokok,sampe waktu sma udah biasa ngeliat murid ngerokok pakai seragam udah biasa liat temen temen yang cabut sekolah cabut pelajaran, yang gak peduli sama pelajaran yang ga takut sama ujian ,ada beberapa guru yang udah seperti layak nya teman sepantaran. Dimana perayaan ulang tahun besar besaran di adakan tiap bulan nya yang biasa disebut party sweet 17th. Tiap pulang sekolah pasti gak langsung pulang ya kerumah temen dulu ya nongkrong disekolah dulu ya makan di luar dulu. Pokoknya masa dimana kita sedang menjalani masa labil dan mencari jati diri.





Namun saya sudah bertekad jika saya sma nanti maka saya tidak akan aktif dalam organisasi apapun saya akan fokus belajar untuk mendapat kan PTN ,saya pun bertekad untuk masuk jurusan ips,padahal teman2 saya semua nya berlomba lomba untuk mendapatkan jurusan ipa, ya karna passion saya ada di ips yaitu mempelajari lebih dalam tentang sosiologi. Sampai waktu UN tiba saya  dinyatakan lulus dengan nilai yg tidak begitu memuaskan, saya jatoh di nilai mtk dan ekonomi ya sesungguh nya saya kurang begitu suka berhitung saya lebih suka membaca. Hari demi hari saya mengikuti berbagai macam ujian untuk mendapatkn ptn dari mulai SBMPTN, ujian mandiri IPB,UI,UNPAD,UPI dan UNJ, saya dinyatkan tidak lolos dalam snmptn dan juga sbm lalu saya berjuang di ujian mandiri namun IPB,UNPAD,UI dan UPI menolak saya,sampai saya tiba di titik pasrah dan bingung saya tak mau kuliah di swasta walau orang tua saya bilang “kuliah dimana saja juga sama asal adek kuliah yang rajin jangan main main”  saya tau mereka hanya memberi saya semangat saja agar saya tak terus terusan ter obsesi dengan negeri sementara saya sudah di tolak di 4 PTN,namun saya gak mau berhenti menyerah disitu saja saya terus terusan berusaha dan berdoa agar mendapatkan yang terbaik. Karna saya ingin membanggakan kedua orang tua saya,saya ga mau membuat mereka kecewa,saya tau bahwa orang tua saya punberharap saya mendapatkan PTN walau di depan saya mereka menerima nerima saja kalaupun saya akhirnya harus di swasta , sampai pada tanggal 10 agustus dimana hari itu penmaba dibuka , saya bilang kepada kedua orangtua saya pada saat itu kami sedang sarapan bersama dan setelah sarapan kami akan ke Universitas Muhamadiyah Jakarta dan London school public of  relation untuk survey, “bu hari ini pengumuman unj tapi gausah dibuka yah udah pasti ga lulus juga percuma,kita langsung daftar muhamadiyah atau lspr aja”. Lalu ayah saya bilang “jangan gitu ya dibuka aja dulu masalah hasil itu belakangan yang penting kita semua berdoa yang terbaik untuk ade”. Akhirnya saya memutuskan untuk buka hasil penmaba itu dan Alhamdulillah saya di terima di PTN walau saya diterima di pilihan ke 2 yaitu usaha jasa pariwisata.

sebenarnya saya sangat berharap diterima di jurusan Sosiologi Pembangunan, tapi balik lagi ini lah yang terbaik menurut Allah karna saya selalu berdoa untuk diberi yang terbaik menurutNya ,saya sangat bersyukur dan juga senang karna impian saya berkuliah di perguruan tinggi negeri dapat saya capai. akhirnya kami membatalkan acara survey ke univ swasta tersebut melainkan kami menjadi survey untuk kost saya di daerah daksinapati. Karna jarak bekasi ke unj lumayan jauh.  Dan ya disinilah saya sekarang menjadi salah satu mahasiswi Universitas Negeri Jakarta ,Fakultas Ilmu Sosial ,jurusan Sejarah, Prodi Usaha Jasa Pariwisata,saya mendapatkan teman teman yang baik disini teman teman yang sangat ramah dan mudah bergaul mau diajak kerja sama dan saling kompak dalam mengerjakan hal hal yang bermanfaat seperti tugas dan yang lain lain saya berharap kami akan terus kompak dan makin kompak tiap hari nya ,dan memahami satusama lain. Saya pun bertekad akan lulus dalam waktu 3 tahun  dengan IPK yang memuaskan , lalu dapat langsung melanjutkan ke jenjang sarjana . Saya berharap apa yang saya cita citakan semuanya terkabul dan dilancarkan olehNya 





Medina Noer Nasution
Usaha Jasa Pariwisata kls A 2015











8 komentar:

  1. Bagus sekali, semoga apa yang di cita citakan medina dapat segera tercapai, semangat!!

    BalasHapus
  2. Semangat45 buat raih cita-cita!! :)

    BalasHapus
  3. AutoBiografinya sangat bagus ya karena sangat detail menceritakan pengalaman hidup dari awal sampa sekarang menjadi mahasiswa .
    Terus semangat dalam mencapai kariernya karena tanpa ada usaha dan doa semua tidak akan terwujud , jadikan tanggal lahir sebagai acuan juga karena sama dengan hari kemerdekaan Bangsa INDONESIA

    BalasHapus
  4. AutoBiografinya sangat bagus ya karena sangat detail menceritakan pengalaman hidup dari awal sampa sekarang menjadi mahasiswa .
    Terus semangat dalam mencapai kariernya karena tanpa ada usaha dan doa semua tidak akan terwujud , jadikan tanggal lahir sebagai acuan juga karena sama dengan hari kemerdekaan Bangsa INDONESIA

    BalasHapus
  5. Wah, bagus sekali med. Semangat dan semoga terwujud cita-citanya!

    BalasHapus
  6. Tulisan yang sangat membangun mental dan karakter bagi para pembacanya.

    BalasHapus