Sabtu, 10 Oktober 2015

Tugas 1 Autobiografi-Ericha Vegalia WP


Kisah-kisah dalam hidup 18tahun


Cerita yang akan aku tulis berasal dari pengalaman pribadi dan kisah-kisah perjalanan hidupk selama 18tahun yang penuh suka maupun duka.
Nama aku Ericha Vegalia Widonarko Putri,lahir pasa tanggal 29 Juli 1997 dari seorang ibu bernama Sintya Hernawati. Ayahku bernama S.Widonarko. Aku anak pertama dari 2 bersaudara,adikku bernama Febryan Ivansach Widonarko Putra. Ini salah satu foto saat aku masih bayi.
ini aku saat berumur 2 bulan

Saat aku berumur 2tahun aku sudah sering berpergian ke tempat wisata bersama ayah dan ibuku. Saat umurku 2tahun aku sudah berpergian ke Bali,Candiborobudur dan Prambanan serta ke tempat tempat wisata lainnya.
Kata ibuku aku paling seneng kalo di ajak jalan-jalan ketempat wisata,sampai-sampai tidak mau pulang dan akhirnya menangis karena tidak mau kembali pulang kerumah.

aku dan ibu bapak saat dibali dan borobudur.

Aku menginjak umur 3tahum dan aku memulai pendidikan di jenjang Paud atau dulu disebut dengan playgroup. Aku playgroup bersama guru yang sekarang di kenal dengan kak Seto. Aku masih ingat sekali aku di ajarkan lagu yang berjudul 'Si Komo Lewat'. Akibat dari lagu itu,setiap ada kemacetan dijalan aku selalu mengatakan bahwa si Komo lagi lewat jadinya macet. Dari saat aku playgroup aku sudah senang difoto,bisa di bilang aku model kamera. Karena setiap di foto aku selalu begaya dengan gaya gaya yang konyol. Ini gaya fotoku saat aku berada di playgroup.
Beranjak dari paud. 
 
aku saat playgroup.
Aku memasuki pendidikan TK,saat itu aku berumur sekitar 4tahun. Aku TK di Aisyah 63 letaknya berada dekat dengan rumah. Aku biasa di antarkan oleh nenekku,karena ibu dan ayahku berkerja jadi aku selalu bersama nenekku. Saat aku tk aku ingat ada bocah laki-laki yang selalu iseng kepadaku. Dari yang menjambak rambutku,mengambil mainanku bahkan membuat aku menangis. Saat tk aku diajarkan menghafal surat-surat membaca iqra serta belajar membaca dan menghitung. Bisa di bilang aku murid yang pintar dulu saat tk,karena aku selalu belajar dengan ibuku setiap malam. Apalagi belajar membaca,aku masih ingat setiap belajar membaca bersama ibuku pasti aku selalu menangis karena sudah capek belajar tetapi masih terus dipaksakan sampai aku benar-benar lancar membaca. 
Dan akhirnya aku menginjak umur 6 tahun,dan aku memasuki pendidikan jenjang SD di Menteng Atas 01. Letaknya di jalan Saharjo Jakarta Selatan. Pertama kali aku memasuki sd,aku sudah di biasakan tidak ditunggu oleh ibuku karena ibuku selalu bekerja. Saat kelas 1 aku duduk sebangku dengan tetanggaku dari kecil,nama nya Helmi. Saat sd aku adalah murid yang selalu mendapatkan prestasi dikelas. Dari aku kelas 1-6 aku selalu di urutan 3 besar saat pembagian rapot. Aku selalu bersaing dengan kedua teman lelakiku di kelas,mereka bernama Helmi dan Wahid. Sampai saat aku kelas 6 aku mendapatkan peringkat 2 mengalahkan teman kelasku,itu sebuah kebanggaan tersendiri untukku. Saat aku sd aku pulang sekolah dengan nenekku,dia biasa aku panggil Emih. Dia selalu menjemputku dengan ciri khasnya yang selalu membawa payung dan kita selalu berjalan kaki sampai rumah. Namun saat aku kelas 6 sd emih sudah mulai sakit dan pada suatu hari saat aku pulang kerumah dan menyapa dia yang sedang tidur dikursi. Dia tidak kunjung bangun,aku sudh mencoba membangunkan dengan segala cara namun dia tidak bangun. Sampai akhirnya aku tau kalo emih sudah istirahat untuk selamanya. Saat aku mengetahui itu,aku menangis saat keras dan masih terus mencoba membangunkan. Tapi apalah daya Allah lebih menyayangi nenekku. Ini adalah foto aku bersama nenekku yang aku sayangi.
fotoku dengan neneku.
Dan akhirnya aku beranjak ke Sekolah Menengah Atas(SMP) aku sekolah di SMPN 3 Jakarta,terletak di daerah Manggarai. Bangunan sekolahku itu adalah bangunan bekas peninggalan Belanda,yang tidak boleh direnovasi atau diubah karena bangunan sekolahku adalah Cagar Budaya. Saat awal aku memasuki SMP kelas 1,aku mengikuti mos selama 3 hari. Saat mos aku berkenalan dengan banyak teman baru dikelasku salah satunya bernama Dike Mutiara,dia menjadi teman sebangku saat kelas 1. Saat smp aku mengikuti 2 organisasi yaitu,osis dan pramuka. Saat aku mengikuti osis,aku jadi mempunyai banyak teman. Dan aku sering pergi bersama teman-teman satu organisasi ke tempat tempat wisata seperti musium. Saat aku kelas 3 smp,aku dan ke 5 temanku nadia,nesya,laras,fenti dan marsya pergi ke daerah Kota Tua di Jakarta Pusat. Kami pergi kesana menggunakan kerets api,dulu saat aku smp itu adalah pengalaman pertama kali menaiki kereta api tanpa didampingi orangtua. Kami berangkat dari stasiun Manggarai,kami membeli tiket yang harganya dulu masih 1.500(ekonomi) dan belum sistem kartu seperti jaman sekarang. Saat kereta kami datang,kami naik dan saat itu kereta kami padat sekali. Akhirnya kami berdesak-desakkan didalam. Saat sampai Kota Tua kami memasuki musium wayang,seperti layaknya anak-anak smp saat ini kami semua foto-foto di dalam museum. Sesudah dari musium kami pergi utuk menyewa sepedah ontel yang ada di sekitar kota tua,kami jalan-jalan mengelilingi kota tua yang akhirnya salah satu dari kami jatuh kelelahan. Hari mulai sore jadi kami memutuskan untuk kembali pulang. Saat mendekati kelulusan,aku dan semua teman kelas ku di kelas 3 smp memutuskan untuk pergi kepuncak,perpisahan disebutnya. Kami pergi menggunakan bis tentara tua,di dalam bis aku dan teman teman ku menyanyikan lagu-lagu untuk menghindari rasa bosan. Di puncak kami menginap selama 2 hari semalam,dan banyak hal yang kami lakukan disana. Karena itu hari terakhir kami berkumpul sama-sama. Ini salah satu foto saat aku duduk di kelas 3 SMP
aku saat SMP
Dan akhirnya aku memasuki dunia SMA. Saat itu aku sekolah di SMAN 37 Jakarta. Disinilah aku mempunyai banyak suka maupun duka selama di sma. Saat aku baru memasuki kelas 1 SMA disini aku benar benar menemukan banyak teman baru,pertama kali aku berkenalan dengan teman sekelasku namanya Denia. Dia duduk tepat di depanku,dan akhirya kami berkenalan. Dan disuatu waktu aku berkenalan dengan salah satu seorang senior,yang saat itu dia duduk di kelas 2. Yang pada akhirnya,dia menjadi pendamping aku dari aku kelas 1 dan sampai saat ini. Nama dia adalah,Setiawan Akbar biasa aku panggil abay. Dia sosok yang berarti,yang bisa membuat aku lebih baik sampai saat ini.
   
ini foto aku dengan abay.

 
foto saat aku SMA

Naik kekelas 2 sma aku bertemu lagi dengan teman teman baru. Berawal aku berkenalan dan duduk sebangku dengan sahabat baikku sampi saat ini. Dia bernama Tamara,dia adalah sosok yang bertingkah laku super konyol saat di kelas. Aku ingat kami selalu membuat gaduh kelas bersama 2 sahabat aku lainnya yaitu,Mifta dan Osin. Kami sering membuat gaduh,dan sering sekali ditegor koleh guru karena kekonyolan yang kami lakukan. Dari yang foto-foto saat belajar,tertawa keras,mengobrol serta menjaili guru-guru yang menyebalkan. Pernah suatu ketika ulangan akutansi dadakan,kami menyontek bersama dan alhasil nilai kamu hanya bebek yaitu angka 2,karena salah satu dari kami ngga ada satupun yang mengerti akutansi. Saat semester 2 tepatnya saat lebaran,aku pergi kekampung halaman ibuku di Sumedang. Kami memang selalu menyepatkan untuk pulang kesana,untuk mendatangi kuburan nenekku dan beserta keluarga besar ibuku disana. Aku berangkat dari rumah pukul 05.00 pagi,kami selalu jalan pagi untuk menghindari kemacetan di dalam tol. Di dalam mobil aku tidak melakukan banyak hal selain tidur,bangun dan makan. Tapi kadang aku juga memperhatikan jalanan disekitar tol. Saat menjelang siang kami berhenti di rest area 97,untuk makan siang tentunya dan membeli makanan ringan untuk perjalanan yang masih panjang. Saat memasuki jalan Cadas Pangeran di Sumedang aku selalu mencoba untuk tidur,atau melihat jalan keluar. Karena jalannya yang berkelak-kelok kadang membuat kepala pusing dan juga mual. Tapi pemandangan di Cadas Pangeran sangat indah,diawal pintu masuk jalan Cadas Pangeran kalian bisa melihat patung Pangeran Kornel atau disebut juga Pangeran Kusumahdinata sedang bersalaman dengan Daendels menggunakan tangan kiri. Disepanjang Cadas Pangeran kalian bisa melihat pemandangan sawah,hutan serta dinding di bawah jalan yang digunakan untuk menghindari longsor karena jalan tersebut sering terjadi longsor. Saat memasuki pintu masuk Kota Sumedang aku melihat tulisan selamat datang yang bertuliskan "Selamat Datang di Sumedang Kota Budaya". Sampai disana aku langsung mengunjungi rumah sodara yang sering aku panggil dengan sebutan Kakek Jimbo ntah kenapa aku bisa memanggil dia seperti itu dulu. Setelah sampai aku dan keluarga langsung berziarah ke makam nenek,kakak serta omku disana serta makam buyut-buyutku. Sehabis berziarah ke makam keluarga,kami juga selalu berziarah ke makam Prabu Geusan Ulun serta makam keturunan Sumedang Larang yang terletak di Gunung Puyuh. Tidak lupa juga aku dan keluarga berziarah ke makam pahlawan Cut Nyak Dien.
Makam Keturunan Sumedang Larang

Makam Cut Nyak Dien

Lalu aku menyepatkan ke Gunung Kunci untuk beristiraha sambil memasuki Benteng peninggalan Belanda disana. Dan lagi-lagi kami juga berziarah ke makam yang ada di balik benteng Belanda itu. Setelah itu aku dan keluarga memutuskan untuk istirahat sejenak,sambil menikmati sebuah es kelapa yang dingin sambil berbincang.
Ini adalah foto aku dan ibuku saat diGunung Kunci.
Saat hari mulai gelap,aku kembali ke tempat sodaraku dan beristirahat untuk kembali ke Jakarta besok nya.
Saat liburan semester kenaikkan ke kelas 3,aku dan keluarga pergi berlibur ke Pulau Pari yang terletak dikepulauan seribu. Aku berangkat dari angke menggunakan kapal kecil,saat itu ombak sangat besar. Saat di perjalanan kapal yang aku naikki bergoyang sangat kencang sampai kapal yang aku naikki miring seperti ingin terbalik. Itu adalah pengalamanku yang paling menyeramkan. Saat aku tiba disana,kami langsung memasuki home stay untuk menaruh barang bawaan. Dan akhirnya aku langsung pergi ke pantai di sekitar pulau pari,salah satu nya Pantai Perawan. Aku dan keluarga pergi menggunakan sepedah yang tersedia di homestay kami. Pantai Perawan masih terlihat amat jernih,bersih dan belum banyak di jamah oleh banyak orang.
Fotoku saat di Pantai Perawan
Akhirnya aku kembali masuk sekolah dan duduk dikelas 3. Disini aku mempunyai banyak cerita yang konyol. Di kelas 3 selama disekolah aku dan temanku selalu diburu atau dikejar oleh guru BK disekolahku karena sepatu,baju maupun rambut kami. Setiap aku dan temanku melihat guru BK dari kejauhan,kami pasti selalu lari atau mengumpat. Terkadang sialnya kami tertangkap dan baju kami dicoret-coret ataupun digunting. Pernah suatu saat aku diberentikan oleh guru dan disuruh untuk melepas kaos kakiku yang berwarna pinky. Dan kaos kakiku dibuang ke tempat sampah,namun aku ambil lagi akhirnya. 
Saat liburan semester pertama, aku pergi ke Bandung bersama keluarga. Aku pergi wisata ke floating market Lembang pergi ke Paris Van Java serta mengunjungi Cihampelas Walk dan beristirahat di Hotel Grand Royal Panghegar selama semalam. 
Masuk ke semester 2 aku menyiapkan mental untuk mengikuti UAS dan UN,aku mengikuti bimbingan belajar diluar sekolah nama tempatnya Santo Lukas. Setelah aku mengikuti UAS dan UN aku dinyatakan lulus,dan akhirnya aku mempersiapkan diri untuk masuk PTN. Aku tidak mengikuti Jalur SNMPTN dan juga tidak mengikuti test SBMPTN karena aku mengincar jurusan Pariwisata yang memang di PTN hanya sampai d3. Pada awalnya aku sudah tidak ada niat untuk kuliah,karena aku bercita-cita ingin menjadi pramugari dan diterima di salah satu airlines namun ibuku menyuruh aku untuk kuliah terlebih dahulu dan aku putuskan untuk kuliah jurusan pariwisata.Pada awalnya aku mengikuti test SIMAK UI yang setelah pengumuman aku ditolak,karena memang aku ingin sekali kuliah di kampus itu. Setelah di tolak,aku menangis selama 2hari karena semua teman dekatku sudah keterima di PTN,pada awalnya aku putus asa namun akhirnya aku mencoba kembali mengikuti test Penmaba dan pada 10 Oktober 2015 aku dinyatakan LULUS! Pada pilihan pertama ku yaitu jurusan usaha jasa pariwisata.
Aku senang akhirnya bisa membuat orangtuaku bangga.
Sesudah itu aku datang ke Universitas Negeri Jakarta untuk melakukan verifikasi. Dan beberapa minggu kemudian aku datang untuk mengikuti MPA. Saat MPA aku menemukan banyak tingkah laku konyol yang dilakukan oleh kakak senior yang sedang mengospek mahasiswa baru,karena pada awalnya aku berfikir kalau ospek kuliah itu akan lebih kejam. Saat MPA aku menemukan 3 teman baru yang baik,mereka bernama Vivi,Afi dan Jehan atau bias dipanggil Jeje. Aku senang bertemu dengan mereka karena tingkah mereka yang super konyol dan sering sekali membuat aku tertawa. Setelah selesai MPA kami di tentukan kelas,dan aku ternyata sekelas dengan Afi dan Vivi di kelas A dan Jeje di kelas B. Di kelas A aku bertemu dengan banyak teman yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Aku senang berada di kelas ini karena penuh dengan tingkah konyol dari anak-anak kelaskku. 
Ini adalah fotoku di kelas a bersama Vivi,Afi dan Jeje.
Dan sebelumnya aku mempunyai banyak sekali kucing dirumah. Aku sangat senang sekali dengan hewan lucu ini,awalnya aku hanyak mempunyai 2 ekor kucing persia bernama Molly dan Myllo namun ibuku sering sekali membawa anak kucing yang terlantar di pasar ataupun diluar rumah. Ibuku membawa kucing liar pulang untuk dirawat sampai mereka besar,yang pada akhirnya sekarang aku mempunyai 20 kucing dirumah. Namun ada yang mati karena virus dan juga dikembalikan keluar rumah karena sudah besar.
Ini adalah sebagian foto kucing yang ada dirumahku.

Itu adalah sebagian dari kisah-kisah selama 18tahunku,dari suka maupun duka.


Ericha Vegalia Widonarko Putri
4423154291
Usaha jasa pariwisata 
Kelas A

16 komentar:

  1. Keren ya icha ceritanya. Semangat ya buat tugasnya cepet2 skripsi ye:( ada foto qu disitu jd malo:(

    BalasHapus
  2. Bagus cerita hidup yang dituliskan, sangat menginspirasi saya.
    Namun nulis blog nya jangan terlalu cepat terdapat kata-kata yang kurang hehe.
    Tapi semoga mendapat nilai yang terbaik ya dari dosen mu. Sukses selalu

    BalasHapus
  3. Icha ceritanya bagus. Jd inget pas kita ke puncak yah.

    BalasHapus
  4. perjalanan panjang ya chaa... semoga perjalanan kedepan dipermudah yaa. semangat!

    BalasHapus
  5. Bagus banget ceritanyaa, sukses ya kedepannya :)

    BalasHapus
  6. Semoga kedepannya makin sukses ya ca:)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Ceritanya panjang bgt tp bagus kok cha wkwk semoga ke depannya sukses bersama! Aamiin

    BalasHapus
  9. Sejak kecil sudah diperkenalkan dengan dunia pariwisata secara tidak langsung. Jadi memiliki banyak pengalaman untuk travelling ke suatu tempat.
    Penjelasan lokasi atau tempat wisatanya pun cukup detail dan daya ingat akan tempat yang dikunjungi cukup tinggi. Saya pikir itu merupakan fondasi yang kuat untuk menjadi lulusan jasa usaha pariwisata yang baik.
    Semoga apa yang diimpikan/dicita-citakan tercapai. Dan jangan pernah patah semangat. Ganbatte kudasai! ;)

    BalasHapus
  10. Icaaa bagus ceritanyaaaa hehe panjang bgtyaaa. Sukses selalu icaaaa. Mwahhh

    BalasHapus
  11. Icaaa ceritanya bagus yaa jalan2 mulu pantesan masuk pariwisata. Mantaplah. Semangat ya ca kuliahnya. Sukses kedepannya caa

    BalasHapus
  12. pengalamannya banyak banget ya ca, cocok di pariwisata. bahasanya di perbaiki lg ya ca. sukses pokoknya!

    BalasHapus
  13. Panjang banget ceritanya tapi 1 yang aku mau bilang terus semangat dan tetap didalam persekutuan dengan Kristus dan jemaatnya

    BalasHapus
  14. Semoga amal ibadah diterima ya ca 😊

    BalasHapus
  15. You did great sis, I love you🫶🏻. RIP

    BalasHapus