Jumat, 09 Oktober 2015

Tugas-1 Autobiografi Zasqia Khairani Rianti

Perjalanan Kehidupan Zasqia Khairani Rianti Selama 18 Tahun.

            

        Nama Saya Zasqia Khairani Rianti. Saya biasa dipanggil dengan Zasqi. Saya lahir di Jakarta pada tanggal 02 November 1997. Saya tinggal bersama kedua orangtua Saya di Perum Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Bekasi. Ayah Saya bernama Andri Wildan, dan Ibu Saya bernama Delfianti. Ayah Saya sekarang adalah seorang pensiunan Karyawan Swasta, dan Ibu Saya sekarang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saya anak kedua dari dua bersaudara. Kakak perempuan Saya bernama Chyntia yang baru saja menyelesaikan kewajibannya sebagai Mahasiswi Sarjana di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat. Hobi Saya adalah menonton film dan membaca novel.
Selama 18 tahun Saya lahir, Saya mempunyai banyak kenangan yang membahagiakan dan menyedihkan bersama dengan keluarga dan sahabat yang Saya cintai. Dimulai dari Saya menduduki bangku di Taman Kanak-kanak (TK) hingga di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Saya tidak terlalu mengingat semua kenangan semasa Saya masih kecil, tetapi Saya mempunyai orangtua saya—terutama Ibu saya yang sering menceritakan kehidupan Saya serta seperti apa sifat Saya dari bayi hingga Saya berumur 18 tahun sekarang ini.


  • Periodisasi Zasqia Khairani Rianti Semasa Balita



 Foto ini diambil dengan orangtua Saya ketika Saya berumur 40 hari. Ibu Saya berkata “foto ini diambil pas adek selesai mandi di hari Minggu kalau tidak salah. Sehabis Mama memandikan Adek, Mama membaringkan Adek di ruang tamu sama Kakak lalu Mama beres-beres rumah. Di ruang tamu lagi ada Kakak juga, jadi Adek di ruang tamu menonton TV sama Kakak.” Dan ketika masih bayi, Saya dan orangtua Saya pernah tinggal di daerah Utan Kayu, Jakarta Timur.



Foto ini diambil ketika Saya berumur 3 bulan. Di foto terdapat perumahan dan lingkungan baru dimana rumah yang Saya dan keluarga Saya tempati. Orangtua saya berkata “foto ini diambil Kakak sama Mama. Disini Adek umur 3 bulan, bertepatan kita pindah rumah di rumah yang sekarang ini di Bekasi. Rumahnya masih tipe-tipe lama, masih sepi, dan lingkungannya juga masih asri.”


 Foto ini diambil oleh Papa Saya ketika Saya berumur 1 tahun. Foto ini diambil ketika Saya dan keluarga Saya sedang bermain di Taman Kemang Pratama, Bekasi. Semasa kecil, setiap hari Saya dan keluarga Saya pergi ke taman itu untuk bermain atau mengasih makan hewan Rusa.
  


Foto ini diambil ketika Saya mengadakan ulangtahun yang ketiga. Orangtua saya sibuk mempersiapkan dekorasi, kue ulangtahun, dan mengundang teman-teman atau tetangga Saya semasa kecil. Di acara ulangtahun ini sederhana namun menyenangkan. Memberikan kue kepada Orangtua dan Kakak, menyanyi bersama, dan terdapat games juga.



Foto ini diambil ketika Saya berumur 5 tahun. Pesta ulangtahun yang kelima berbeda dengan pesta ulangtahun Saya ketika berumur 3 tahun. Pesta ini meriah, menghiburkan, dan Saya sangat suka dengan gaun pesta ulangtahun yang Saya pakai pada waktu itu.

  • Periodisasi Zasqia Khairani Rianti Semasa TK

        Pada Saya sudah mulai mendekati umur 4 tahun Orangtua Saya mencarikan Taman Kanak-kanak (TK) untuk Saya. Setelah itu, pada umur 4½ tahun Saya memulai pendidikan Saya di jenjang TK. ISLAM PERMATA HATI IBU. Lokasi TK tersebut tidak jauh berada dari daerah rumah Saya. Setiap pagi saya diantarkan oleh kedua Orangtua Saya, atau terkadang diantarkan oleh Almh. Nenek saya



Foto ini diambil ketika Saya sedang “Pelepasan Siswa-Siswi TK. ISLAM PERMATA HATI IBU” bersama dengan teman-teman Saya seangkatan 2001/2002.


       Saya diajarkan oleh guru-guru yang ramah dan baik hati yang akan Saya selalu ingat. Terkadang jika di daerah rumah Saya masih bertemu dan bertegur sapa dengan guru-guru TK dan teman-teman TK Saya. Ketika Saya lulus dari TK, Saya pernah mengingat cerita dari Mama Saya yang mengatakan Mama Saya pernah bertemu dengan guru TK Saya ketika Mama Saya ingin pergi ke tempat tailor atau tempat jahit yang letaknya berdekatan dengan rumah guru TK Saya. Mama Saya menceritakan kalau guru TK Saya menanyakan kabar Saya bagaimana dirumah, ingin melanjuti ke SD mana, dan menyampaikan salam untuk Saya. Akhirnya pada  tahun ajaran 2001/2002, Saya menyelesaikan pendidikan saya di Taman Kanak-kanak (TK).

  • § Periodisasi Zasqia Khairani Rianti Semasa SD

           Setelah Saya bersekolah di TK. ISLAM PERMATA HATI IBU, Saya melanjutkan pendidikan Saya di Sekolah Dasar (SD). Pada umur 5½ tahun, Saya disekolahkan oleh kedua  Orangtua Saya di SD BANI SALEH 6. Ketika Saya tahu akan disekolahkan di SD tersebut, Saya sangat senang karena yang pertama pada saat itu SD BANI SALEH 6 cukup favorit dan Saya bisa satu sekolah dengan Kakak Saya juga. Begitu banyak kenangan yang Saya alami selama SD. Dimulai dari guru-gurunya yang luar biasa mendidik Saya seperti sekarang ini. Guru-guru SD Saya sangat ramah, baik hati, dan mereka semua mengenal Saya, Kakak Saya, serta Orangtua Saya. Mereka menuntun Saya menjadi siswi dengan Akhlakul Kharimah yang baik.


 Foto ini diambil ketika penyerahan Piagam oleh Kepala Sekolah Bani Saleh 6. Ia memberikan amanat dan selamat kepada Saya selama Saya bersekolah 6 tahun di SD ini.


Foto ini diambil ketika foto satu angkatan Siswa-Siswi Bani Saleh 6 angkatan 2002/2003


         Semasa SD Saya dikenal dengan guru-guru sebagai “Adeknya Chyntia” dan teman-teman Saya berkata kalau saya di SD cerewet dan periang. Selama di SD Saya mengikuti kegiatan extracurricular yaitu Marching Band. Mengapa Saya mengikuti Marching Band, karena Saya suka memainkan alat musik dan Saya penasaran bagaimana cara memainkannya. Setelah Saya memasuki kelas 6, Saya mulai disibukan dengan mengikuti Bimbingan Belajar di luar. Karena Saya akan dihadapkan dengan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Semasa SD yang Saya ingat hanya kenangan para guru yang luar biasa terhadap saya. Setelah itu, Saya menyelesaikan pendidikan Saya di SD BANI SALEH 6 tahun ajaran 2002/2003.

  • § Periodisasi Zasqia Khairani Rianti Semasa SMP

      Ketika Saya menyelesaikan pendidikan Saya di jenjang SD, kemudian Saya melanjutkan pendidikan Saya di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada umur 11 tahun Saya melanjutkan bersekolah di SMP Negeri 8 Bekasi. Pada pemilihan SMP melalui “SIAP PPDB Online”, saya memilih SMP 8 Negeri Bekasi pada pemilihan pertama dikarenakan berpengaruh dengan hasil Nem Saya, namun Saya tidak menyesal memilih SMP Negeri 8 Bekasi. Selama SMP Saya, banyak kenangan yang tidak bisa Saya lupakan. Dimulai dari sifat-sifat dan karakter teman-teman Saya yang bermacam-macam.
       Di SMP Saya menjalani kehidupan pendidikan seperti pelajar pada umumnya. Saya juga mengikuti kegiatan extracurricular di Sekolah yaitu Pramuka. Dan ketika di SMP, Saya mengalami sedikit masa yang kurang menyenangkan hingga Saya mengalami beberapa kali perubahan dalam lingkup pertemanan. Pada akhirnya Saya memasuki kelas 8 dan kelas 9, Saya baru menemukan apa arti teman yang sebenarnya. Begitu banyak kenangan yang Saya lalui, terutama pada sekolah Saya mengadakan Study Tour di daerah Bandung. Pertama Saya berkunjung ke Museum Geologi hingga ke Trans Studio Mall. Selama perjalanan Saya sangat menikmati bersama teman-teman Saya dimulai di dalam Bis hingga ke tempat tujuan. Setelah Saya memasuki kelas 9, Saya bertemu dengan teman-teman yang selalu memberi semangat kepada Saya, teman-teman yang selalu memikirkan ingin melanjutkan SMA dimana, dan susah sedih bersama.
        Dan ketika Saya menduduki kelas 9 ada suatu hal yang akan selalu saya ingat yaitu guru Matematika saya. Bapak guru tersebut mengajar dari kelas 9.1 hingga 9.4. Bapak guru Matematika SMP Saya mengajarkan arti kedisplinan dan kejujuran juga. Semua murid diwajibkan datang sebelum jam setengah 7 pagi hanya untuk dikelas khusus Matematika, sementara gerbang sekolah ditutup jam 7 pagi. Guru Matematika Saya hanya membatasi hingga 06:45 pagi paling telat di kelas. Sebelum guru matematika Saya datang ke kelas jam 7 pagi, murid-murid mengisi absensi kedatangan jam di buku khusus.  Lalu murid yang datang pukul 06:05 harus duduk dengan murid yang kedatangannya sama, begitupun sebaliknya.



 Foto ini diambil ketika sedang dilaksanakan Perpisahan Siswa Siswi SMP Negeri 8 Bekasi. Pada di foto ini terdapat kenangan yang tidak akan saya lupakan semasa SMP adalah ketika dipertengahan acara sedang melaksanakan perpisahan SMP, terjadi hujan yang cukup lebat dan disertakan angin dan banjir di Sekolah. Perpisahan terpaksa diberhentikan sementara  hingga semuanya selesai.

        Serta kenangan yang tidak saya lupakan ketika detik-detik menjelang Ujian Nasional (UN). Saya dan teman-teman saya mengikuti berbagai macam Try Out yang hasilnya tidak memuaskan, mengikuti Bimbel hingga sore, dan melaksanakan Ujian Praktek. Semua Saya lakukan untuk LULUS dan ingin melanjutkan pendidikan saya di jenjang SMA, dan semua itu adalah kenangan-kenangan yang tidak akan saya lupakan. Setelah itu saya dinyatakan LULUS dan menyelesaikan kewajiban saya sebagai pelajar SMP pada tahu ajaran 2011/2012.

  •      Periodisasi Zasqia Khairani Rianti Semasa SMA

           Masa-masa SMA adalah masa yang paling Saya tunggu dan Saya ingin  merasakan seperti apa masa SMA Saya kedepannya. Pada saat Saya dinyatakan LULUS Ujian Nasional SMP, saya mendaftarkan pilihan SMA saya di SIAP PPDB Online. Pada pemilihan tersebut, Saya tegang dan khawatir apakah Saya lolos seleksi atau tidak. Ketika melihat nama Saya dan Saya dinyatakan lolos seleksi di SIAP PPDB Online pada SMA Negeri 13 Bekasi. Lalu Saya akhirnya diresmikan sebagai “Siswi Putih Abu-abu” di SMA Negeri 13 Bekasi, dimulai Saya menduduki dibangku kelas 10.9 hingga di kelas 12 ips 2.



Foto ini diambil ketika Saya memasuki kelas 10.9. Dari kelas ini banyak cerita di mulai. Teman-teman yang luar biasa, teman-teman yang selalu memberi feedback, teman-teman yang selalu membuat Saya ceria.


             Selama Saya di SMA, Saya sama seperti pelajar SMA pada umumnya yang menimba ilmu di sekolah dari pagi hingga sore, mengikuti kegiatan extracurricular,  mengikuti Bimbel diluar sekolah dan Pedalaman Materi di Sekolah detik-detik Ujian Nasional. Ketika SMA Saya mengikuti kegiatan extracurricular yaitu English Club.


 Foto diatas diambil oleh teman Saya pada saat di kelas 11 IPS 2. Foto itu diambil pada jam istirahat berlangsung.
            
      Setelah akhir semester kelas 10, Saya memilih untuk memasuki kelas IPS. Karena Saya menyadari bahwa kemampuan Saya ada di IPS. Selama di kelas 11 IPS 2, Saya sangat menyukai masa-masa di kelas ini karena Saya mempunyai teman yang berada di kelas 10.9 dan teman-teman di kelas ini terlihat sangat menyenangkan. Di kelas 11 IPS 2, Saya mengikuti kegiatan Study Campus di daerah Bandung. Saya menginap 2 hari 1 malam, dan itu adalah moments yang menyenangkan untuk
Saya.





Foto ini diambil ketika melaksanakan Study Campus disalah satu Villa di Bandung

          Hari demi hari berlalu, detikan jam yang terus berganti, tidak terasa Saya sudah memasuki kelas 12. Bagian akhir di SMA yang paling Saya sedih, Saya takuti, dan Saya rindukan. Tidak terasa waktu cepat berlalu hingga akhirnya Saya memasuki kelas 12 IPS 2, dan terdapat banyak kenangan manis pahit pada masa ini. Detik-detik tiga bulan sebelum pemadatan di Sekolah dan detik-detik sebulan sebelum Ujian Nasional, begitu banyak kenangan yang tersimpan di dalamnya. Beberapa kenangan di 12 IPS 2 salah satunya yaitu di pertengahan Februari, kelas 12 IPS 2 mengadakan foto Buku Tahunan di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Serta mengadakan Pelepasan Siswa Siswi SMA Negeri 13 Bekasi Angkatan 8 di salah satu gedung di daerah Bekasi.




Foto ini diambil ketika Siswa/I kelas 12 IPS 2 mengadakan foto Buku Tahunan di Taman Menteng, Jakarta Pusat.


  

Foto ini diambil ketika Pembekalan Siswa-Siswi Kelas XII SMA Negeri 13 Bekasi angkatan ke-8 tahun ajaran 2014/2015.

           Dan kenangan terakhir adalah ketika Ujian Nasional dimulai hingga berakhir. Saya dan teman-teman Saya berjuang menghadapi UN hingga merasakan kebebasan dan kesedihan setelah UN berakhir. Saya khawatir dan takut apakah Saya lulus atau tidak. Ketika surat kelulusan sampai kerumah Saya melalui Pos, dan ketika Saya membukanya, Saya sangat bersyukur dinyatakan LULUS. Setelah itu, Saya menyelesaikan kewajiban Saya sebagai pelajar di SMA Negeri 13 Bekasi pada tahun ajaran 2014/2015.
       Selisih beberapa bulan kemudian, pendaftaran untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri datang terus menerus. Ketika pengumuman SNMPTN di umumkan, saya dinyatakan tidak lolos. Saya menyadari bahwa kecil kemungkinannya untuk lolos PTN pada jalur SNMPTN. Lalu saya harus belajar lagi, mengikuti Bimbel di daerah Galaxy, Bekasi hingga jam 9 malam, untuk mengikuti SBMPTN dan Ujian Mandiri. Ketika hari itu pengumuman SBMPTN dibuka jam 5 sore, namun Saya ingin membukanya setelah buka puasa—dan Saya ternyata tidak dinyatakan lolos seleksi lagi. Kesedihan ini terus berlanjut hingga Ujian Mandiri. Hingga Ujian Mandiri PTN yang Saya daftarkan tidak lolos seleksi. Terlalu banyak airmata, terlalu banyak penyesalan, terlalu banyak pemikiran negatif kalau sebulan lagi perkuliahan sudah dimulai. Saya pasrah, ber-istiqarah, tidak ada hentinya Saya berdoa dan melakukan dengan yang terbaik untuk bisa kuliah di tahun 2015. Lalu pada tanggal 09 Agustus 2015 pukul 07:00 pagi pengumuman PENMABA UNJ di umumkan. Pada hari itu, Saya baru bangun jam 09:00 pagi dan Saya sudah berfikiran negatif dan Saya membukanya jam 13:00 di Kamar dengan perasaan gelisah. Ketika Saya melihat bahwa Saya lolos PENMABA UNJ dengan Program Studi Usaha Jasa Pariwisata. Saya sangat bersyukur, senang, dan Alhamdulillah luar biasa semua usaha yang telah Saya lakukan tidak sia-sia, serta semua doa dan dukungan dari orangtua Saya telah di kabulkan oleh Allah SWT. Saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada-Nya.
       Semua kenangan, pengalaman manis pahit, dan perjalanan kehidupan semasa Saya menduduki bangku di jenjang pendidikan akan selalu Saya ingat. Setiap masa sekolah, setiap tempat mempunyai cerita masing-masing. Dan Saya percaya bahwa SMA adalah masa-masa yang paling indah dan menyenangkan selama Saya hidup 18 tahun ini. Namun Saya menyadari bahwa perjuangan dan pengalaman Saya masih panjang, masih banyak rintangan yang harus Saya hadapi dari Kuliah, hingga Bekerja. Sekarang Saya melanjutkan kembali pendidikan Saya sebagai Mahasiswi di Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dengan Program Studi Usaha Jasa Pariwisata. Saya berusaha dan berharap kedepannya Saya tidak salah mengambil langkah, dan insya Allah dengan semangat yang tinggi Saya akan menyelesaikan tanggung jawab serta kewajiban Saya sebagai mahasiswi Usaha Jasa Pariwisata UNJ selama 3 tahun. Aamiin.



Kelas A-Zasqia Khairani Rianti

5 komentar:

  1. Saran saya buat saudari zasqiazasqia yaitu janganlah mudah menyerah dalam menajalni hidup

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran untuk ananda Zasqia, untuk ke depannya dalam menulis harus lebih di perhatikan ke efektivitas kalimatnya, agar dibaca lebih baik. Sukses selalu.

      Hapus
  3. Perjalanan hidupnya monoton dari sd sampai sma. Mudah2an setelah anda kuliah perjalanan hidup anda menjadi berwarna, dan mempunyai pengalaman yang menarik. Satu lagi, sepertinya anda harus fokus jika mengerjakan tugas

    BalasHapus
  4. Autobiografi yang baik. Baik dalam menyusun kalimat dan terlihat detail. Sehingga pembaca mudah memahami maksud dari pengarang. Sukses selalu!

    BalasHapus