Rabu, 07 Oktober 2015

Tugas-1 Autobiografi Rama Septian Hidayat

18 Tahun Kenangan Suka dan Duka

Hai kawan-kawan perkenalkan. Nama saya Rama Septian Hidayat saya lahir di Jakarta, 10 September 1997 saya di lahiran oleh orangtua saya yang bernama Ru’yat dan nurjanah. Saya di besarkan di Jakarta dan kultur saya karena saya dari kecil di Jakarta jadi biasa dengan kebudayaan betawi karena saya juga keturunan orang Jakarta. Ayah saya bekerja sebagai wirausaha dan ibu saya sebagai ibu rumah tangga. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara.

             Pada masa diriku dahulu kecil aku sangat senang bermain mulai dari umurku 1 tahun aku di ajarkan untuk berjalan dan berbicara walaupun dulu aku tidak faseh berbahasa atau biasa di sebut oleh orang adalah cadel. Aku sangat senang bermain dengan tetangga sebelah rumahku bahkan seperti sahabat dimasa kecilku dulu. Aku sangat senang saat dulu di belikan mainan oleh ayahku walau sering ibuku melarangku membeli banyak mainan. Dan dahulu aku sangat suka jalan-jalan ke mall karena aku bias melihat berbagai macam benda modern disana.

            Pada usiaku beranjak 4 tahun aku sudah mulai di perkenalkan untuk belajar membaca dan menulis karena persiapan untuk masuk Taman Kanak-Kanak. Dan jarak dari rumahku ke TK lumayan jauh menurut anak kecil se-usiaku dulu. Jadi saat aku berangkat sekolah aku di antar oleh ayahku menggunakan vespa dan itu terasa sangat menyenangkan.Aku sangat senang sekolah pada saat itu karena aku bisa mengenal teman baru. Pada saat bel pulang sekolah aku sering terlambat saat di jemput oleh ayahku dan aku suka menangis bila terlambat di jemput tetapi itu tidak mengurangi rasa semangatku untuk sekolah. Terkadang pula ayahku jarang untuk menjemputku pulang jadi ayahku sering meminta tolong pamanku untuk menjemputku dikarenakan ayahku bekerja jadi sedikit sibuk tapi dia tetap menyempatkan waktunya untuk keluarga tercinta.

            Saat aku mulai tumbuh lebih besar di umur ke 6 tahun aku dimasukan Sekolah Dasar letaknya tidak terlalu jauh dari rumah dan aku harus mandiri untuk sekolah kali ini tidak ada antaran dan jemputan lagi. Aku senang bisa mengenal teman-teman baru di sekolahku. Tidak hanya itu di sekolah dasar sudah di mengenal istilah ranking untuk murid terbaik atau terpintar jadi kami berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai terbaik agar kami bisa mendapatkan ranking di kelas. Pada masa-masa ini lah pertemananku mulai berjalan mungkin mengenal suka dan tidak suka, kadang kami suka berantem karena makanan atau sesuatu hal yang kecil. Pada saat ini kami mengenal kerja sama dan saling membantu satu sama lain.

            Aku dan teman-temanku sering bermain keluar. Karena dahulu lapangan masih banyak dan kendaraan juga masih jarang kami bermain sampai lupa waktu. Dari mulai pulang sekolah di siang hari kami bermain sampai matahari mulai tenggelam kami baru pulang kerumah masing-masing. Di masa itu aku merasa sangat senang karena aku dan kawan-kawan bisa bermain tanpa adanya beban dari diri masing-masing karena dengan bermain bersama-sama itu sangat membuat hati bahagia dan membuat pengalaman yang menyenangkan. Dari mulai musim layangan sampai musim permainan modern seperti tamiya kami mainkan bersama sampai kita semua menjadi sahabat.

            Kita semua tumbuh dewasa sampai saatnya aku lulus dari sekolah dasar dan menyambung sekolahku ke Sekolah Menengah Pertama. Dan disana aku mendapat pengalaman baru saat aku dan teman-teman baruku melewati masa Masa Orientasi Siswa(MOS) karena dahulu pada waktu sekolah dasar tidak ada yang namanya di MOS dan pada masa itu kita bisa mengenal dekat teman satu angkatan yang sangat banyak. Dan pada masa SMP di sana lah tempat bersarangnya yang di namakan cinta monyet. Bahkan tidak jarang teman satu angkatanku sudah mengenal berpacaran sedangkan aku belum tau apa-apa tentang hal tersebut karena yang aku tau dahulu adalah kebahagiaan bermain bersama teman-temanku

            Pada masa SMP aku sangat senang bermain Game Online dikarenakan pada saat itu warnet sedang Booming dan banyak orang membuka bisnis warnet yang banyak di gunakan oleh anak se-usiaku untuk bermain game online. Saat itu memang sangat menyenangkan bermain warnet bersama sahabat-sahabatku sampai pula lupa waktu seperti bermain di lapangan hanya saja sekarang hanya duduk dan menatap komputer dan tidak lari-larian lagi. Dan sejak aku kecanduan bermain game online mataku mulai rabun karena sering begadang hanya untuk bermain game online. Sampai-sampai aku hampir telat sekolah dikarenakan bermain game online terlalu larut malam di warnet kadang sampai orangtua ku memarahiku karena aku pulang terlalu malam. Dan semenjak itu nilai ku turun di smp dan jarang mendapatkan ranking di smp.

            Ada saat yang menyenangkan di waktu aku bermain game online dimana saat aku tenar walau hanya tenar di game online tersebut tapi membuatku bangga karena aku dan sahabat-sahabatku dikenal oleh banyak orang di game tersebut dan kami suka mengadakan gathering untuk bertemu antar gamers game online tersebut. Suatu saat aku dan sahabat-sahabatku di undang oleh pihak game untuk mengisi tournament game online di suatu tempat mall baru di daerah pluit yang pada saat disana kami merasa kalo kami sangat masih sangat kecil karena yang dating bukan anak sepantaran kami melainkan orang-orang kuliah dan pekerja yang main game online, aku dan sahabat-sahabatku disana tercengang karena kami harus berhadapan tournament melawan orang dewasa yang lumayan menjadi perhatian orang-orang yang sedang berada disana. Dan pada akhirnya aku dan sahabat-sahabatku bisa memenangkan pertandingan dengan memenangkan Juara 2 pada tournament tersebut. Dan kami pun pulang dengan membawa hadiah uang dan barang yang akhirnya kami serahkan kepada orang tua kami.
(SMP kelas 8)
(SMA kelas10)
              Masa-masa SMP sangatlah menyenangkan dimana kita di masa tersebut mengalami pubertas dan menyukai lawan jenis satu sama lain. Pada saat itu waktu aku sudah kelas 3 SMP aku mencoba untuk merasakan apa yang teman-teman sebayaku rasakan yaitu merasakan apa itu pacaran dan bagaimana itu di lakukan. Aku mencoba dengan cara menembak atau menyatakan perasaan suka ku pada perempuan yang aku suka di sekolahku. Dan hasilnya pernyataanku di terima oleh dia dan aku mulai menjalin hubungan yang agak tidak jelas pada saat itu yang tidak tau aku harus berbuat apa dan hanya sayang-sayangan semu dimana hanya menemaninya untuk jalan-jalan ketempat-tempat yang banyak orang pacaran juga dan ya itulah pengalaman pertamaku untuk pacaran sangat menyenangkan. Tapi pada akhirnya hubungan kami putus di tengah jalan di karenakan kami akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke jenjang SMA.

            Akupun melanjutkan sekolahku ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Sekolah Menengah Pertama. Aku masuk SMA dan merasakan MOS kedua setelah merasakannya di SMP untuk pertama kalinya. Aku mulai mengenal lebih banyak teman baru dan tentunya lebih banyak perempuan cantik “hehehe”. Aku memasuki kelas 10 dengan teman-teman yang berbagai macam daerah dengan kultur sifat masing-masing yang berbeda. Aku mulai banyak mengikuti kegiatan seperti ekstrakulikuler taekwondo. Aku makin di kenal oleh satu angkatanku karena aku sangat aktif di sekolah dan juga nilai-nilai kelas 10 ku sangat baik dan akhirnya aku bisa mendapatkan ranking kembali. Dan pada masa kelas 10 aku sudah pension atau berhenti bermain game online. Bila aku pulang sekolah aku sangat sering kumpul bersama sahabat-sahabatku untuk sekedar bersantai di warung kopi sederhana dekat rumahku. Dan disanalah aku dan sahabat-sahabatku berbagi keceriaan, berbagi cerita, berbagi apapun. Dan aku sangat senang bisa mempunyai sahabat-sahabat yang dari dahulu kecil sampai sekarang selalu ada untukku.
(Trip Observasi kelas 10)

            Aku pernah berencana bersama sahabat-sahabatku untuk berekreasi di kota bandung dan akhirnya kamipun pergi bersama-sama untuk mendatangi kota bandung. Aku bersama teman-temanku mendatangi gedung sate, kawah putih, dan pasar gedebage di bandung disana kita jalan-jalan bersama melalui suka dan duka semua disana sudah kami rasakan dari mulai nyasar sampai hampir kehabisan uang, tetapi kami akhirnya kami pulang dengan selamat dan memiliki pengalaman masing-masing yang bahagia.
(Kawah Putih Bandung)

            Haripun makin berlalu dan aku sudah berada di kelas 2 SMA dimana keadaan yang lebih cenderung tidak baik. Karena aku sudah mulai jenuh dengan pelajaran yang ada dan tidak ada hal yang menarik lagi bagiku dan disana aku sudah jarang melakukan kegiatan apapun sampai-sampai aku berkumpul dengan teman sekolahku pun jarang dan aku makin kelamaan di jauhi oleh teman-teman sekolahku, aku tidak lulus tes menjadi osis dan aku tidak menjadi murid teladan lagi, tetapi semua itu tidak membuatku takut karena aku mempunyai sahabat-sahabatku yang selalu menemaniku yang selalu ada kapanpun dan disitu saya mengerti arti persahabatan tidak hanya persahabatan biasa tetapi kita menjadi keluarga besar yang dimana nantinya akan kita bangun masa depan bersama.

            Aku sudah mulai lelah dengan apa yang aku punya pada saat ini entah apa yang terbesit dipikiranku dan sahabat-sahabatku mengidekan untuk menanjak gunung. Untuk pertama kalinya ini pengalamanku menanjak gunung. Aku pergi ke gunung papandayan yang kata kebanyakan orang itu adalah gunung pemula bagi orang-orang yang mau hiking karena treknya yang lumayan mudah dan tidak banyak membutuhkan tenaga. Aku sangat senang pada saat itu karena aku bisa melihat sendiri bagaimana alam bebas itu bagaimana kita keluar dari kota yang hanya berdiri gedung-gedung mewah, tetapi disini kita bisa melihat ke aslian alam dan keasriannya yang masih terjaga. Aku dan sahabat-sahabatku berkemah 3 hari 2 malam di sana dan aku merasakan pengalaman yang luar biasa disana yaitu kita harus menjaga alam kita karena tanpa adanya alam kita bumi ini tidak terasa indah. Dan sesudah pulang aku merasakan kerinduan yang luar biasa akan sedikit pengalaman yang ada di alam seperti waktu itu. Dan akhirnya kami pulang dengan mempunyai pengalaman yang tak akan terlupakan.
(Gn.Papandayan, Garut)

Di kelas 3 pun aku masih sama seperti yang lalu tapi keadaan semakin membaik karena aku mempunyai sahabat di sekolah tetapi tidak pula seperti sahabat dirumah hanya saja mereka hanya menemani saat ada di sekolah bersama-sama saat ada di sekolah. Aku mulai serius belajar karena menjelang ujian akhir yang nilainya menentukan aku untuk lulus dan melanjutkan aku ke Perguruan Tinggi. Dan pada saat itupun sudah tidak ada kisah cinta monyet lagi dan yang ada hanya keseriusan untuk mencapai perguruan tinggi negeri. Semua usaha dan doa aku jalankan supaya aku mendapatkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Aku ingin bisa lebih dari sahabat-sahabatku karena mereka semua berharap agar aku bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Dan pada saat hasil ujian nasional sangat tidak memuaskan bagiku walaupun begitu aku harus tetap bersyukur aku bisa lulus sekolah dan melanjutkan tes untuk di perguruan tinggi negeri.

            Aku mengikuti 3 tes untuk mendapatkan perguruan tinggi negeri. Tes yang pertama melalui seleksi nilai yaitu SNMPTN aku gagal karena dari nilaiku yang kalah saing oleh SMA lain yang lebih baik. Dan akupun mengikuti tes SBMPTN untuk mendapatkan perguruan tinggi negeri dan aku ternyata gagal juga. Pada saat itu aku sudah pasrah untuk tes terakhir yaitu Ujian Mandiri yang aku daftarkan diriku di Universitas Negeri Jakarta. Yang akhirnya ternyata aku lulus dan di terima disana, akupun sangat senang dengan hasil tersebut dan aku ingin memperbaiki dan menuntut ilmu sebaik mungkin disana sebagaimana aku menuntut ilmu di masa-masa sebelum aku dan aku sangat berharap pada masa-masa besok akan lebih baik dari masa-masa kemarin.
         Mulai dari memasuki kelas baru menjadi saling kenal dengan teman-teman baru dan makin banyak kenal dengan dosen-dosen dan ada yang menyenangkan dan ada yang tidak karena mereka semua mempunyai karakteristik masing-masing. Tugas-tugas makin banyak di berikan dan kerja kelompok marak di lakukan dan juga agar kita semua makin dekat. Banyak sekali event-event di kampus yang sangat menarik dari mulai Kegiatan Mahasiswa sampai event yang di buat oleh kampus sendiri. Aku akan terus belajar dan berusaha agar ilmu yang ku peroleh bisa bermanfaat dan berguna bagi semua orang. Semoga Perkuliahan ku bersama kawan-kawan seperjuanganku di mudahkan :) Terima Kasih
(Salam Untuk Pariwisata UNJ)

Nama : Rama Septian Hidayat (4423154514)
Kelas : Usaha Jasa Pariwisata A 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar