Minggu, 11 Oktober 2015

Tugas 1- Autobiografi Jesika Melyana Siringoringo

18 Tahun Perjalanan penuh Kenangan 

Nama saya Jesika Melyana Siringoringo, biasa dipanggil Jesika. Saya lahir di Bekasi, 10 Mei 1997. Ayah saya bernama Marlon Siringoringo dan Ibu saya bernama Rumaslan Sinaga. Ayah dan Ibu saya berasal dari Sumatera utara tepatnya di Pulau Samosir. Ayah saya bekerja sebagai Wiraswasta dan Ibu saya sebagai Ibu Rumah Tangga. Saya anak pertama dari tiga bersaudara. Saya tinggal bersama kedua orang tua saya  Kabupaten Bekasi, tepatnya di Perm.Borobudur Jalan Mendut Raya Blok H1 No.1. Hobby saya adalah menyanyi,olahraga dan mendngarkan musik.
          Selama 18 tahun Saya dilahirkan, Saya memiliki banyak kenangan yang indah bersama keluarga dan teman-teman saya.  Mulai dari saya Bayi,TK (Taman kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), dan SMA (Sekolah Menengah Atas). Saya akan membagi pengalaman dan kenangan terindah saya selama 18 tahun saya lahir di dunia

Masa Bayi


  


       Foto ini diambil orang tua saya ketika saya berusia 5 bulan dan 7 bulan. Orang tua saya berkata pada saat saya bayi jika saya sangat gemuk dan berisi.



Ini adalah foto saya dengan ibu saya. Foto ini diambil pada malam hari di halaman rumah saya.  Ibu saya bercerita pada saat saya kecil saya mudah sekali tertawa dan sangat senang di foto. Maka dari itu saya memiliki banyak sekali foto-foto pada saat saya kecil.





Ini adalah foto saya dengan ayah saya ketika saya
Berusia kuranhg lebih 1 tahun. Foto ini diambil di ruang tamu
rumah saya.
         




          Foto ini diambil disaat saya berumur 2 tahun 8 bulan. Foto yang pertama yang memakai gaun pada saat itu saya berfoto dengan tante saya yang datang berkunjung dari sumatera utara tepatnya pulau samosir. Pada saat itu saya memakai baju gaun karena saya akan pergi ke gereja saat adik saya akan di babtis.
          Foto yang kedua saya masih berumur 2 tahun 8 bulan. Foto itu di ambil di Taman mini pada saat saya dan keluarga pergi jalan-jalan.


Masa TK (Taman Kanak-Kanak)


          Saya masuk TK pada usia 5 tahun di TK Setia tepatnya di Bekasi. Saat saya kecil saya sangat manja dengan ibu saya sehingga pada saat saya awal masuk TK saya selalu meminta kepada ibu saya untuk menunggu saya sampai pulang sekolah. Namu berselangnya waktu ibu saya tidak menunggu saya lagi tetapi mengantar jemput saya. Suatu hari ibu saya telat sekali menjemput saya di sekolah dan saya ketakutan dan akhirnya saya menangis sampai ibu saya datang.
          Pada saat saya TK saya memiliki teman yang baik da kelakuannya lucu. Saat TK saya memiliki teman dekat bernama Hans,Annita,Indah,Fandhi dan Shinta. Saya sering bermain bersama mereka pada saat jam istirahat.
          Saat saya TK saya juga sering mengikuti lomba seperti lomba menyanyi,menari,menggambar, dan mewarnai tingkat kecamatan. Saya pun dapat juara 1 lomba mewarnai dan juara 2 lomba menyanyi tingkat kecamatan.

Foto Kelas pada saat TK




       

Masa SD (Sekolah Dasar)
          Pada tahun 2003 saya masuk Sekolah Dasar di SD Setia. SD setia ini berlokasi tidak jauh dari rumah saya. Pada saat saya kelas 1 wali kelas saya di SD adalah Bu Dame., saat kelas 2 adalah Bu Sianturi tetapi beliau sudah Almarhum. Pada saat kelas 3 adalah Bu Rosta , beliau merupakan guru yang paling cantik di SD Setia. Pada saat saya kelas 4 adalah Bu Ida, kelas 5 adalah Bu Meilin dan Kelas 6 adalah Pak Edison.
        
  Saat SD saya memiliki teman-teman yang banyak sehingga tidak dapat saya sebutkan. Saat SD teman dekat saya yaitu Nadya,Citra,Siska,Yemima,Kezia dan Ancely.


Ini salah satu foto di Museum Asia Afrika pada saat mengunjungi beberapa museum di Bandung.











Ini adalah foto kelas 6A





Masa SMP (Sekolah Menengah Pertama)
          
  Saya lulus SD pada tahun 2009 dan saya melanjutkan pendidikan saya ke jenjang SMP. Pada umur 11 tahun saya melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 11 Bekasi. SMPN 11 Bekasi berlokasi tidak jauh dari rumah saya kurang lebih 1 km. Selama saya SMP saya memiliki banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan. Saya di SMPN 11 menjalani kehidupan layaknya seperti pelajar pada umumnya, saya mengikuti extracurricular di SMP saya yaitu PMR. Saya mengambil extracurricular PMR karena saya menyukai hal yang berbau tentang kesehatan dan menolong orang, maka dari itu saya tertarik dan mau mengikuti PMR sampai lulus. Di PMR saya dapat belajar bagaimana cara pertolongan pertama bagi seseorang dan saya dapat belajar sumber apa saja yang bisa dijadikan obat herbal.
Selama saya menimba ilmu di SMPN 11 Bekasi saya cukup banyak mengalami pengalaman buruk dalam pertemanan. Tetapi untungnya saya dapat berteman dengan orang-orang yang baik,pengertian dan saling membantu satu sama lain.Saya di SMPN 11 saat kelas X saya memiliki teman dekat bernama Vidya,Fina dan Doddy. Lalu pada saat kelas XI saya memiliki teman dekat bernama Elvirawati,Tiara,Dessy dan Rizki Eka. Saya sangat nyaman dengan mereka karena mereka merupakan teman yang sangat baik dan pengertian. Pada saat saya SMP saya memiliki panggilan yang beragam yang dibuat oleh teman-teman saya seperti Jejes dan Jesik. Saya juga sering di panggil Dora karena rambut saya yang pendek.

Ini adalah foto saya dan teman-teman saya Selama SMP





Masa SMA (Sekolah Menengah Atas)
            

Saya lulus SMP pada tahun 2012. Pada saat saya lulus SMP saya ingin melanjutkan ke SMA Negeri namun orang tua saya berkata jika saya lebih baik melanjutkan ke SMA Swasta. Setelah mempertimbangkan dari segala aspek dan saya pun memantapkan keinginan saya untuk masuk SMA Swasta terbaik. Akhirnya saya masuk SMA Ananda Bekasi. SMA Ananda merupakan Sekolah Buddhist yang sebagian besar siswanya menganut agama Buddha. Di SMA Ananda saya mengikuti extracurricular yaitu Paduan Suara. Saya mengikuti extracurricular paduan suara karena hobby saya menyanyi.
            Pada awal tahun ajaran saya masuk di kelas 10.4. Pada awal masuk saya hanya mengenal teman-teman MOS saja. Seiring waktu saya bisa beradaptasi dengan teman-teman yang lainnya dan pada akhirnya saya nyaman dengan kelas 10.4. Di kelas X.4 saya memiliki teman dekat yaitu Bonita,Gracia,Elizabeth,Putri,Dea an Aldo. Mereka adalah teman yang sangat menghibur Karena mereka adalah orang-orang yang humoris.
Masa SMA adalah masa-masa yang paling indah di dalam hidup saya. Karena di SMA saya dapat merasakan apa arti persahabatan yang sesungguhnya. Saya bisa merasakan bagaimana pertemanan yang memiliki solidaritas dan kepedulian yang tinggi. Begitu indahnya persahabatan di SMA Ananda karena persahabatan yang tulus tanpa memandang seseorang dari berbagai aspek seperti ras,kekayaan,fisik dll.
Seiring waktu berjalan sampailah ke akhir tahun ajaran dan waktu nya murid-murid SMA Ananda pergi study tour dan perpisahan kelas. Pada waktu itu kelas X.4 perpisahan untuk kelas pergi ke salah satu rumah makan di bekasi disini kami semua membuat acara sedemikian rupa unik dan mengesankan. Karena kami membuat acara perayaan ulang tahun untuk bulan Mei jadi bagi siswa-siswi yang berulang tahun bulan Mei akan diberikan kejutan. Kejutan nya seperti candle light dinner jadi setiap siswa yang berulang tahun akan melewati rangkaian lilin yang menyala dan diujung rangkaian lilin tersebut terdapat sebuah kue ulang tahun, mereka harus menyebutkan permintaan mereka di ulang tahunnya dan meniup lilin. Setelah semuanya selesai lalu kami semua merayakannya dengan makan besar-besaran dan berbagi cerita satu sama lain.

Ø  Ini adalah foto yang diabadikan saat di rumah makan

            Setelah Tahun ajaran 2012/2013 berakhir lalu tiba lah saat nya pada tahun ajaran baru yaitu 2013/2014. Tahun ajaran baru ini saya masuk ke jurusan IPA dan pada saat pembagian kelas saya masuk ke kelas 11 IPA 2. Awal masuk tahun ajaran  baru saya sangat sedih Karena saya berpisah dengan semua teman saya di kelas 10.4,tapi saya dapat beradaptasi kembali dengan kelas saya. Saya  bersyukur bisa masuk kelas 11 IPA 2 karena kelas ini adalah kelas yang paling nyaman. Semua siswa dikelas 11 IPA 2 sangat menyenangkan.
Kelas 11 adalah kelas yang ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi karena saat kelas 11 akan diadakan “Live In” Live in adalah dimana kita hidup di lingkungan masyarakat pedalaman untuk mengetahui dan ikut berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari supaya kita lebih tau dan lebih menghargai kehidupan yang sesungguhnya.
Saya live in ke Yogyakarta tanggal 21 oktober sampai 26 Oktober. Di Desa Banjoraya kab.kulonprogo kec.protonalan. Saya ke Yogyakarta dengan naik bus pariwisata, saya dan teman-teman berangkat pukul 17.00 dari SMA Ananda. Saya melakukan perjalanan ke Yogyakarta kurang lebih 24 jam.  Saya dan teman-teman terlebih dahulu ke tempat wisata yaitu Pantai Parangtritis dan Tempat perbelanjaan yaitu Malioboro.


Ø  Pantai Parangtritis







Saya sampai di desa banjoraya pada malam hari pukul 19.00. Lalu saya dan 2 teman saya dijemput oleh orang tua asuh untuk datang dan menginap dirumahnya. Orang tua asuh saya bernama Bu Natilah ia tinggal bersama anak dan menantunya serta cucunya yang bernama nila berumur 5 bulan. Keesokan harinya dan seterusnya saya membantu bu natilah melakukan aktivitasnya sehari-hari. Bu natilah bekerja sebagai pembuat Gula Jawa dan Penetasan telor bebek. Saya membantu bu natilah melakukan aktivitasnya dari menyapu,mencuci piring, mencuci baju,memasak,membuat gula jawa, dan penetasan telor. Saya melakukan aktivitas rutin tersebut selama 3 hari. Setelah 3 hari saya membantu bu natilah, tibalah saatnya saya berpisah dengan bu natilah dan keluarga. Mereka sangat baik kepada saya dan 2 orang teman saya yaitu kezia dan siska. Bu natilah adalah orang yang luar biasa  disamping umurnya yang sudah rentan, ia masih melakukan aktivitasnya dengan selalu bersyukur dan penuh semangat. 


Ø  Foto bersama Bu Natilah dan Cucunya Nila
Setelah berpisah saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan pulang namun sebelum kembali ke Bekasi saya berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta yaitu Sendangsono dan Candi Borobudur. Pengalaman ini sangat mengesankan bagi saya karena saya dapat merasakan bagaimana hidup menjadi orang lain. Disini saya belajar untuk hidup mandiri dan sederhana. Saya mendapat pelajaran yang berharga pada Live ini ini yaitu Dalam hidup ini harus selalu bersyukur dalam keadaan apapun, Janganlah mengeluh dalam kesusahan tetapi harus berusaha untuk melawati kesusahan tersebut.
      
Seiring berjalannya waktu tiba saat nya pergantian tahun ajaran 2013/2014. Pada saat akhir tahun ajaran saya dan teman-teman paduan suara mengisi acara Graduation untuk kakak kelas.
Ø  Foto dengan teman-teman Paduan Suara dan Bu Yuli.


          
Karena di Tahun ajaran ini saya semakin dekat lagi dengan teman-teman dan saling mendukung satu sama lain, tetapi di Tahun ajaran ini juga saya akan menghadapi UN (Ujian Nasional) hal yang paling di takuti oleh para siswa. Saya pun dapat melewati UN dengan lancar, dan dapat melihat kata “LULUS” dari surat kelulusan. Kebahagiaan muncul membuat saya tak berhenti tersenyum. Disamping kebahagiaan yang tak henti-hentinya tetapi ada kesedihan yang muncul di hati saya yaitu saya akan berpisah dengan teman yang sudah saya anggap seperti keluarga.

Perpisahan pun semakin mendekat acara Graduation Siswa-Siswi SMA Ananda Angkatan 2015 telah sampai pada harinya. Kebahagiaan kesedihan muncul bersamaan. Saya dan teman-teman mengisi acara Graduation dengan menyanyi lagu perpisahan .

Akhirnya sampailah saya pada Tahun ajaran 2014/2015.  Saya masuk di kelas 12 IPA 2. Tahun ini merupakan tahun yang paling menyenangkan selama SMA tetapi juga menakutkan. Akhirnya saya pun dapat melewatinya. Mendekati detik-detik perpisahan saya dan teman sekelas pun membuat foto bersama dan membuat rencana pergi perpisahan sekelas di Puncak Bogor, Villa Cimacan. Disana dibuat acara yang senyaman mungkin untuk acara perpisahan kelas 12 IPA 2. Jalan-jalan ke puncak di buat untuk mempererat tali kekeluargaan 12 IPA 2. Disana dibuat Award untuk kategori-kategori yang sudah di tentukan. Kategori itu di buat sesuai dengan karakter/sifat dari masing-masing siswa 12 IPA 2 yang paling menonjol. Award tersebut di vote oleh siswa  12 IPA 2 sendiri dan saya mendapatkan  Award untuk kategori Siswa 12 IPA 2 “Tersabar”.

*Foto Kelas Untuk Buku Kenangan










   * Villa Cimacan







  



Graduation sudah didepan mata dan ini adalah masa dimana saya akan dilepas dari SMA Ananda.



Ø  Foto Graduation








Seminggu setelah Graduation saya pun mengikuti acara perpisahan satu angkatan di Lembang. Saya pergi ke Lembang dengan tempo waktu 2 hari 1 malam di sebuah Villa. Saya juga ke tempat wisata De’ranch tepatnya wisata kuda dan saya ke Ciater. Di Villa guru-guru saya membuat Fromnight acara perpisahan untuk yang terakhir kalinya dengan tema “A Remember to Night”. Di Fromnight setiap kelas membuat suatu persembahan untuk terakhir, dan kelas saya mempersembahkan Menyanyi pergroup di selingi dengan dance hiphop. 

Ø  Pada saat saya di De’ranch
 







Ø  Saat Fromnight




Setelah perpisahan berlalu kesedihan pun muncul karena akan berpisah dengan sahabat-sahabat saya. Tetapi ini bukanlah perpisahan untuk selama-lamanya melainkan dipisahkan oleh jarak dan waktu, suatu saat saya dan teman-teman bisa bertemu lagi kapanpun.

Berlalu dari perpisahan saya melanjutkan perjuangan saya dalam mengikuti test SBMPTN namun hasilnya mengecewakan saya karena saya tidak lulus dalam test tersebut. Saya tetap melanjutkan perjuangan saya dalam test PENMABA UNJ. Saya memilih jurusan dengan pemikiran yang matang dan prospect untuk kedepannya. Saat pengumuman tidak di sangka saya dapat lulus PENMABA UNJ dengan Prodi Usaha Jasa Pariwisata. Rasa syukur yang teramat dalam karena bisa lulus dalam test.

Setelah melakukan veifikasi data dan mengikuti OSPEK/MPA akhirnya saya resmi menjadi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.




Saya berharap dengan jurusan yang saya pilik bisa menjadi gerbang untuk menuju kesuksesan yang saya inginkan dan saya berharap saya bisa lulus dengan tempo waktu yang sudah di tetapkan. Amin.



Jesika Melyana Siringoringo
 Usaha Jasa Pariwisata (A)

7 komentar:

  1. Wahhh ada muka gw jes. Wkwkwkwkwk 🙋🙋🙋

    BalasHapus
  2. Cerita2 yang terakhir bikin baper jess😂

    BalasHapus
  3. Cerita2 yang terakhir bikin baper jess😂

    BalasHapus
  4. bolehh juga ceritanyaa wkwkwkwk ama fotonya jugaa boleh" :p

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. sangat interesting jes Autobionya (y) Go Ahead !!!

    BalasHapus
  7. Foto waktu balitanya lucu bgt jes gemesiinnnnnnn hehe

    BalasHapus