Kamis, 08 Oktober 2015

Tugas-1 Autobiografi Ilham Akbar Tando

18 Tahun yang penuh Keceriaan, Suka dan Duka

Nama saya Ilham Akbar Tando, Saya lahir di Jakarta, 4 Desember 1997, Saya anak kedua dari tiga bersaudara, Ayah saya bernama Maimara Ado Tando dan Ibu saya bernama Revi Sari Dewi Assegaf. Saya adalah pernakan dari dua ras yang saling bermusuhan (Cina & Arab). Abang saya yang laki-laki bernama Muhammad Alwan Tando dan Adik saya yang perempuan bernama Alma Aisyah Tando, Abang  saya sekarang kuliah di Universitas Darma Persada jurusan Bahasa Jepang dan Adik saya bersekolah di SMAN 44 Jakarta.

Sebelum menceritakan, saya akan menceritakan bagaimana saya lahir. Ayah saya pernah bercerita waktu saya lahir saya mendapat suatu penyakit yang lumayan parah sehingga saya harus di tusukan banyak jarum di kepala saya dan berbagai selang di badan saya, ayah saya bilang kalau waktu itu saya sudah tidak punya kesempatan hidup jadi dia berdoa kepada Allah bahwa kalau saya bisa terus hidup dia akan membuat saya bahagia terus dan memenuhi kebutuhan saya. Terjawab lah doa nya ayah saya, saya berhasil sembuh setelah menjalani 2 operasi. Tapi saya bersyukur walaupun ayah saya bilang dia akan terus memenuhi kebutuhan saya, saya lebih suka memenuhi kebutuhan saya dengan penghasilan saya sendiri bukan dari orang tua. Singkat cerita setelah ayah saya mendengar perkataan saya dia pun bilang agar saya menjadi seorang pengusaha. Semenjak itulah ayah saya menanamkan jiwa wirausaha ke dalam diri saya sehingga sekarang saya sudah mempunyai planning untuk membuka Cafe kekinian.

Sewaktu saya berumur 3 bulan ayah saya membuang saya ke Bogor agar saya tinggal bersama nenek saya karena ayah saya dan ibu saya sewaktuitu  kedua nya masih bekerja dan hanya ada 1 pembantu, agar tidak terlalu repot saya pun di titipkan oleh nenek saya yang tinggal di Bogor. Kehidupan saya di Bogor itu menyenangkan sekali,  tiap pagi di timang oleh nenek dan sore nya di ajak kakek saya berkeliling di sawah. Saat saya beranjak umur 3 tahun nenek saya mengembalikan saya lagi kepada orang tua saya karena mereka akan pindah ke Jakarta dan lagi rumah nenek saya dan ayah saya berdekatan sehingga saya pun lebih memilih tinggal bersama nenek saya. Nenek saya selalu memanjakan saya sejak saya umur 3 tahun, saat saya bolos mengaji dan ketahuan oleh ayah saya, nenek saya akan terus membela saya dengan berkata “Masih kecil.. nanti juga ada waktu nya kok..”  Makasih banyak nek! Nenek emang paling tau apa yang gue suka <3. Ehmm.. yah kurang lebih seperti itu, pada tahun 2001 saat saya berumur 4 tahun saya masuk ke TK Margalaksana yang terletak di Jl. Malaka II Gg. 6 Jakarta Timur. Di sana saya belajar menari, menyanyi, mengenal huruf dan angka, serta membaca. Kehidupan saya waktu TK sudah mengalami banyak masalah karena saya anak yang cukup bengal, saya sering berantem dengan murid lain dan juga sering memukuli anak anak SD yang sekolah di dekat sana.






Saat umur saya beranjak 6 tahun saya bersekolah di SDS Tadika Puri yang letak nya dekat dengan rumah nenek saya, pertama kali masuk ke sana saya merasa senang sekali karena teman teman nya mengasikan dan baik sekali terutama guru yang bernama ibu Retno, dia adalah guru favorit saya saat saya kelas 1 SD karena beliau adalah orang yang sangat mengerti tentang sifat saya yang tengil karena beliau lah saya mempelajari bagaimana cara nya menghormati orang, bersopan santun kepada orang lain dan juga bagaimana cara nya agar tidak cepat emosi. Dari situlah saya mulai merasa kalau berantem itu tidak ada arti dan manfaat nya, tapi pada akhir semester saya terlambat masuk pada hari senin dan di suruh berdiri dan hormat ke tiang bendera tapi aneh nya ada anak lain yang terlambat tapi di suruh langsung masuk ke kelas nya dan dari situ lah saya mempelajari mana yang adil dan mana yang tidak adil. Karena anak yang baru datang ini naik mobil sedangkan saya di antar nenek jalan kaki ke sekolah, di situlah terjadi diskriminasi dan saya sangat kesal sekali. Bu Retno yang melihat kejadian itu datang dan menyuruh saya masuk kelas sedangkan guru yang menghukum saya tidak memboleh kan saya masuk ke kelas karena terlambat. Bu Retno pun berkata kalau di sekolah ini tidak boleh ada yang nama nya “Diskriminasi” dan saya pun di antar bu Retno masuk ke kelas dan sebelum masuk ke kelas bu Retno memberitahu saya arti Diskriminasi. Keesokan hari nya saya bertemu anak yang kemarin terlambat dan di biarkan masuk ke kelas, dan ternyata dia adalah anak kepala sekolah di sana. Teringat dengan arti Diskriminasi saya datangi anak itu dan langsung saya pukuli sampai dia menjerit, akhir nya kepala sekolah pun mengeluarkan saya saat saya naik ke kelas 2. Saya pun pindah ke SDN 06 Pagi, saya merasa kalau anak sekolah negri itu lebih menyenangkan di banding swasta karena mereka tidak memandang “Kaya atau Miskin”. Saya pun menjalani kehidupan SD yang sangat menarik walaupun sering kali berantem dengan kakak kelas atau murid dari SDN 02 yang letak nya di depan sekolah saya (2 sekolah di jadikan 1). Saat kelas 5 SD lah saya pertama kali jatuh cinta dan itu lebay banget! Setiap malem tuh kebayang muka si cewe ini nama nya Amanda (nama disamarkan) saya masih takut untuk menembak dia sampai akhir nya kelas 6 saat mau lulus, saya pun bilang kalau saya cinta sama dia tapi tuhan berkehendak lain dia pun menolak dengan alasan yang NGGAK banget “maaf ya ndo, lo itu bukan tipe gue. Gue yakin nanti lo SMP pasti nemuin cewe yang lebih baik dari gue”. JLEB, rasa nya kayak lo di tabrak mobil vw kodok matic yang masih belom lunas... SAKIT!. Gue ngerti sih kenapa gue di tolak, soal nya pas SD temen temen gue gaya nya asik semua ibarat nya mereka anak gaul jaman dulu... lah gue? Gue lebih mirip anak alay nya jaman dulu yang kalau photo tuh selalu mati gaya kalau ga senyum nya kayak orang marah.

            Next, saya pun berhasil lulus dengan nem yang memuaskan (36,97 kalau ga salah) dan saya berhasil masuk ke SMP negri 213 walaupun saya masuk ke SMP yang salah.. kata ayah saya dulu itu sekolah yang paling asik dan gaul ternyata isi nya penuh dengan anak anak yang suka ngerokok sama tawuran belom lagi ada guru yang dibilang guru cabul. Tetapi ternyata saya salah, justru kehidupan SMP lah yang lebih berwarna dan saat SMP lah saya mengenal game online. Dari situ saya lebih sering bermain ke warnet daripada di rumah, kadang suka bolos saat smp hanya karena mengikuti pertandingan Point Blank di warnet tertentu dan tentu saja saya juga sering bolos, alasan ke ibu bilang nya nanti ada les di sekolah tapi besok nya saat di tanya kenapa kemarin tidak masuk saya bilang aja “kemarin saya sakit bu, saya udah suruh mama saya telpon ke sekolah kok” hanya dengan alasan begitu saja saya di anggap sakit. Dan dari situlah nilai saya menurun drastis saat kenaikan kelas 8 saya ketahuan banyak sakit nya di rapor saya dan terdapat 3 nilai merah dan 2 nilai yang pas pas-an. Dari situlah saya ketahuan kalau saya sering sekali bolos ke warnet dengan alasan sakit. Akhir nya saat kelas 8 saya menemukan teman teman baru yang suka juga bermain game online, saya pun membentuk group dengan mereka hanya untuk bermain game online bareng  tetapi kita juga sepakat agar walaupun sering bermain warnet tapi nilai tetap harus bagus. Pada saat kenaikan kelas 9 saya merasa cukup bangga dengan diri saya sendiri, kenapa tidak? Nilai saya banyak yang di atas rata rata dan hanya 1 nilai merah nya walaupun saya sering bermain warnet. Pada saat kelas 9 saya mendapat depresi berat karena Ayah saya terkena penyakit ginjal, saya selalu berpikir kalau orang terkena penyakit ginjal dan harus cuci darah terus tiap minggu itu hidup nya ga akan lama. Sampai pada puncak nya Ayah saya pun menemukan pendonor ginjal dan harus menjalani perawatan di Singapore selama 1 bulan dan selama 1 bulan ayah dan ibu saya di Singapore saya tidak masuk sekolah karena depresi berat, saya berpikir jika ayah saya meninggal siapa lagi yang bisa menafkahi keluarga? Akhir nya setelah ayah saya sembuh dan balik ke Jakarta, dia shock mendengar anak nya ijin selama 1 bulan penuh dia pun marah besar ke saya dan saya menceritakan alasan nya. Ayah dan ibu saya pun mengerti dan mereka besok nya membicarakan ke pihak sekolah tentang saya ijin selama sebulan penuh, terjadilah kesepakatan bahwa saya tidak akan di D.O jika saya bisa mengejar pelajaran yang tertinggal. Saya pun bertekad dan melupakan game online sementara sehingga akhir nya saya berhasil mendapat hasil yang memuaskan dan berhasil lulus dan mendapatkan SMA yang terbilang Favorit.
Kelas 7 bersama Teman main game online
Kelas 9 di Ultah Nenek (Emak Nyokap, nenek yang di cerita atas itu Emak nya Bokap)


                Saat pertama kali masuk ke SMAN 44 Jakarta, saya tidak mengikuti MOS di karenakan saya sedang sakit saat itu tapi yang ada di pikiran saya tuh kalau masuk SMA pasti yang kayak di film sama buku novel anak muda gitu yang seperti pacaran nya asik terus guru nya enak semua dan lain lain. Ternyata kebalikan nya justru di SMA kita di tegasin buat belajar yang tekun karena SMAN 44 termasuk SMA ternama di Jakarta. Saya pertama kali kenal dengan orang nama nya Alfian, dia bener bener tipe temen yang paling enak buat di ajak kemana aja sama ngobrol terus juga orang nya sama sama konyol mungkin dia emang otak nya miring jadi kelebihan konyol nya. Setelah 2 bulan saya belajar di SMA saya lagi lagi naksir sama cewe yang nama nya Amirah (nama di samarkan) dia tuh tipe cewe yang pendiem tapi enak di pandang, terus juga dia sholeh gitu.. ya tapi setelah 1 bulan lebih PDKT saya pun kembali di tolak dengan alasan “sorry ya ndo, gue emang ga boleh pacaran sama bokap soal nya dia takut gue nya kenapa kenapa.. maaf banget ya..”  Kenapa hidup gue selalu begini?! Berikan masa muda yang cerah buat guee. Krik.. akhir nya saya pun ga peduli lagi sama pacaran dan fokus ke belajar dan game. Tapi apa dikata, pelajaran SMA bikin mumet banget dan yang akhir nya bikin saya depresi lagi karena banyak ocehan dari para guru kalau nilai saya banyak yang merah akhir nya saya pun cari solusi agar nilai yang merah bisa di bagusin dan ternyata nilai saya merah karena sikap saya kurang baik (baju di keluarin, sepatu bebas) dan juga kurang hormat ke guru guru. Saya pun merubah cara pakaian dan belajar mentaati semua peraturan di sekolah dan hasil nya pun bagus sekali, dari guru yang benci sama saya jadi sangat menyukai saya dan selalu membantu nilai saya. Saya pun lumayan mempunyai banyak teman saat kelas 10 dan pada tanggal 9 Desember 2012 saya bikin surprise ke teman teman saya yaitu saya merayakan ultah di kelas dan mereka semua senang sekali (karena bisa makan gratisan). Tapi yang saya anggap benar benar teman hanyalah Alfian dan Musonif saja. Nah si Musonif ini orang nya rada rada.. maaf saya ga bisa jelasin, saya ga mau di santet.

Ultah saya kelas 10

                Saya pun berhasil naik ke kelas 11 dengan hasil yang cukup memuaskan walaupun ada 2 nilai yang pas pasan. Oh ya, saya benci banget dengan bahasa prancis karena guru nya emang killer terus judes parah. Saya kira pas naik ke kelas 11 karena kita di suruh milih mau IPS atau IPA pelajaran tambahan bahasa asing nya akan berubah, rumor nya mengatakan kalau kelas 11&12 pelajaran tambahan bahasa asing nya itu bahasa jepang dan saya suka banget tapi sekali lagi tuhan berkehendak lain.. pelajaran tambahan nya tetap bahasa prancis dan guru nya pun makin menggila dia bilang kalau kita harus menggabungkan buku yang lama dengan yang baru dan catatan dari kelas 10 harus lengkap dan kalau tidak lengkap di suruh mencatat ulang. Saat kelas 11 tidak banyak yang saya lakukan karena saya kelas 11 lebih fokus ke game online lagi dan nilai saya tetap stabil dan sebelum kenaikan ke kelas 12 saya membuat group yang bernama “Minority”. Group ini saya bentuk karena ada beberapa anak yang berprestasi tetapi bandel dan suka bermain game online, saya pun memasukan mereka ke group Minority dan kita menjadi Best Friend sampai detik ini.

                Saya pun naik ke kelas 12 dengan nilai yang cukup bagus, dan saya memfokuskan untuk lebih aktif bersosialisasi dan fokus ke belajar. Pada saat masuk ke kelas 12 saya kaget melihat semua teman nya sama seperti kelas 11 hanya saja wali kelas nya ganti dan kita dapet wali kelas yang parah banget.. yaitu guru prancis. Dia bilang kalau kelas 12 kalian harus fokus dan saya ga mau kalian ada yang bermasalah. Dan di kelas 12 lah saya pertama kali menyukai pelajaran Matematika karena guru nya yang gaul, keliatan masih muda dan baik banget, dan juga kelas 12 semua guru nya lebih baik daripada kelas 11. Waktu berjalan sangat singkat di kelas 12 karena terlalu banyak PR dan Ujian. Otak yang rasa nya udah pusing banget terus di tempa dengan keras agar bisa mendapatkan Universitas yang di inginkan, saya dan semua anggota Minority bikin sebuah janji kalau lulus nanti kita harus tetap chattingan dan jaga hubungan sampai dewasa. Setelah lulus kami pun berpisah, ada yang dapat di Unbraw, Unair, UI dan UNJ. Saya dengan teman anggota Minority yang bernama Maximillian dengan beruntung dapat di UNJ walaupun saya keterima di tes Mandiri sedangkan Maxi di SBMPTN. Awal nya saya sempat depresi karena tidak keterima di tes SNMPTN dan SBMPTN jalan terakhir pun melalui Mandiri, saya belajar dengan giat agar dapat di terima di UNJ dan hasil nya memuaskan, saya terpilih sebagai Mahasiswa Pariwisata yang mana itu Pilihan pertama saya dan saya merasa sangat bangga sekali ternyata jerih payah belajar saya ada hasil nya.
Sweetseventeen kelas 12

Birthday guru Matematika yang baik dan gaul kelas 12


                Saat pertama kali masuk kelas, saya sudah mendapat beberapa teman dan melihat kalau semua Dosen nya mengasikan dan ga akan bikin bosen saat belajar dengan mereka. Sekarang tugas saya sudah lumayan banyak maupun itu praktek, observasi, dll. Saya merasa ini perjalanan awal saya menuju kesuksesan. Karena dunia pariwisata itu luas sekali, dan kalau kita tahu cara memanfaatkan nya kita akan menjadi salah satu orang yang sukses!


Ilham Akbar Tando
Usaha Jasa Pariwisata 
Kelas A


1 komentar:

  1. Maksudnya apaan do -_- santet2 dasar siluman hamster wkwkwkkw,gmna kabar lau

    BalasHapus