Kamis, 08 Oktober 2015

Tugas 1 - Autobiografi Anisa Rizki Putri



A. HARI LAHIR
Di saat adzan berkumandang tepat pada tangggal 20 Septembet 1997 di sebuah rumah sakit di salah satu kota di Jawa Barat yang dikenal sebagai kota hujan. Bogor, di kota itu lah aku di lahirkan dari pasangan suami istri (Tri Mujiono - Wita Azis) yang diberi nama Anisa Rizki Putri. Nama itu diartikan "seorang anak perempuan yang membawa rezeki untuk keluarganya. aku terlahir dengan bobot 36 kg dan panjang 52 cm. setelah aku lahir ayahku mengumandangkan ikomah di telingaku. dan aku resmi menjadi seorang muslimah.






B. BALITA
Tak lama setelah aku lahir aku dan keluargaku pindah ke Jakarta dan memulai masa kecil disana. aku dididik dan mulai berkembang hingga aku tumbuh menjadi seorang balita yang menggemaskan. saat aku berusia 3 tahun aku dan sekeluarga pindah dari Jakarta menuju Bandar Lampung karna urusan pekerjaan ayah. disana aku memasuki taman kanak-kanak Perwanida, disana aku diajarkan menulis,membaca,bermain dan berlari.





C. MASA SD
hingga usiaku 5,5 tahun orangtuaku memasukan aku ke sekolah dasar. nama sekolahnya adalah SD Negeri Tanjung Agung, aku punya beberapa pengalaman buruk disekolah itu. aku bahkan pernah di jadikan bahan bulan-bulanan oleh anak-anak kelas 4 sampai kelas 6 karena memang saat itu aku terkenal anak yang mudah menangis. aku pernah dengan sengaja dikunci dari luar oleh mereka hingga menyiramku sampai basah. dulu aku mempunyai bentuk rambut yang lucu sehingga mereka kadang suka dengan tiba-tiba menarik rambutku dari belakang dan itu sangat sakit. Tahun berganti tahun, gangguan mereka pun berkurang seiring dengan kelulusan mereka.


Masa sekolah dasarku belum berakhir. Ketika itu pekerjaan menuntut ayahku untuk pindah ke kota Padang hingga akhirnya aku pindah sekolah. Di Padang lumayan berbeda dengan di Lampung, aku lebih banyak memiliki teman dan aku mulai lihai bergaul. selama di Padang,keluargaku selalu rajin mengajakku keliling kota seperti mengelilingi pantai,objek wisata dan berwisata kuliner. Oleh-oleh khas Padang yang paling kusukai adalah kripik balado. Disekolah aku mulai aktif belajar dan bergaul sampai tak terasa aku sudah menginjak semester akhir kelas 6 dan aku lulus dengan nem 8,0.

D. MASA SMP
Setelah aku lulus SD bertepatan dengan kepindahan tugas kembali ayahku menuju Batam, disaat itu aku diterima di SMP Negeri 31 Batam yang beralamat di komp. Anggrek Sari. saat sedang menjalani ospek, ada satu pengalaman yang tidak bisa kulupakan yaitu harus makan permen lolipop dan bergantian dengan yang lain. Yang kedua berguling guling ditengah matahari dan yang terakhir adalah menyatakan cinta kepada senior. Memang memuakkan tetapi cukup lucu untuk diingat kembali. Di SMP pun aku aktif menjadi seorang pelajar baik dalam bidang akademis maupun olahraga. hal ini dibuktikan dengan prestasiku dalam menjuarai lomba basket putri tingkat kota Batam dan timku mendapat juara ke 2.


Tak hanya belajar saja yang kudapat pada masa itu, aku juga belajar bagaimana mencari uang. Usiaku 13 tahun waktu itu aku sudah bekerja sebagai SPG disalah satu brand makanan. masih terlalu muda dan masih terlalu kecil pendapatannya tetapi saya bersyukur bisa jajan dengan uang hasil jerih payah sendiri.


Waktu terus berjalan hingga akhirnya memasuki tahun ke tiga SMP. Kegiatan ku mulai dipadati dengan bimbingan belajar agar bisa menghadapi Ujian Nasional dengan nilai yang baik. saya mendapat bimbingan belajar dari primagama Batam dan mulai intensive. tak hanya intensive,disekolah juga mengadakan kegiatan pemantapan setelah pulang sekolah. kegiatan itu terus dilakukan,menjalani try out pertama hingga try out keempat dan alhamdulillah try out ku tidak pernah menurun.


















E. MASA SMK
Hari Ujian nasional telah tiba, 3 hari berjuang dan berujung pada hasil yang maksimal. Setelah itu diadakan perpisahan di gedung politeknik negeri Batam. Hasil UN keluar setelah seminggu dan segera mendaftar ke tingkat selanjutnya. Pada titik ini akupun bingung memilih antara SMA atau SMK. akhirnya saya lebih memilih SMK karena dalam pikiran saya lulus SMK bisa langsung kerja. Saya diterima di SMK Negeri 2 Batam jurusan Usaha Jasa Pariwisata karena memang saya suka jalan-jalan dan saya berniat untuk menggapai cita-cita untuk keliling dunia.






Sayangnya tidak bertahan lama karena ayahku dipindahtugaskan lagi kembali ke Jakarta. perasaanku sedih karena akan meninggalkan kerabat-kerabat yang sudah kukenal. tahun 2013 akhirnya kami sekeluarga kembali ke Jakarta. Akupun melanjutkan studiku di SMK Jayawisata 1 Jakarta mengambil jurusan yang sama.

Pengalaman menarik tak kalah banyak disini. Di sekolah ini,aku diajarkan mata pelajaran guiding,ticketing,tour planning dan reservasi. Semester 4 aku menjalani program yaitu PKL di industri. Aku mendapat tempat kerja di tour and travel di daerah Gunung Sahari yaitu Genta Tour and Travel. Selama PKL aku belajar banyak hal mengenai biro perjalanan dan membuat paket tour. Pengalaman pemanduan juga sudah 2 kali saya dapatkan di sini . Saya itu saya memandu siswa-siswi sekolah di Harapan Indah untuk berkeliling kota Jakarta beserta objek wisatanya. Selain itu aku juga aktif dalam kegiatan pameran. semua itu saya jalani selama 4 bulan mulai dari bulan Febuari hingga Mei akhir.




Pengalaman PKL tak hanya dirasakan di kantor tetapi juga di beberapa objek wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah. saya pernah menjadi tour guide TMII tepatnya di anjungan DKI Jakarta selama 1 minggu, disana saya banyak mempelajari tentang budaya dan adat istiadat masing-masing daerah. Disana juga terdapat banyak kegiatan yang menarik seperti pentas dramatical Rama dan Shinta.






Memasuki tahun ketiga,saya pun masih aktif mencari prestasi seperti saya berhasil menjuarai lomba pidato tingkat kecamatan yaitu juara 3. Kemudian saya mengikutinajang pemilihan Abang None Buku Jakarta Pusat 2014 dan saya masuk 10 finalis teratas. Saya juga mengikuti berbagai kegiatan tes untuk mendapat sertifikat seperti ABACUS dan TOEFL.


F. MASA PERKULIAHAN
sekarang saya adalah  seorang mahasiswa aktif di prodi Usaha jasa Pariwisata di Universitas Negeri Jakarta. Saya lulus melalui jalur PENMABA. walaupun masih baru,tetapi sudah banyak sekali pengalaman-pengalaman berharga yang saya dapatkan. Semoga saya bisa melanjutkn kuliah saya dengan baik dan mendapat indeks predikat yang tinggi.


KELAS B - ANISA RIZKI PUTRI

6 komentar:

  1. kok ada muka gua terus sih

    BalasHapus
  2. CIIIEEEEEEE spg 13 tahun. pemerkejaan anak dalam usia terlalu dini ckckckckck

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Hebat euyyyy, mandiri sejak dini, walopun performance feminin, jiwa maskulin, namun semangat dan tekad teteppppp, alamat bakal bnyk yg naksir ini high quality hehe

    BalasHapus