Minggu, 11 Oktober 2015

Tugas-1 Autobiografi Alfian Nurdin

 18 Tahun Memulai Pendidikan






Nama saya Alfian Nurdin,Saya lahir di Jakarta, 18 Agustus 1997 di Rumah sakit Islam Jakarta,Saya anak pertama dari tiga bersaudara,Ayah saya bernama Sri Kamto dan Ibu saya bernama Hamidah.Ayah saya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil sedangkan Ibu saya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Adik saya yang pertama Laki-Laki bernama Bachtiar Abdullah dan adik saya yang kedua perempuan  bernama Chaerani shalehah.

                Pada saat saya berumur 5 tahun saya memulai karir pendidikan di TK Nurul Ikhlas,yang berada di daerah Bekasi Utara dan kira-kira jarak dari rumah saya ke tempat saya menimba ilmu di TK Nurul Ikhlas kurang lebih sekitar 100m dari rumah saya.Dan pada saat saya berumur 6 tahun saya terus melanjutkan karir saya yang lebih tinggi yaitu memulai pendidikan SD Harapan Jaya XVII Bekasi Utara,dan tidak jauh dari Terminal Seroja Bekasi Utara,dengan jarak dari rumah saya sekitar 237m dari rumah saya,di SD Harapan Jaya XVII saya sangat bahagia karna mendapatkan teman-teman baru dan memulai aktivitas baru juga,dan mulai setiap tahunnya saya naik kelas dari usia saya 6 tahun saya kelas 1 SD dan pada saat umur  saya 11 tahun saya sudah kelas 6 SD dan mendapat kan ijazah yang saya nanti-nantikan dan alhamdullilah nilai dari ijazah tersebut mendapatkan nilai yang sangat memuaskan sehingga saya dapat lulus juga dari SD Harapan Jaya XVII Bekasi Utara dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMP.Pada tahun 2011/2012 saya memulai ajaran baru di SMPN 228 Jakarta Pusat,tidak berkunjung lama banyak sekali teman teman baru yang dapat di jumpai di SMPN 228 Jakarta Pusat itu,dan memulai memakai pakaian dengan warna putih sbegai bajunya dan biru warna dari celananya. Pada semester 1 saya pindah ke SMPN 193 di karenakan tempat saya dari rumah begitu jauh dari tempat saya tinggal mungkin karena kedua orang tua saya khawatir saya di pindahkan ke SMP baru tidak jauh dari tempat tinggal rumah saya yaitu di SMPN 193 Jakarta Timur,karena di SMP tersebut orangtua saya yaitu IBU saya mengajar di SMPN 193 Jakarta Timur tersebut .dan pada semester 2 saya dinyatakan sudah pindah ke SMPN 193 ‘Jakarta Timur dari pihak SMPN 228 Jakarta Pusat,dan saya mempumyai perasaan yang sangat binggung mengapa tidak dari awal saja saya masuk di  SMPN 193 Jakarta Timur karena mulai menyesuaikan diri lagi ke tempat yang baru  tidak lah mudah bagi saya untuk mencobanya. Pada akhirnya sebulan berlalu saya lama kelamaan sudah menyesuaikan diri di tempat baru lama kelamaan teman teman baru datang dan tidak juga saya melupakan teman teman lama saya.setelah itu banyak kejadian yang sangat menyenangkan di tempat saya  mencari ilmu dari mulai lomba lomba,cara mengajarnya itu sangat beda sekali dari pada sekolah saya yang lama.dan mulai banyak tes tes yang harus di lakukan untuk lanjut ke kelas 2 SMP di SMP tersebut dan saya akhirnya mulai naik kelas 2 SMP.dan setelah itu banyak sekali lomba-lomba yang datang ke SMP 193 Jakarta Timur dan karena banyaknya lomba dan dari sekolah sekolah lain sebagai pesaing  dari sekolah saya,dari  beberapa lomba tersebut sekolah saya sebagai tuan rumah dari acara lomba itu yang telah di resmikan juga oleh kepala sekolah SMP 193 banyak sekali memenangkan hadiah dari masing masing lomba yang telah diadakan di SMP 193 Jakarta Timur contohnya seperti Lomba Futsal yang memenangkan juara 1  futsal pria,lomba basket memenangkan juara 2 yaitu basket pria sendangkan basket dari perempuanya memenangkan juara 3 dan masih banyak juga lomba yang telah di menangkan oleh SMP 193 Jakarta Timur.        

                Pada hari itu banyak sekali pujian pujian dari sekolah lain tentang SMP saya sekarang dan saya merasa bangga sekali kepada teman teman yang telah berjuang untuk mengharumkan nama baik sekolah SMP 193 Jakarta Timur ini,dan kurang dari jangka waktu tersebut sekolahan saya mengadakan jalan jalan ke daerah puncak untuk menghilangkan kejenuhan serta penat yang berada di sekolahan kurang lebihnya dari beberapa siswa dan siswi banyak sekali yang mengikuti acara ini namun juga beberapa teman seangkatan saya ada yang juga tidak bias ikut karna keterbatasan biaya yang cukup begitu mahal,namun sesampainya  di tempat yang dituju terlihat semua keindahan yang sangat indah dan juga dapat menghirup udara yang sangat segar,setelah beberapa hari berlalu kami pun kembali lagi ke sekolah untuk melanjutkan pendidikan yang sempat terhenti untuk menghilangkan rasa bosan yang ada di dalam lingkungan sekolaham SMP 193 Jakarta Timur,tidak lama dari acara tersebut mulai ada beberapa ujian untuk melanjutkan naik kelas berikutnya dan ujian tersebut tidak lah mudah harus belajar terlebih dahulu.dan akhirnya saya serta kawan kawan semuanya dinyatakan naik kekelas yang lebih tinggi dimana cobaan dari beberapa tugas serta pembelajarannya sangat di teliti karena siap untuk di tes ujian nasional,banyak sekali siswa dan siswi tegang untuk meneruskannya tapi support para guru serta teman teman yang lain banyak yang terus berusaha untuk mengerti apa yang di ajari oleh masing masing guru yang mengajar  satu per satu murid nya dengan berbagai macam cara agar murid nya dapat mendapatkan nilai yang memuaskan untuk dia dan juga untuk gurunya karena jika kita mendapatkan nilai yang sangat bagus kita tidak senang sendiri melainkan guru guru kita pun juga senang.beberapa hari menjelang ujian nasional berbagai macam upaya telah di lakukan oleh pihak sekolah mulai dari menambahkan mata pelajaran serta jam waktu belajar siswa dan siswi nya dan pada akhirnya saya dapat mengerjakan soal dengan baik dan terus berdoa agar nilai saya sangat bagus dan membanggakan semua orang  yang mengetahuinya.dan beberapa hari menunggu hasil pengumuman hasil ujian kami nanti dan juga di nyatakan lulus atau tidaknya saya dan beberapa teman saya mengadakan acara pergi atau jalan jalan yang ingin ikut ke daerah jogja agar tidak terlalu terbebani oleh pikiran tentang nilai ujian nasional nanti.dan akhirnya tepat dimana hasil ujian tersebut di bacakan oleh guru saya merasa bangga dan juga senang karena di nyatakan oleh pihak sekolah semua siswa nya dinyatakan lulus 100% suara bahagia mulai terdengar dimana mana dari para siswa karena dengan bangganya mereka lulus semuanya.

                Setelah lulus dari SMP 193 Jakarta Timur  saya mencari Sekolah untuk melanjutkan pendidikan saya di jenjang yang lebih tinggi lagi,saya mencari SMA Negeri yang ada di daerah Jakarta dan akhirnya saya mendaftarkan diri saya di SMA tersebut melalui pendaftaran online dengan mendapatkan  beberapa pilihan dan pilihan pertama saya adalah SMA yang menurut saya favorit di Jakarta Timur dan 2 pilihan lainnya adalah cadangan saya apabila saya tidak mendapatkan SMA dari pilihan yang saya sudah pikirkan matang matang terlebih dahulu,beberapa hari menjelang pengumuman di SMA tersebut saya merasa tegang dan gelisah serta takut karena apabila tidak masuk di SMA favorit saya tersebut.Dan akhirnya pengumuman itu dibuka dan saya mencoba melihat apakah saya di terima atau tidak di SMa tersebut dan dengan bangganya saya telah di terima di SMA Negeri 89 Jakarta Timur pada saat itu dan pada saat itu pula saya senang dan juga keluarga saya pun ikut bangga karna dapat masuk di tempat SMA favorit saya itu.Awal mulai belajar terlebih dahulu ada masa pengenalan tentang SMA Negeri 89 Jakarta,dan beberapa hari saya mengikutinya dengan hati yang gembira dan dari situ juga saya mendapatkan beberapa teman yang baru.Pada hari pertama masuk sekolah saya masuk di kelas 10.4 di sekolah dan juga terlihat beberapa teman lama dan baru yang ada pada kelas tersebut,beberapa hari sudah berlalu tiba saatnya tes untuk naik kekelas 11 di mulai dan pada saat itu saya naik ke kelas 11 dan ada 2 pilihan yaitu IPA dan IPS  dan saya masuk kedalam IPS dan juga ada bersama beberapa teman saya,setelah naik kekelas 11 saya mengambil kelas IPS dan mendapatkan kelas 11 IPS 3 dan juga beberapa teman baru yang belum saya  belum sama sekali kenal di dalam kelas tersebut,banyak juga kejadian kejadian yang mengasikan didalam kelas maupun di sekolah karena banyak pelajaran yang di ambil di dalam lingkungan tersebut,setelah beberapa lama datanglah perlombaan setiap tahunnya yang di adakan di SMA Negeri 89 Jakarta Timur yaitu ada beberapa lomba seperti futsal,basket,voli,drama,baca puisi,bercerita,dan beberapa lomba-lomba yang ada di SMA Negeri 89 Jakarta tersebut dan beberapa lomba yang diadakan di dalam lingkungan sekolah tersebut kelas saya lah yang telah banyak mengambil hadiah hadiahnya karena beberapa lomba tersebut banyak di menangi oleh kelas saya yaitu kelas 11 IPS 3.Dan tidak lama kemudian ujian kenaikan kelas untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,pada saat itu saya pun naik kelas 12 dimana teman teman yang baru juga datang karena di masing masing kelas dari kelas 11 di acar setiap per tahunnya tidak heran mendapatkan teman baru dan juga karakteristik mereka semuanya yang berbeda beda,dan saya masuk di kelas 12 IPS 4 di sekolah tersebut.Di kelas 12 IPS 4 itu banyak sekali yang berubah mungkin untuk mencari nilai yang maksimal untuk mencari perguruan tinggi negeri mereka semua mulai mencari tempat tempat bimbel dan juga pihak sekolahan juga sudah membuat tambahan pelajaran yang di sebut PM(Pendalaman Materi) tidak heran saya berangkat pagi pulang sore.Pada semester 1 sudah lewat banyak sekali Universitas Swasta yang masuk untuk merekrut  calon calon mahasiswa baru, tidak hanya universitas tempat tempat bimbel juga saling menawarkan jasa bimbel di tempat itu.beberapa hari menjelang Ujian Nasional kami terlebih dahulu pergi ke ruang BK(bimbingan konseling) untuk menanyakan apa saja tips untuk masuk ke universitas perguruan tinggi negeri ,dan pada saat di mulai Ujian Nasional kami pun dengan mudahnya menjawab soal soal yang ada di soal Ujian Nasional dengan mudah karena dengan pendalaman materi serta bimbel bimbel di luar saya dan teman teman saya percaya pada diri sendiri  kami bisa melakukan yang terbaik untuk diri kami masing masing, setelah Ujian Nasional telah usai  kami mendapatkan beberapa hari libur dan kami manfaatkan untuk pergi jalan jalan untuk menghilangkan penat saya berserta beberapa teman sekolahan saya pergi ke daerah puncak  dan kami menyewa Villa yang ada kolam renang dan menginap serta membuat acara kecil kecil an disana,dan beberapa hari tekah berlalu hasil dari usaha saya dan teman teman saya di uji dengan mengetahui lulus atau tidaknya kami berkumpul di lapangan sekolah kami untuk mengetahui hasil dari kerja keras kami selama kurang lebih 3 tahun lamanya saya menuntut ilmu di SMA Negeri 89 Jakarta  tersebut dan saya juga telah mendaftar melalui jalu SNMPTN yaitu melalui jalur rapot dari beberapa semester dan hasil nilai Ujian Nasional.Dan telah menunggu tiba saat nya kepada perwakilan dari pihak sekolah menyatakan hasil kelulusan dan dengan nada yang pelan dan juga nada yang besar semua siswa dan siswi di SMA Negeri 89 Jakarta dinyatakan Lulus 100% oleh pihak sekolah dan nilainya juga dapat di akses di web sekolah.

                Setelah pengumuman hasil tes saya ingin melanjutkan pendidikan saya di Universitas namun beberapa ujian dan jalur undangan sudah di lewati seperti SNMPTN dan SBMPTN saya tidak lolos di masing masing ujian tersebut dengan begitu menyesal karena tidak masuk melaluin 2 jalur SNMPTN dan SBMPTN saya merasa bingung karena saya mau melanjutkan di mana lagi akhirnya saya mencari cadangan beberapa universitas swasta dan saya survey beberapa universitas tersebut dan akhirnya saya mendapatkan cadangan yaitu di universitas UHAMKA yang di mana di beri tahu oleh kedua orang tua saya dan saya dinyatakan lolos masuk ke dalam lingkungan Universitas UHAMKA tersebut  melalui jalur rapot semester 5 dan 6 yang di wajibkan nilai rata ratanya adalah 7,5 atau 8,0 dan akhirnya saya mendapatkan universitas cadangan seteleah itu saya mencoba untuk tes ujian Mandiri di Universitas Negeri lainya alhasil termasuk UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA dan melalui serangkaian tes Mandiri saya lolos masuk di UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA dan masuk di prodi Usaha Jasa Pariwisata walaupun pilhan pertama saya adalah ingin menjadi seorang guru untuk melanjutkan pekerjaan dari kedua orangtua saya karena kedua dari orangtua saya adalah seorang guru,walaupun tidak masuk di pilahan pertama saya tidak sedih karena itu ada pilihan kedua saya di Universitas Negeri Jakarta itu.pada tanggal 18-21 saya memenuhi daftar persyaratan apa saja yang harus di bawa seperti bukti pembayaran uang UKT yang telah di sepakati sebelumnya,dari 3 hari itu saya mencoba mengisi beberapa berkas yang harus di isi dan harus dilengkapi setelah beberapa hari itu saya menghadapi Masa pengenalan Universitas Negeri Jakarta yaitu MPA  dan juga harus membawa beberapa barang yang harus di bawa untuk mengikuti MPA tersebut saya di bantu oleh teman baru saya di satu prodi Usaha Jasa Pariwisata kami membuat beberapa tugas bareng di rumah salah satu teman baru saya.Dari situ saya mulai akrab dengan beberapa Maba dari usaha jasa pariwisata serta pendidikan sejarah lainya,dan beberapa hari menjalani serangkaian acara yang telah di buat oleh Panitia MPA di universitas negeri Jakarta dengan senangnya sudah selesai juga dan memulai perkuliahan di Universitas Negeri Jakarta hingga sekarang saya juga makin akrab dengan beberapa maba dan juga teman baru dari berbagai macam daerah tidak hanya di daerah Jakarta melainkan dari luar hingga dari pelosok negeri juga ada di dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar