Jumat, 06 November 2015

Tugas-1 Autobiografi Vevi Marlina

Kisah rantau anak umur 19 tahun


Pada Tanggal 12 Agustus  1987 terbentuk lah keluarga yang bahagia, sakinah mawadah. Yaitu keluaga Bpk.H. Kulyobi, S.Pd dan Ibu Nyai Saftiyah.Pada Tanggal 11 Mei 1988. Mereka dikaruniai seorang anak yang bernama Ahmad Fauzi Kurniwan. Mereka sangat bahagia karena anak pertama meraka seorang laki-laki,yang memiliki paras muka yang tampan. Pada tanggal 16 November 1991 mereka dikaruniai lagi seorang anak yang bernama Ninda Dewi Novia Putri ke dua mereka.
Tahun demi tahun mereka jalani kehidupan rumah tangga. Kemudian Ibu Nyai Saftiyah mengandung anak yang ke 3 rintangan demi rintangan beliau jalani sampai 9 bulan. Pada suatu hari datanglah teman-teman Pak Kulyobi ke rumahnya untuk silaturahmi dan diantara teman-temannya ada salah seorang yang memiliki sifat cerewet, baik, sopan dan memiliki suara yang cetar membahana. Pada malam hari berbincang-bincang lah mereka hingga Ibu Nyai Saftiyah yang sedang tidur merasa terganggu, dan beliau agak sedikit menggerutu akibat teman-teman dari suaminya. Konon katanya apabila seorang ibu sedang hamil tidak boleh menggerutu dan benci kepada orang. Singkat cerita, pada tanggal 9 Maret 1996 lahir lah seorang anak yangke-3 bernama Vevi Marliana yang memliki sifat crewet ,baik , sopan dan mempunyai suara yang cetar membahana,dan hampir mirip karkter saya dengan teman bapak saya.dan saya   di lahirkan di Bidan Aisyah. Pada umur 4 tahun saya selalu sakit hingga kakek saya memutuskan untuk merubah nama saya menjadi Vevi Marlina setelah nama saya dirubah saya tidak lagi sering sakit seperti dulu.

Pada saat saya berumur 6 tahun saya sekolah di SDN RANCA IYUH 2 TANGERANG.
Di saat saya SD saya terkenal sangat nakal dikarenakan sering menjaili teman-teman saya. Ada momen yang tidak saya lupakan saya pernah menjahili teman saya hingga dia menangis tersedu-sedu. Di balik saya sering menjahili teman saya,saya juga pernah dijahili teman dekat saya.
Namun di balik kenakalan saya,saya memiliki kelebihan, saya sering terpilih menjadi panitia di sekolah dan saya selalu mendapatkan prestasi di sekolah saya.
Padatanggal 1 Oktober saya mempunyai seorang adik yang bernama Nanda Oktavia. Adik saya mempunya sifat yang berbeda dari kakak-kakaknya. Nanda juga mempunyai paras wajah yang cantik dan memiliki sifat tertutup. Nanda merupakan anak kesayangan orang tua. Pada saat saya lulus Sekolah Dasar saya diajak oleh orang tua saya untuk pergi ke La Tansa Islamic Boarding School mereka bilang kepada saya ingin menjenguk kakak saya yang ada di La Tansa.
Namun setelah saya datang ke La Tansa saya dibawa oleh bapak saya ke gedung sekertariat pondok dimana tempat itu tempat tes baca tulis Al-Quran dan wawancara saya langsung kaget dan saya merengek-rengek tidak mau ikut test tersebut karena saya tidak mau seperti kakak-kakak saya ‘dibuang ke penjara suci’ itu. Namun pada saat pengumuman saya dinyatakan LULUS.

Periode SMP

Pada tanggal 13 Juli 2008 saya resmi menjadi santri LaTansa Islamic Boarding School.Dan saya angkatan yang ke-21, angkatan saya bernama Asparadise.


Pertama, saya tinggal di pesantren. Saya sangat tidak betah dikarenakan jauh dari orang tua, disiplin yang begitu ketat,pelajaran dan hafalan yang begitu banyak dan tidak di perbolehkan berbicara Bahasa Indonesia
 .
Pada kelas 1 SMP saya selalu menangisi hal tersebut,dan orang tua saya selalu menjenguk saya satu minggu sekali dikarenakan saya masih anak baru dan tidak betah di pesantren. Saya selalu diberisupport oleh orang tua saya hingga saya menjalani kegiatan di pesantren dengan ikhlas dan belajar dengan giat. Bulan demi bulan saya jalanin dengan penuh rintangan dan saya meminta kepada orang tua saya untuk menjenguk saya satu bulan sekali saja, betapa senangnya mereka mendengar hal tersebut. Waktu pun berlalu begitu cepat hingga saya duduk di kelas 3 SMP dimana kelas 3 ini saya mendapatkan tantangan yang luar biasa dan godaan setan yang banyak, masa-masanya labil antara mau meneruskan SMA di luar atau melanjutkan SMA di Pondok Pesantren LaTansa Islamic Boarding School. Pada tanggal 1 November 2011 adik saya lahir yang bernama Nisyana Arifa Putri. Adik saya yang satu ini memiliki sifat yang sama seperti saya dan saya menyayangi adik saya tersebut. Detik-detik Ujian Nasional saya dan teman –teman saya belajar dengan semangat untuk mempersiapkan Ujian Nasional. Ujian Nasional dilaksanakan dengan lancar dan baik. Malam sebelum ujian saya dan satu angkatan saya melaksanakan shalat hajat dan tahajud.
 


Alhamdulilah angkatan saya lulus semua dan mendapatkan nilai yang memuaskan.
Setelah Ujian Nasional saya tidak libur seperti anak–anak yang sekolah di luar sana. Melainkan saya dan teman–teman menghadapi ujian pondok dimana ujian tersebut semuanya menggunakan Bahasa Arab. Waktupun berlalu begitucepat akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba yaitu perpulangan. Dan pada saat liburan saya dan temen–teman saya memanfaatkan waktu liburan dengan mengadakan bakti sosial di daerah Legok, Tangerang. Acara tersebut dihadiri oleh anak yatim dan piatu, janda dan orang yang kurang mampu. Kami memberikan sedikit uang dan beberapa keperluan sekolah seperti tas, baju, buku dan alat tulis. Kegiatan yang diadakan saat acara bakti sosial tersebut adalahgames, makan-makan dan acara perpisahan.

Periode SMA



                                                                                                                                  
  
 Akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan SMA di LaTansa Islamic Boarding School. Pada kelas 1 SMAini pelajaran sangat banyak sekita 24 mata pelajaran yang membuat saya ingin keluar dari pondok. Saya memberanikan diri bicara kepada orang tua saya untuk melanjutkan SMA di luar namun orang tua saya menasehati saya dan mendukung saya, bapak saya bilang kepada saya “Kamu ibarat naik perahu yang sudah berada di tengah lautan sebentar lagi kamu akan menuju daratan. Menuju tengah lautan kamu penuh rintangan yang sangat besar dan kamu bisa melewatinya sekarang tinggal sedikit lagi menuju daratan, masa kamu tidak  bisa melewatinya”. Akhirnya saya melanjutkan SMA di La Tansa.
Pada saat  kelas 2 SMA banyak kegiatan seperti :studytour,nihaishow ,dan pergantian kepengurusan OSIS.Padatanggal 14 Februari 2014saya dan teman-teman saya di lantik untuk kepengurusan OSIS. Dan saya menjabat di bagian kedisiplinan pondok La Tansa Islamic Boading School .





 Rintangan demi rintangan saya lewati menjadi pengurus OSIS, ternyata mengatur anggota tidak semudah yang saya bayangkan banyak rintangan yang mengahadang saya. Akhirnya waktu kepengurusan saya sudah habis. Masa jabatan diteruskan oleh adik kelas saya pada saat kelas 3 SMA saya dan teman-teman saya di karantina.

Masa-masa di karantina adalah masa-masa yang tidak pernah saya lupakan dikarenakan saya dan teman-teman satu angkatan dan satu asrama. Masa karantina banyak diisi oleh kegiatan untul menunjang persiapan ujian dan diberikan perbekalan untuk menjadi alumni yang baik dan berguna bagi agama, bangsa dan negara. Kata-kata Pak Kyai yang masih terngiang di telinga saya “Kalian ibarat air zam-zam  yang selalu dicari oleh orang-orang di seluruh dunia”. Di pondok saya dan teman-teman sering melanggar aturan pondok dikarenakan kami berpikir bahwa kami sebentar lagi lulus dari pondok La Tansa. Namun ujian selalu menghampiri saya dan teman-teman.

                                                       
 Pada saat kelas 3 SMA adakegiatanmanasik haji ,danalamliyatutaddris atau micro teaching,di berikan waktu untuk mengajar dan itu merupakan pengalaman yang menantang dan menakutkan bagi saya. Semua santri kelas 3 harus membuat i’dadseperti sebuah makalah yang berisi Bahasa Arab.
Dimanai’dad tersebut apabila ada yang salah penulisan maka harus menulis ulang kembali. Pada saat saya ingin menyerahkan i’dad saya kepada pembimbing saya ternyata banyak yang salah dan i’dad saya di revisi oleh guru pembimbing saya yang bernama Ustadz Nasruddin dan saya harus membuat kembali .Betapa stressnya saya harus menulis kembali i’dad tersebut .
Akhirnya saya menyelesaikan i’dad tersebut betapa bahagianya dan saya langsung mencari guru pembimbing saya dan beliau susah dicari dikarenakan beliau sangat sibuk . Pada malam harinya saya belum juga mendapatkan tanda tangan guru pembimbing saya dan Pak Kiyai Soleh Rosyad Sag.MM.Sedangkan saya besok harus mengajar dan syaratnya adalah tanda tangan tersebut. Saya pun menangis karena hal itu akhirnya hujan pun dari langit turun dan saya harus mencari guru pembimbing saya dengan penuh perjuangan sambil membawa i’dad dan payung dan saya sambil jalan menagis tersedu-sedu saya di temani ketua angkatan saya yang bernama Dewi.
Setelah saya lama mencari keliling pondok dengan diiringi hujan yang begitu lebat dan petir yang begitu besar akhirnya saya bertemu pembimbing saya dan mendapatkan tanda tangan beliau
dengan senangnya sampai saya di kamar saya melakukan sujud syukur . Keesokan harinya saya mengajar muhadasah dengan sangat lancar dan baik. Setelah amliyah tadris pun berlalu, ujian nasional pun menghampiri saya belajar dengan sangat sungguh-sungguh.
Setelah ujian nasional kami tidak ada libur melainkan ujian pondok. Yaitu ujian lisan dan tulis. Saya dan teman-teman saya selalu bergadang untuk mempersiapkan ujian besok. Setelah ujian berlalu kami mempersiapkan untuk wisuda dimana hari yang paling saya tunggu-tunggu .
                                                                                                                                                                                                                                  
                                     

    

Akhirnya waktu wisuda pun tiba antara senang, sedih dan bedebar hati ini dikarenakan kami ada yudisium. Dimana yudisium ini adalah peringkat nilai kita selama di PONDOK. Merasa bangga bisa lulus dari pondok pesantren La Tansa Islamic Boarding School di karenakan rintangan demi rintangan saya bisa lewati,selama 6 tahunlamanya .Dan saya mendapatkan yudisum zayyid artinya baik. Saya bersyukur bisa masuk La Tansa di karenakan La Tansa bisa merubah saya menjadi lebih baik.

Setelah saya lulus dari LaTansa saya masih bimbang untuk melanjutkan keperguruan tinggi .
Dan akhirnya kakak saya menyarankan kepada saya untuk belajar di kampoeng inggris ,karena saya sadar diri bahwa bahasa inggris saya masih kurang bagus akhirnya saya menyetujui untukbelajar di kampoeng inggris ,Pare, Kediri JawaTimur.Walupun Pare sangat jauh dari rumah saya ,saya belajar dengan niat yang kuat untuk belajar bahasa inggris.karena bahsa inggris juga udah menjadi bahsa internasional langguage dan saya benar-benar ingin menguasai bahsa inggris tersebut dan akhirnya saya bersedia untuk belajar bahsa inggris.
Pada tanggal 2 Agustus 2014 saya pergi ke Jawa Timur bersama teman saya yaituDesi,dan saya di antar oleh bapaksaya ke Jawa Timur. Di Pare tidak hanya untuk belajar bahasa inggris namun banyak tempat kursus bahasa asing lainnya .
                                          
                                         


Pada tanggal 3 Agustus saya mendaftarkan diri untuk kursus saya daftar di basic english course.BEC ini sangat bagus untuk belajar bahasa inggris karena tempat ini tidak hanya mengajarkan kita untuk bicara bahsa inggris melainkan betapa pentingnya waktu dan disiplin. Karena bahasa inggris saya masih kurang bagus saya memilih di basic english course yang manatempi kursus ini harus 6 bulan tidak seperti tempakursus yang lain bisa 2 minggu,1 bulan ,2 bulan dan sebagainya.Dan di basic english course ini sangat ketat dengan disiplin ada 3 tingkatan yaitu:FreeBec(  Preparetion),BTC(Basic traning class),TC (Traning class) MS(Msrering system). Dan sayabisamelewatihaltersebut .Apabila di bec mengadakan suatu   acara saya selalu terpilih menjadi mc,translator,danpemain drama.
Pada saat ujian terakhir bec mengadakan ujian travel pergi ke Borobudur untuk memperaktekan dan meningkatkan bahasa inggris dengan berbicara bersama orang luar negeri.Dan saya mendaptkan partner untuk memperaktekan  bahsa  inggris saya dari belanda yang bernama jessica di situlah saya meningkatkan bhasa inggris saya saya dan jesicca berbicara tentangIndonesia,belanda ,maknan khas belanda,dan lain-lain.saya di kasih waktu berbicara bersama orang luar negri selama 2 jam dan tidak di perbolehkan berbicara bahsa indonesia apabila berbicara bahsa indonesia maka  tidak lulus di ujian travel ini.Akhirnya saya bias melewati rintangan tersebut dan saya bisa lulus daribasicenglish course.

                                          


                                           
                               


                                         
Setelah saya lulus dari basicenglish course saya mempersiapkan dir iuntuk masuk universitas .

Dan saya mendaftarkan diri ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ,namun Allah berkata lain dan saya tidak diterima .Kemudian  saya mengetahui Universitas Negeri Jakarta sedang membuka pendaftaran jalur mandiri.Saya pun mendaftarkan diri di prodi usaha jasa pariwisata . sejak saya berumur 12 tahun sampai 19 tahun hidup saya selalu merantau di daerah orang.Dan saya sangat berbeda dari adik saya dan kakak-kakak saya di mana meraka selalu dekat dengan orang tua namun saya selalu jauh dari orang tua dikarenakan hidup saya merantau terus. Tetapi berkat saya merantau terus saya sudah terbisa jauh dari orang tua saya bisa hidup mandiri rintangan dan tantangan pun saya bisa melewatinya . Terima kasih kepada orang tua saya walaupun saya tidak selalu berada di samping mereka ,mereka selalu mendoakan,mendukung dan memberi semangat buat saya sehingga saya seperti sekarang ini. 

Kelas B- Vevi Marlina

16 komentar:

  1. Vevi marlina.mempunyai komitmen yang tinggi untuk bekerja dengan teliti dan menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Ia selalu berusaha untuk positif, senang bekerja sama dengan orang lain, mandiri dalam mengerjakan tugas serta mempunyai standar di atas rata-rata

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Eek kagak ada foto gue nyaπŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜€

    BalasHapus
  4. Subhaanallah, memang kehidupan yang dijalani vevi sangat panjang dan rumit. Tapi aku yakin, vevi bisa kok menjalani semuanya. Tetap yakin yah vev, pintu kesuksesan ada didepan mata. Tetap berpegang teguh pada pendirian. Aku selalu ngedoain yang terbaik walaupun aku berada jauh di kota yang berbeda ��

    BalasHapus
  5. Subhaanallah, memang kehidupan yang dijalani vevi sangat panjang dan rumit. Tapi aku yakin, vevi bisa kok menjalani semuanya. Tetap yakin yah vev, pintu kesuksesan ada didepan mata. Tetap berpegang teguh pada pendirian. Aku selalu ngedoain yang terbaik walaupun aku berada jauh di kota yang berbeda ��

    BalasHapus
  6. Bagus banget, semangat pep {}
    Jujur ini di paksa vevy wkwkwk

    BalasHapus
  7. MasyaAllah Vevi marlina ... Perjuangan dan pengorbanan yang sangat luar biasa.... Perjalanan hidup yang sangat mengagumkan yang bisa di contoh oleh banyak orang ... Semoga selalu menjadi orang yang sukses dunia maupun akhirat dan bermanfaat bagi lingkungan yah ... Aamiin ... Semangaaat untuk meneruskan perjuangan yg selanjutnya ...

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Vevi marlina,, semoga kelak ilmunya bermanfaat di kalangan sekitar aamiin
    semangat untuk melanjutkan perjuangan menuju cita cita mu��

    BalasHapus
  10. Vevi marlina,, semoga kelak ilmunya bermanfaat di kalangan sekitar aamiin
    semangat untuk melanjutkan perjuangan menuju cita cita mu��

    BalasHapus
  11. Subhanallah perjuangan yg begitu luar biasa dahsyatnya yg bisa dilewati oleh vevi marlina.
    Kagum,salut,takjub melihat begitu kuatnya vevi marlina bisa melewati rintangan demi rintangan.
    Emg bener ya,ada pepatah mengatakan: "sebuah proses tidak akan menghianati hasil"
    Yah.itulah yg sedang dialami sama kamu vev.
    Pesan aku,terus semangat ya buat menghadapi rintangan selanjutnya karena masih panjang perjalanan yg harus kamu lewati.
    Sukses terus vevi sayang,jangan lupa minta ridho Allah dan orang tua😘😘😘😊😊

    BalasHapus
  12. keep sprit pep! Be the best version of you, you will shine soon! Glad to ever meet you pep.. Kiss from your best friend from pare

    BalasHapus
  13. Subhannallah vevi marlina temen seperjuanganku,ak kenal dia itu anak yg sangat gigih dalm belajar,tetep semangat vevi

    BalasHapus
  14. Autobiografi yg unik. Perjalanan hidup ka vevi banyak jauh dr keluarga sehingga tentu nya ka vevi mempunyai pengalaman2 yg berharga. Tata bahasa dr autobiografi ka vevi masih complicated, wajar karena masih belajar. tdk seperti autobiografi penulis yg sdh di terbitkan buku nya. it doesn't matter. it's so good. and good for you kak. I give you five!! :)

    BalasHapus