Senin, 09 November 2015

Tugas-1 Autobiografi Alina Oktaviani

19 Tahun Hidup yang Mengesankan

Hallo perkenalkan nama lengkap saya Alina Oktaviani, nama panggilan saya Alina. Saya lahir di Tangerang pada hari Kamis tanggal 10 Oktober 1996. Ayah saya bernama Ramli dan ibu saya bernama Ana Diana. Saya anak pertama dari dua saudara, adik saya bernama Meizha. Pekerjaan ayah saya sebagai Pegawai Negeri Sipil dan ibu saya seorang ibu rumah tangga. Saat ini saya tinggal di kabupaten Tangerang, tepatnya di jalan lele raya RT 002/05 No 59 kelurahan Bambu Apus, kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan.

Periode balita
Pada saat saya lahir berat badan saya 2,8 kg dan tinggi badan saya 48 cm. Saya dilahirkan secara normal di rumah bersalin Putra kinasih yang berada di wilayah Tangerang Selatan, tepatnya di Pamulang. Kedua orang tua saya sangat senang  saya lahir karena mama saya menginginkan seorang anak perempuan. saya di lahirkan dalam keadaan menangis dan saya di azani oleh ayah saya. Selama umur saya 0-6 bulan mama saya selalu memberikan asi ekslusif. Saya bisa berjalan pada usia 11 bulan dan pada usia 0-1 tahun saya sudah bisa memasukan benda kedalam mulut seperti jari. Pada usia 2-3 tahun saya sudah mulai bisa berbicara dan di usia ini saya suka pipis dicelana. Pada usia 4-5 tahun saya sudah di ajarkan menulis.

Diusia ini saya dirawat oleh nenek saya karena kedua orang tua saya bekerja. sebelum jadi PNS, ayah saya bekerja sebagai tukang ojek. Dan ibu saya bekerja di pabrik sepatu.
Periode TK
Pada tahun 2001 saya berusia 5 tahun, saya memasuki bangku Taman Kanak – Kanak (TK). Saya TK di Al-Hidayah yang berada di pamulang, Tangerang Selatan. Disana saya pertama kali memiliki banyak teman dan bersosialisasi satu sama lain. Ada teman yang cerewet, pendiam dan ada juga teman yang nakal. Tetapi teman-teman disana baik kepada saya.

Periode SD
Dan pada tahun 2002, saya berusia 6 tahun. Pada umur saya yang ke 6 saya memasuki bangku sekolah dasar, saat itu saya memilih bersekolah di SDN Ciledug Timur yang tak jauh dari rumah saya. Pada kelas 1 SD saya duduk di bangku paling depan bersama Kiki dan Dela, mereka berdua adalah teman baik saya ketika saya SD. Saya mendapat peringkat satu kebutulan kakek saya yang mengajarnya karena kakek saya guru kelas 1. Orang lain mengira saya mendapat peringkat satu karena kakek saya yang jadi gurunya. Dan akhirnya saya naik kelas 2 SD, saya mendapatkan peringkat 3. Kali ini bukan kakek saya yang mengajarnya, yang mengajar yaitu bapak gagan. Selanjutnya saya naik kelas 3 SD. Di kelas 3 ini saya agak malas belajar dan lebih suka bermain, alhasil peringkat saya turun menjadi peringkat 7. Selanjutnya saya duduk di bangku kelas 4 SD. Dibangku ini saya sudah benar-benar malas belajar dan sudah tidak buka buku lagi kalau habis pulang sekolah. Disini saya sangat senang bermain bersama teman-teman saya. Biasanya setelah pulang sekolah saya pergi jalan-jalan naik sepada mengelilingi komplek dan saya suka mencari buah-buahan disekitar komplek, tetapi sebelum memetik buah saya izin terlebih dahulu sama pemiliknya. Setelah mendapatkan buah kita makan buahnya bersama-sama. Saya juga suka sekali main masak-masakan, dari masak bohong-bohongan sampai masak beneran.  Yang saya biasa masak seperti nasi goreng dan telor mata sapi karena menurut saya makanan itu mudah di masaknya. Menurut teman-teman saya masakan sama lezat. Karena saya keasikan bermain tidak memikirkan belajar nilai rapot saya turun drastis. Di bangku kelas 4 SD ini saya tidak mendapatkan juara. Orang tua saya kecewa, dan saya merasa sedih. Di saat saya duduk di kelas 5 SD saya lebih suka main sama anak laki-laki dari pada perempuan.
Pada hari raya idul fitri saya bersama kelurga sama pergi ke purwokerto, Jawa Tengah. Tujuan saya berkunjung kesana untuk bertemu dengan saudara saya yang ada di purwokerto dan sekaligus ingin berwisata ke tempat wisata Baturaden. Saya sudah bangun pagi-pagi untuk mandi dan rapih-rapih. Saya sekeluarga sudah siap untuk berangkat, kendaraan kamipun sudah siap. Kami kesana menggunakan mobil pribadi. Sebelum berangkat kami membaca doa terlebih dahulu agar selamat sampai tujuan. Di tengah-tengah perjalan tepatnya sudah di derah Brebes mobil saya mogok. Dan ayah saya langsung membawanya kebengkel. Mobil sayapun sudah tidak mogok lagi dan kami melanjutkan perjalanan. Waktupun sudah siang, kami beristirahat terlebih dahulu di reast area. Disana saya makan dan sholat dzuhur bersama keluarga, lalu kami melanjutkan perjalanan kembali. Pada malam hari tiba-tiba mobil saya mogok lagi, kali ini montirnya lama sekali memperbaiki mobil saya. Saya mulai lelah dan terasa cape sekali, kepala saya pusing dan saya merasa mual. Saya dan keluarga saya numpang istirahat di pos dan tidur-tiduran disana sambil menunggu mobil selesai di perbaiki. Di pos itu banyak sekali nyamuk, nyamuk itu menghisap darah saya. Saya merasa gatal-gatal dan badan saya bentol-bentol. Saya dan mama mencari makan malam karena perut kami sudah laper. Kami membeli nasi goreng, karena hanya ada tukang nasi goreng saja yang dekat di pos sana. Kamipun makan malam bersama. Setelah itu mobil saya sudah selesai di perbaiki, Saya melanjutkan perjalanan kembali. Karena waktu sudah malam, saya sangat lelah dan tidur di dalam mobil. Tiba-tiba waktu sudah pagi. Akhirnya saya sampai di purwokerto dan saya sampai dirumah saudara saya. Saya sangat senang sekali sampai ke tempat tujuan dan betemu dengan kerabat saya. Sesampai disana kami istirahat terlebih dahulu. Disana suasananya sejuk sekali, dan airnya sangat dingin. Saya menginap selama 3 hari kemudian kami melanjutkan perjalanan untuk berwisata ke taman wisata Baturaden. Sesampai di Baturaden kami jalan-jalan mengelilingi taman dan kami ketempat air terjun, disana indah sekali pemandangannya. Saya mendengar suara jeritan pengunjung lain. Dan ternyata jembatan yang ada disana putus secara tiba-tiba, banyak pengunjung yang terjatuh kebawah. Setelah itu ada wartawan yang meliput, banyak pengunjung disana yang tewas, salah satu korbannya adalah anak-anak. Namun saya tidak bisa lama-lama disana karena saya harus kembali melanjutkan perjalanan pulang. Sebelum pulang, saya dan keluarga membeli cindera mata terlebih dahulu. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan pulang. Akhirnya saya sampai dirumah pada pagi hari.
Pada tahun 2008 saya memasuki kelas 6 SD. Saya duduk bersama puput, dia anaknya baik dan asik. Waktu terus berjalan, saya akan menghadapi Ujian Nasional untuk syarat kelulusan. Saya sangat khawatir untuk menghadapi UN karena UN baru di adakan pertama kali pada angkatan saya. Saya terus belajar dan berdoa. Pada ujian nasional saya sangat tegang, sehingga tangan saya selalu basah keringatan sehingga kertas lembar jawaban UN saya sedikit basah dan kotor. Saya sangat takut lembar jawaban saya tidak masuk komputer. Kemudian pengumuman UN dan ternyata saya mendapatkan nilai yang memuaskan, saya sangat senang sekali. Saya bisa masuk smp favorite yang saya inginkan.

Periode SMA

Pada tahun 2012 saya memasuki sekolah menengah atas. Saya bersekolah di SMAN 4 Tangerang Selatan, yang letaknya di Pondok ranji, Ciputat timur. Disini saya mendapatkan teman-teman baru, saya masuk ke dalam kelas X7. Kemudian sekolah saya mengadakan kegiatan perkemahan sabtu minggu (persami) khusus kelas X yang di lakukan di bumi perkemahan kebun raya cibodas. Kami berangkat pada pagi hari pukul 07.00 dengan menggunakan mobil tronton. Setelah sampai sana pada pukul 11.00 kami di bagi kelompok. Setiap kelompok membuat tenda untuk berteduh kerena kami akan menginap selama dua hari satu malam. Susunan acara yang pertama adalah main out bound, dan kelompok saya menang mendapatkan juara 2. Susunan acara kedua adalah melakukan kegiatan api unggun dan penampilan musikal. Pada pagi hari saya dan teman-teman melakukan jalan santai dan kami pergi ketempat air terjun. Setelah itu kami melanjutkan perjalan untuk kembali kerumah masing-masing dengan menggunakan kendaraan yang sama.
Pada tahun 2013 saya duduk di kelas 2 SMA dan saya mendapatkan kelas IPS. Lalu angkatan saya mengadakan Goes To Campus (GTC) ke yogyakarta untuk memberikan informasi seputar PTN. Kami disana menginap di hotel selama 3 hari 2 malam. Kampus yang pertama saya kunjungi adalah universitas indonesia, Lalu melanjutkan ke universitas diponogoro. Dan yang terakhirnya adalah universitas gadjah mada. Setelah itu kami jalan-jalan ke candi borobudur.
Ini foto saya bersama teman-teman satu kelas

Pada tahun 2014 saya memasuki kelas 3 SMA. Saya akan melaksanakan Ujian Nasional dan juga ujian praktek sekolah untuk syarat kelulusan. Saya mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah karena saya ingin lulus UN dengan nilai yang memuaskan dan juga setelah lulus saya ingin melanjutkan perguruan tinggi negeri. Saya juga mengikuti bimbingan belajar disekolah yang dilaksanakan pada saat jam pelajaran sekolah telah selesai. Ketika pembukaan mahasiswa baru untuk siswa-siswi yang ingin melanjutkan perguruan tinggi negeri sudah dibuka saya langsung mendaftarnya, waktu itu saya mendaftar lewat SNMPTN atau jalur undangan yang diselenggarakan dari sekolah dengan menggunakan nilai rapor dari semester satu sampai semester enam. Hari-hari sebelum UN dilaksanakan sekolah saya melakukan doa bersama agar ujian nasional berjalan lancar tidak ada hambatan dan kami semua lulus dengan nilai yang memuaskan. Dan Ujian Nasional berjalan dengan lancar. Pada saat pengumunan kelulusan, saya lulus mendapatkan nilai UN yang memuaskan. Saya sangat senang dan bersyukur. Namun pada saat pengumuman  kelulusan jalur SNMPTN saya tidak diterima, saya merasa sedih dan kecewa. Saya tidak pantang menyerah untuk mendapatkan PTN yang saya inginkan, lalu saya ikut test PTN melalui jalur SBMPTN. Ketika pengumuman saya tidak diterima lagi, saya sangat sedih sekali. Dan akhinya saya memilih perguruan tinggi swasta yang berada tidak jauh dari rumah saya. saya memilih prodi kebidanan karena saya merasa jurusan kebidanan itu keren dan menjanjikan.
Pertama-tama saya melanjani kuliah kebidanan, saya sangat senang mempunyai teman-teman baru disana. Namun setelah saya menjalaninya terus, saya merasa tidak kuat dengan darah karena fisik saya lemah. Saya memilih prodi kebidanan karena ikut-ikutan teman saja, akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari kebidanan.

Berikut foto saya bersama teman-teman mahasiswa kebidanan

Pada saat pembukaan jalur mandiri UNJ saya langsung mendaftarkan diri, dan saya harus mengikuti test di SMAN 21 jakarta. Pada saat test saya di antar teman saya, kami kesana menggunakan angkutan umum. Kemudian saat pengumuman kelulusan saya dinyatakan lulus dan diterima dalam prodi D3 pariwisata, saya sangat senang sekali.
Sebelum masuk kuliah saya pergi ke yogyakarta bersama keluarga saya. Tujuan saya kesana untuk liburan bersama. Setelah sampai dijogja kami terlebih dahulu mencari hotel dan menginap di hotel tersebut untuk  beristirahat. Selanjutnya saya belanja ke malioboro Dan kami melanjutkan perjalanan ke candi prambanan. Disana kami melihat-lihat candi, kemudian berfoto-foto. Berikut foto-foto saya bersama kelurga:

Pada tanggal 10 Oktober 2015 usia saya tepat 19 tahun. Pada ulang tahun ini yang pertama mengucapkan selamat adalah mama saya, dia mencium pipi saya. Dan saya sangat bahagia sekali. Lalu yang mengucapkan selanjutnya adalah sahabat-sahabat saya, mereka memberikan suprise kepada saya.