Minggu, 08 November 2015

Tugas 1-Autobiografi Nurul Ikhrimah



Suka duka selama 18 Tahun



Perkenalkan nama saya Nurul Ikhrimah , saya dilahirkan di dunia ini pada tanggal 08 September 1997 hari Senin manis (dalam tanggalan Jawa) di Jawa Tengah , Pemalang di desa Bantarbolang dari pasangan Muhammad Kibi dan Kurniati.
Gambar AKTA kelahiran saya


 Peiode Balita

Kedua orang tua saya berasal dari daerah yang berbeda dan pulau yang berbeda pula , Papa saya Sumatera - Bangka belitung dan Mama saya Pemalang - JawaTengah . Sebelum papa saya menikah dengan mama saya papa saya beragama protestan .Papa saya seorang mualaf setelah menikah dengan mama saya , pekerjaan mama saya adalah ibu rumah tangga dan papa saya seorang wiraswasta .Saya anak 1 dari 4 bersaudara , semenjak saya dilahirkan keluarga mama saya sangat senang karena mempunyai cucu lagi terutama ua (dalam bahasa jawa artinya kakak dari mama), nenek dan kakek .Dari kecil saya dilatih atau diajarkan untuk berbicara dari yang tidak jelas hingga jelas pengucapannya , dari berjalan merangkak hingga berdiri dengan tegak .Di desa saya masih kental dengan adat istiadatnya , setalah saya dilahirkan banyak sekali seperti ritual-ritual yang harus dilakukan. Waktu itu saya di kurung dalam kurungan ayam, lalu memilih barang-barang katanya supaya mereka tahu besar nanti akan jadi apa , dan saya mengambil uang pada saat itu .

Ini gambar ketika saya sedang berlatih jalan              


Foto ketika berumur 5 tahun

Periode TK

Ketika saya berusia 2 tahun saya dibawa orangtua saya merantau di Jakarta dan tinggal disana . Beranjak umur 5 tahun saya dimasukan ke sekolah TK Raudhatul Janah selama 2 tahun , saya bersekolah di TK ini. Setiap berangkat dan pulang saya selalu diantar oleh mama mau pun pulang. Suatu ketika saya belum di jemput oleh mama saya , kemudian  terdiam sejenak di area permainan TK yaitu pesawat-pesawatan yang bisa berputar itu. Lalu tanpa di sadari saya buang air besar dan kembali menangis karena mama saya tidak datang-datang untuk menjemput , dan pada saat itu saya di bersihkan oleh guru saya yang bernama Bu Ana itu hal yang paling memalukan pada saat sayaTK. Selama saya TK , saya mempunyai banyak sekali teman , sayangnya saya lupa nama-nama mereka karena banyak sekali dan sekarang sudah seperti apa saya tidak mengetahuinya ”Maaf ya Teman”.

Ini foto teman-teman saya

 
Ketika saya TK ada seorang anak laki-laki kalau tidak salah namanya Deni , dia orangnya sangat jail sekali sama saya sukanya mengganggu , tetapi saya senang sekali. Tak terasa sudah hampir 2 tahun saya sudah mau wisuda TK (Kelulusan). Pada saatnya tiba acara tersebut saya dan tema-teman kelas saya menyanyikan lagu shalawatan di acara wisuda tersebut. Lalu kami berfoto-foto dan ini gambar ketika acara wisuda berlangsung.



Periode SD


Setelah usai bersekolah TK, orangtua saya mencarikan saya SD dijakarta untuk melanjutkan sekolah bernama SD PULOGADUNG ,saya bersekolah tersebut tidak lama hanya betahan 2 tahun setelah itu saya berpindah sekolah ke SD 01 PLUIT JAKARTA karena orangtua saya hidupnya masih berpindah-pindah bisa dibilang merantau dan masih ngontrak rumah. Setelah itu saya bersekolah di SD tersebut hanya sampai dengan kelas 4 saja. Kemudian saya berpindah sekolah lagi yaitu di Bogor yang bernama SD BPK PENABUR BOGOR, sebelum saya bisa masuk sekolah tersebut saya harus melewati test tertulis tersebut. Lalu saya pun disuruh orangtua untuk giat belajar, tiba saatnya untuk melaksanakan test tersebut. Akhirnya saya pun lolos dan masuk kesekolah itu dan menjadi anak baru. Berjalannya waktu saya mulai mendapatkan banyak teman dan saya pun menikmati bersekolah yang baru itu . Suatu ketika ada pelajaran Bahasa Sunda disitu saya mulai bingung, karena saya tidak paham dan sama sekali tidak mengerti pelajaran itu terutama yang paling parahnya yaitu aksara sunda yang menurut saya dilihat gampang tapi untuk dituliskan dengan cepat sangat sulit sekali, saya pun memahaminya sedikit demi sedikit .Tiba-tiba guru saya ingin mengadakan ulangan , dan saya hanya bisa menangis karena benar-benar tidak bisa,lalu teman saya mengajarkannya dan akhirnya alhamdullilah saya mendapatkan nilai yang sangat memuaskan yaitu 9,8 . Saya masuk di sekolah ini melanjutkan kelas 4 SD yang sempat tertunda karena kelas 1 sampai 3 saya berpindah-pindah. Sudah 3 tahun saya bersekolah di SD ini,Tak terasa saya sudah mau lulus dan ujian terakhir saya yaitu ujian kelulusan (UN/Ujian Nasional) agar bisa melanjutkan jenjang sekolah menengah pertama.Hari itu tiba hati pun “dag-dig-dug” serasa hidup dan mati,setelah melewati UN tersebut akhirnya saya mendapatkan nilai yang lumayan baik.Dan kelas 6 pun mulai usai dilewati saya dan teman-teman saya mengadakan acara perpisahan didaerah puncak disana kami merasa senang dan disisi lain saya sedih karena akan berpisah dengan mereka. Acara perpisahan pun usai lalu saya dan teman-teman sudah sibuk dengan mencari sekolah-sekolah lanjutan. Ini foto perpisahan kelas 6B bersama wali kelas bernama Maria ibu guru tercinta yang sangat sabar.

Periode SMP(SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)

Saya telah berumur 12 tahun , tak terasa sudah begitu cepat pertambahna umur saya ini,lalu saya melanjutkan bersekolah swasta kembali karena orangtua saya percaya kalau sekolah swasta itu yang terbaik. Dan lagi-lagi saya harus masuk sekolah itu dengan tes tertulis,lalu saya belajar dan belajar.Pada saatnya tiba tes tersebut,”Alhamdullilah saya lulus dan nama saya terdapat di papan pengumuman tersebut”. Kemudian saya masuk ke SMP BUDI MULIA BOGOR dan setelah masuk kesekolah tersebut, saya harus melakukan ospek yang tidak jelas itu . Rambut diikat 10 lalu membawa tas kardus sudah seperti orang gila. Tetapi saya senang sekali bisa ngerjain kakak-kakak seniornya itu dan saya juga mendapatkan banyak teman baru. Saya mengikuti ekstrakulikuler pramuka dan pmr tetapi saya lebih aktif di pmr. Karena kalau pramuka disekolah saya tidak terlalu diekspos sehingga saya malas tetapi saya tetap berangkat untuk bertemu kakak pembinannya dan sekaligus berlatih bersama , sedangkan saya kalau di ekstrakulikuler pmr. Saya sangat menikmatinya soalnya anak-anakya lucu . Ada seorang anak laki-laki bernama Mendra dia itu cowok tapi mainnya dengan anak-anak perempuan terus jadi lebih enak aja kalau bermain atau berbincang-bincang dengan dia, dia sukanya mainin rambut dia , padahal rambutnya seperti landak berdiri gitu deh.Ketika kelas 1 SMP usai, lalu naik kekelas 2 dan selanjutnya ke kelas 3 nah dikelas 3 itu saya mulai menyukai seseorang sekedar hanya suka-suka saja. Hari Rabu hujan turun deras saya berangkat sekolah membawa payung, hujannya cukup deras dan rok saya basah serta sepatu pun ikut basah kemudian saya masuk kelas lalu duduk, nah disitu duduk dengan anak cowok yang bernama Nicoulas Simon dia absen diatas saya jadi kalau dikelas atau diruang komputer saya selalu dekat dia, pada kejadian itu tangan saya dingin sekali . Sayangnya dia suka sama teman saya lalu diapun mencari tahu tentang teman saya yang bernama Anastasya melalui saya. Berjalannya waktu kok dia udah jarang tanya-tanya tentang kabar Anastasya itu, si Nico itu cerita sama temen cowoknya namanya Chito, nah si Chito bilang ke saya kalau Nico ada perasaan sama saya, hatipun senang. Saat ujian-ujian akhir praktek untuk kelulusan . Kebetulan saya sekelompok dengan dia dan kamipun berlatih serta mempelajari dengan sangat giat. Pada saatnya tiba ujian praktek tersebut saya dan kelompok saya maju untuk giliran menampilkan,saat itu saya berbicara tidak lantang karena saya gugup sekali, sesusah usai teman saya yang bernama Nico itu marah saat itu juga aku sedih dia udah mulai menjauhi saya karena hal itu. Setelah ujian praktek usai kamipun melakukan ujian-ujian nasional. Saatnya tiba pengumuman alhamduliilah kami semua lulus dengan nilai yang sangat benar-benar memuaskan.Padahal kelulusan sebentarlagi. Hari dan tanggal kelulusan itu tiba kami serta teman-teman merasa senang tetapi kami juga sedih karena berpisah. Nico pun tidak tahu kabarnya.

Foto bersama saat 17 Agustusan berlangsung 





Foto di area permainan salah satu Mall di bogor



 
Periode SMK(SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN)

Setelah saya lulus sekolah SMP saya bingung akan masuk kemana namun, orangtua saya menyarankan untuk bersekolah di jawa tengah tepatnya di pemalang. Sebelumnya orang tua saya menyarankan untuk masuk pesantren tetapi saya tidak mau, Jadi saya dibawa ke Jawa tengah untuk tinggal dan bersekolah disana untuk melanjutkan jenjang berikutnya. Sekaligus menemani nenek dari mama saya. Mau tidak mau sayapun sadar agar saya bisa lebih mandiri . Awalnya saya bilang ke orangtua saya , saya ingin masuk sekolah pariwisata, tetapi ada masalah dengan SMK pariwisata tersebut yang bernama “SMK LIBERTY PEMALANG” karena gedung itu bukan miliknya bisa dibilang masih numpang katanya. Saya pun mulai galau karena saya belum tau daerah ini sangat asing sekali untuk saya. Kebetulan saya punya saudara perempuan (sepupu) yang bernama Ika Diana Ningrum dia alumni SMK NEGERI 1 PEMALANG, dan sayapun disarankan untuk masuk kesana. Kemudian saya mendaftar ditemani ua saya ke sekolah tersebut. Dengan persyaratan yang ribet dan tidak mengenal 1 pun orang disini saya merasa terasingkan . Saya memberanikan diri untuk berkenalan dengan mareka-mereka itu. Saya melewati tes masuk dan alhamdullilah sayapun masuk kesekolah negeri tersebut “SMK N 1 PEMALANG”.Setelah itu kami dikumpulkan dan diberikan pembekalan untuk MOS(Masa Orientasi Siswa) nanti,lalu saya disuruh kakak-kakak senior untuk membawa makanan-makanan dan minuman yang sama sekali tidak bisa saya pahami dan saya mengerti.Akhirnya saya bertanya-tanya dengan tentangga,teman-teman,orang sekitar,orangtua dan keluarga.Yang saya bawa untuk MOS nanti yaitu: Air kencing kuda(AQUA), Nasi Daur ulang(Nasi Goreng),Kue pelangi(Rainbowcake),Teh gunung(Mountea) dan kami disuruh untuk membawa topi caping dan pohon kedongdong untuk ditanam diarea sekolah tersebut karena area belakang sekolah saya yaitu lahan kosong dan area sekitarnya yaitu sawah-sawah .Tak ketinggalan pula kami disuruh membawa tas bulok,topi caping sesuai jurusan yang diambil,sebelum saya memilih jurusan terlebih dahulu saya diceramahi oleh orang tua saya.Karena saya bingung untuk mengambiljurusan apa?Sedangkan di sekolah itu tidak  ada pariwisata dan saya memberanikan diri untuk mengambil Administrasi Perkantoran.Kata papa saya jika kamu mengambil jurusan PE(Pemasaran) kamu mau jadi apa ?Katanya pun tak diperbolehkan,kemudian AK(Akuntasi)kamu harus pintar dalam berhitung ,lalu AP(Administrasi Perkantoran)kamu harus menguasai pelajaran Bahasa Indonesia,lalu ada 1 jurusan lagi yaitu TKJ(Tekhnik Komputer Jaringan)sedangkan saya tidak menyukai jaringan,tetapi untuk nilai-nilai komputer saya sangat menguasai sekali saya selalu mendaptkan nilai baik yaitu diatas 9,00. Sehingga saya mengambil keputusan untuk mengambil AP (Administrasi perkantoran) tanpa berpikar panjang dan mengisikan di formulir tersebut pada saat pendaftarn waktu itu. Tidak menyangka saya masuk ke Jurusan tersebut, padahal itu bukan tipe saya kalau bekerja nanti hanya berdiam diri saja.


Berpetualangan ke Curug Watukumpul-Moga
 Foto bersama di Bongkok-pemalang
Kelas 1 mulai berlalu dan kami semuapun naik ke kekelas 2,dan di akhir kenaikan ke kelas 3 kami semua anak kelas 2 akan melakukan study tour ke pulau Bali. Kami pun diberikan sosialisasi untuk mempersiapkan study tour tersebut pada bulan Agustus.

Bulan Agustus pun tiba dan saya sudah mempersiapkan semuanya kami pun di bagi-bagi menjadi beberapa rombongan semuanya terdapat 10 bus pariwisata. Selama perjalanan saya sangat menikmati pemandangan yang sangat begitu indah tetapi saya sebal sekali karena cuman hanya duduk saja di dalam bus. Untuk Jurusan AP kami mendapatkan Study di Suara Merdeka Semarang. Kami pun mengikuti semua jadwal yang sudah terncang dengan baik.Setelah itu kami melanjutkan perjalanan yang menjadi tujuan utama kami yaitu BALINESA. Siang lalu berganti malam kemudian melewati penyebrangan Ketapang, akhirnya kami pun sampai dengan selamat di pulau Bali tersebut. Yang ada dipikiran saya yaitu ingin cepat sampai hotel karena badan saya cape sekali karena hanya dibus saja. Sesampainya di Hotel Made bali kami pun mulai chek in dan prepare untuk jadwal selanjutnya.Keesokan harinya kami berkeliling Bali dan kamipun mengunjungi ;Tari Barong , Dreamland , Pantai Kuta , Pusat perbelanjaan (JOGER), Museum Bali , GWK dan masih banyak lagi.

At GWK(Garuda Wisnu kencana)







Bersama Wisata asing 
berasal dari Australia









ini foto-foto bersama teman-teman ketika 
di pulai dewata bali pantai kuta.
 







Tidak terasa sudah 4 hari saya berkunjung pulau bali,dan akhirnya kamipun pulang dan melewati perjalanan darat yang sangat begitu lama.Tepatnya jam 10 malam kami sampai di kota pemalang dengan selamat.Ini gambar bersama wali kelas saya Bu Emi Kadarwati 
At Hotel Made Bali

Setelah kami melakukan Study tour kami diberikan tugas untuk menceritakan pengalaman-pengalam dan membuat sebuah makalah.Dan tidak terasa kami sudah mau beranjak dari kelas 2 dan naik ke kelas 3.Berjalannya waktu kamipun naik ke kelas 3 dengan nilai yang sangat memuaskan.Kelas 3 ini kami sudah disibukan dengan UN,Ujian Praktek-Praktek,dll.Saya dan teman-teman mulai fokus dengan mata pelajaran dan mengikuti berbagai les,dan kerja kelompok.Tiba saatnya untuk melaksanakan UN ,dan hari pertama UN itu sangat gugup sekali hati dag-dig-dug,tangan pun dingin.Setelah melewati UN hatipun tenang,tetapi tidak tenang menunggu hasil pengumuman nilai UN tersebut.Dan hasil pengumuman tiba orangtua dipanggil untuk datang ke sekolah dan masuk ke ruang kelas,tetapi untuk muridnya tidak diperbolehkan untuk masuk.Jam menunjukan pukul 5.00 WIB orangtua pun keluar dari ruangannya dan membawa surat kelulusan dan beserta nilai-nilai yang sudah tertera didalam amplop tersebut.Saya membuka amplop itu di kamar seorang diri,dan tiba-tiba saya berteriak karenan saya lulus dengan nilai yang lumayan memuaskan serta nilai-nilai saya diatas KKM semua.Walaupun yang meluluskan itu dari sekolah itu sendiri karenan tahun ajaran 2014/2015.Kami pun lulus dan melangsungkan wisuda/pelepasan.


Bersama Mama






Acara wisuda dan pelepasan 
2014/2015 Hotel regina 



Periode UNIVERSITAS



Setelah saya lulus saya saya berniat untuk melanjutkan ke universitas sayangnya saya bingung harus kemana, lalu saya mendaftar SBMPTN dan akan melakukan tes SBMPTN itu di daerah Purwokerto, disana saya bermalam 2 hari (kost kamar) untuk mempersiapkan test tersebut. Menunggu waktu pengumuman yang begitu lama selama 1 bulan , akhirnya pengumuman itu tiba dan saya tidak lolos dalam test seleksi ini dan akhirnya saya putus asa udah tidak tahu harus kemana, orangtua pun mulai bawel dan saya pun dimarahin. Lalu saya berfikir mencari tahu Universitas yang masih membuka penerimaan mahasiswa baru. Dan saya mencari area jakarta yaitu saya memilih UNJ , entah kenapa saya memilih UNJ saya tidak tahu. Lalu saya mencari informasi dan mengikuti tes seleksi masuk UNJ melalui PENMABA. Pada saatnya pengumuman saya membuka link nya, dan tidak menyangka alhamdullilah saya lolos dan masih tidak percaya walaupun saya masuk dipilihan ke-2 yaitu Pariwisata dan pilihan 1 saya yaitu Managemen melanjutkan ilmu yang saya dapatkan dari SMK saya. Tapi Allah berkehendak lain, yaitu saya masuk Pariwisata , jurusan yang dari saya inginkan dan baru kali ini saya mendapatkannya .Orangtua pun juga ikut senang mendengar kabar tersebut. Lalu saya mulai daftar ulang yang sangat membuat saya drop karena saya harus bolak-balik Jakarta-Bogor selama daftar ulang, tetapi saya menjalankan dengan hati senang saja. Daftar ulang pun mulai selesai dan saya akan melakukan MPA sejenis ospek. Tiba saatnya MPA hari pertama 1 saya terlambat dikarenankan saya menggunakan bus APTB dan terkena macet di Tol, yang seharusnya saya sudah sampai pkl.05.00 dan saya sampai kampus pkl.09.00 . Kemudian saya dihukum oleh kakak-kakak senior untunganya acara itu sudah dimulai jadi saya dimarahi hanya sebentar dan kata kakanya hukumannya nanti. Lalu saya masuk ketempat acara. Selanjutnya hari II dan III saya pun terlambat karena waktu. Dan pada saat closing saja saya tidak terlambat. Saya masih ingat perkataan kaka itu kalau tidak salah kakak itu bernama “Aldino”,yang berbicara hukumnya nanti 2x hingga sekarang hukuman itu tidak pernah terjadi.Saya berkuliah di universitas ini dan mendapatkan banyak teman-teman baru .
Satu Kasta 2015 Cisarua-Bogor



 



Sekian perjalanan hidup saya selama 18 tahun .



Nama : NURUL IKHRIMAH (4423155584)
Kelas : UJP B

7 komentar:

  1. Pas dicurug ga ada foto gua gara gara gue yang fotoin haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyh vis.mohon dimaklumi ya . Krn foto"terlalu banyak sehingga hanya bebrpa yg sya pakai :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Bagus rul,, cuma kurang komunikatif :)
    Owh ya,, numpang ngelurusin sedikit. .
    Saya adlh org pemasaran,, dan dunia pemasaran itu adl cikal bakal para pengusaha...
    Jdi buat yg pingin jadi pengusaha ambillah prodi pemasaran..

    Salam 3 jari,, salam entrepreneur :)

    BalasHapus
  4. Kata katanya harus lebih bijaksana lg (saat pilih jurusan di SMK)

    BalasHapus
  5. Sukses selalu dah buat fitri,

    BalasHapus