Minggu, 08 November 2015

Tugas 1 - Autobiografi Sarah Amalia

17 Tahun Kisah Hidupku

Pada tanggal 14 Oktober 1995, Ayah dan Bunda saya melakukan acara pernikahan di kediaman Bunda saya. Ayah saya bernama Mardedi dan Bunda saya bernama Suryanih. Pada tanggal 1 Juli 1996 di Jakarta, Ayah dan Bunda saya dikaruniai anak pertama yaitu kakak saya yang bernama Muammar Syaiful atau yang akrab disebut sebagai Adit. Dua tahun setelah itu Ayah dan Bunda saya dikaruniai seorang anak perempuan pada tanggal 24 Februari 1998 di Jakarta yaitu saya sendiri yang bernama Sarah Amalia. Selama Bunda saya mengandung saya 9 bulan, Bunda saya pernah mengalami kejadian yang hampir membuat kandungan Bunda saya keguguran pada saat Bunda saya sedang mengantar kakak saya ke kamar mandi dan Bunda saya terjatuh. Pada waktu kecil saya diasuh oleh Kakak dari Bunda saya. Dan kakak saya diasuh oleh Nenek saya. Pada waktu itu Ayah dan Bunda saya bekerja dua-duanya sehingga tidak sempat untuk merawat saya dan kakak saya. Sampai akhirnya saya berumur lima tahun, keluarga saya dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Muammar Rayhan pada tanggal 13 April 2003 di Jakarta, bunda saya tidak bekerja lagi dan hanya ayah saya saja yang bekerja. Jadilah saya anak perempuan satu-satunya dikeluarga saya.
Dan ini adalah foto saya sewaktu kecil



   

Pada saat saya kecil, saya dan keluarga pergi ke Taman Safaria Cisarua Bogor. Pada waktu itu ayah saya mengajak saya untuk menaiki wahan kereta hantu,  saya tidak mau karena saya ketakutan tetapi ayah saya tetap memaksakan saya untuk masuk menaiki kereta tersebut dan akhirnya saya menaiki kereta hantu itu. Dariawal saya naik sampai sepanjang perjalanan saya menangis sekencang-kencangnya karena ketakutan melihat boneka-boneka hantu yang ada disana. Tetapi sesudah menaiki wahan tersebut ayah saya berkata bahwa agar kelak suatu saat nanti saya tidak perlu menakuti hal yang sudah tidak ada dibumi ini seperti setan atau hantu.

Saya pertama kali sekolah Taman Kanak-kanak saya masih berumur 2,5 tahun. Dan saya masuk Sekolah Dasar berumur 4,5 tahun di SDN DUKUH 04. Pada kelas 6 Sekolah Dasar, saya bersama sahabat saya yang bernama Ria Anggraini suka mendatangi rumah teman saya untuk membantu teman saya yang kurang mengerti dalam pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Saya mengajarkan Matematika dan Ria mengajarkan Bahasa Inggris.
Dan akhirnya saya lulus Ujian Nasional Sekolah Dasar dengan nilai rata-rata nilai 8,3. Dan saya bersyukur mendapatkan nilai yang memuaskan. Dan akhirnya saya memasuki Sekolah Menengah Pertama di SMPN 24 Jakarta yang tempatnya dekat dengan rumah saya.

Pada saat saya SMP saya sangat menyukai komik Detectif Conan dan saat sekolah dulu sering membawa komik tersebut setiap harinya. Di SMP saya juga mengikuti Ekstrakulikuler Pramuka dan saya mendapatkan banyak pelajaran dari Ekskul tersebut. Belajar untuk bertanggung jawab diri sendiri, belajar untuk mandiri, kedisiplinan, saling membantu, kekompakkan dan lainnya. Di pramuka saya juga mengikuti banyak lomba-lomba dan mengikuti Jambore Ranting (JamRan).
Ini adalah gambar saya bersama teman-teman saya sewaktu SMP. Foto ini diambil ketika saya dan teman-teman saya sudah lulus dari SMA/SMK


Dan akhirnya saya lulus Ujian Nasional SMP dengan nilai rata-rata 8,2. Dan saya bersyukur mendapatkan nilai yang memuaskan lagi dari hasil usaha saya sendiri. Dan akhirnya saya mendapatkan sekolah yang saya inginkan di SMKN 24 Jakarta dan mendapatkan jurusan  yang saya inginkan pula yaitu Akomodasi Perhotelan.

Pada awal saya masuk SMK, saya sangat semangat untuk masuk sekolah, tetapi lama kelamaan saya menjadi bosan karena pelajarannya Full English. Tetapi akhirnya saya dapat menjalankannya dengan senang hati.
Saya mengambil Ekstrakulikuler Seni Tari karena dari kecil saya gemar menari dan merupakan hobi saya juga. Dan di Ekskul tersebut saya bisa mengembangkan hobi saya yang satu ini. Awalnya saya suka menari Modern dan saya tidak bisa menari Tradisional. Tetapi di Ekskul ini saya belajar menari tarian Tradisional dan sering mendapatkan tawaran menari di tempat-tempat lain, dan saya sering berjumpa dengan artis-artis Indonesia dalam acara tersebut. Dan saya juga pernah mengikuti lomba tari Tradisional di SMK 57 mendapatkan juara ke-2 se-Jakarta. Dan juga pernah lomba menari Modern mendapatkan juara ke-2 juga di museum bank Indonesia.
Dan ini adalah foto-foto saya saat sedang menari
   

            
 

          

Dan pada saya kelas 11 SMK, saya menjalani masa training atau sering disebut dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Fraser Residence Sudirman Jakarta. Awalnya saya mendapatkan tawaran training di Pullman HI tetapi tidak diterima pada saat wawancara dan akhirnya saya diterima di Fraser Residence pada bagian Housekeeping tepatnya Room Attendant. Pada awal menjalani masa training bertepatan dengan bulan Ramadhan, saya mendapatkan cobaan yang berat. Saya sering mengeluh karena lelah dan mendapatkan tekanan batin karena sering dimarahi oleh Manager Housekeeping dan Supervisor dikarenakan belum mengerti semua Standard Operational Procedur (SOP) dalam mengerjakan kamar tetapi lama-kelamaan saya menjadi terbiasa.Disana saya mengetahui dunia luar yang sebenarnya tentang apa yang belum saya ketahui sebelumnya. Saya disana mendapatkan pelajaran yang sangat berharga seperti menghargai waktu, disiplin dalam bekerja, bagaimana cara memberikan pelayanan yang terbaik untuk tamu dan yang lainnya. Saya juga banyak bertemu tamu dari berbeda-beda Negara. Saya disana juga mendapatkan gaji tetapi tidak sebesar gaji karyawan disana, mendapatkan banyak teman baru disana, terutama mendapatkan pengalaman yang tidak dapat terlupakan.

Dan ini adalah foto ketika saya training di Fraser Residence
 

       
Setelah melewati masa training 6 bulan di Fraser Residence, saya mendapatkan Sertifikat Training disana dan saya pun kembali lagi untuk bersekolah. Setelah saya kembali lagi kesekolah, sebulan kemudian saya dan teman-teman se-periode saya diundang dalam acara Ulang Tahun Fraser Residence Sudirman Jakarta yang kedua dan acara tersebut bertemakan ‘Beach Party’. Acara tersebut diadakan pada malam hari di Ballrom Fraser Residence.
Dan ini adalah foto ketika acara Farewell Party


Seminggu sebelum saya ulang tahun yang ke-16, Ayah saya pergi ke Tanah Suci untuk melakukan ibadah Umroh bersama dengan Om saya. Saya sangat sedih karena saya berpikir bahwa pada saya Ulang Tahun Ayah saya tidak ada bersama saya. Pada saat tanggal 24 Februari 2014 bertepatan dengan hari Ulang Tahun saya. Ketika saya bangun tidur dirumah saya tidak ada siapa-siapa, hanya saya dan kakak saya yang ingin berangkat kesekolah. Bunda saya pergi pagi-pagi untuk menyiapkan kepulangan ayah saya dari Tanah Suci, saya sangat kesal karena tidak diberi uang jajan dan sarapan pagi. Saya berangkat kesekolah dengan hati yang penuh dengan kekesalan, tetapi ketika saya sampai disekolah, saya langsung disambut dengan teman-teman saya yang mengucapkan dan menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ kepada saya dan ada juga yang memberikan hadiah kepada saya, saya merasa senang dan sedih dalam satu waktu. Ketika saya pulang, Bunda saya sudah sampai dirumah dan mengucapkan saya selamat Ulang Tahun. Dan beberapa waktu kemudian Ayah saya bersama keluarga besar dari Ayah saya datang untuk mengantar Ayah saya sepulang Umroh. Dan pada saat itu keluarga saya semuanya mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada saya dan saya merasa sangat senang karena baru kala itu semua keluarga saya mengucapkan Ulang Tahun kepada saya secara langsung. Dan sesudahnya Bunda saya mengeluarkan kue Ulang Tahun kepada saya dan Ayah saya memberikan hadiah yang sengaja ia beli disana untuk saya. Dan itu adalah pengalaman ulang tahun saya yang ke-16 yang tidak pernah saya lupakan

Dan pada saya memasuki kelas 12, saya melakukan sesi foto Buku Tahunan Sekolah (BTS). Awalnya saya dan teman-teman saya sekelas memilih tema bola dan ingin melakukan di Gelora Bung Karno (GBK). Saya dan teman-temannya saya datang ke GBK untuk melakukan sesi pemotretan, tetapi tidak diizinkan oleh pihak GBK karena lapangan GBK tersebut ingin digunakan untuk pertandingan beberapa hari sesudahnya. Akhirnya, saya dan teman-teman saya tidak jadi melakukan foto di GBK dan berpindah ke lapangan utama Jambore Cibubur. Dan setelah pengambilan foto tersebut hasilnya tidak memuaskan dan akhirnya saya dan teman-teman saya pun serentak untuk mengganti tema kelas untuk foto BTS, yang awalnya bertemakan bola menjadi Vintage. Dan akhirnya saya dan teman-teman saya pun mengambil foto di salah satu tempat wisata di Jakarta yaitu Taman Mini Indonesia Indah tepatnya di Anjungan Kalimantan Barat, dan Alhamdulillah hanya dalam satu kali sesi pemotretan akhirnya hasilnya memuaskan setelah sebelumnya melewati sesi pemotretan berkali-kali yang tidak memuaskan.

Detik-detik menjelangan Ujian Nasional pun tiba, saya dan teman-teman saya mengikuti kelas tambahan yang diadakan dari pihak sekolah yaitu kelas Penambahan Materi (PM). Saya dan teman-teman saya giat belajar setiap hari sehabis pulang sekolah kami selalu kerumah teman saya untuk belajar bersama, tak jarang juga akhirnya kita tidak jadi belajar dan hanya bermain atau berbincang-bincang dan bercanda-canda bersama.
Ujian Nasional pun tiba, saya, teman-teman dan guru-guru saya telah melakukan doa bersama untuk kelancaran dalam melakukan Ujian Nasional. Saya dan teman-teman saya merasa sangat takut dan gugup karena Ujian Nasional kali ini berbeda dengan waktu SD dan SMP. Tetapi akhirnya kami semua bisa melewati masa-masa Ujian Nasional sampai hari terakhir.
Ini adalah foto saya dan teman-teman saya



             

Setelah saya beristirahat selama satu bulan lamanya, sekolah saya mengadakan acara wisuda untuk anak kelas 12 yang sebentar lagi akan dilepas dari sekolah dan bertepatan dengan hari pengumuman nilai Ujian Nasional yaitu pada tanggal 15 Mei 2015. Dan pada saat itu saya terkejut karena nama saya dipanggil kedepan dan mendapatkan nilai UN terbaik ke-2 se-jurusan. Saya merasa terkejut, tak percaya, dan senang juga dalam satu waktu, saya dapat membuktikan kepada Bunda saya bahwa semua kerja keras dalam belajar saya ada hasilnya. Saya merasa berterima kasih kepada Orang tua saya yang mendukung dan mendoakan saya, kepada Guru saya yang telah memberikan saya pelajaran dan materi karena berkat mereka-lah saya dapat mengerjakan dengan baik, serta dorongan dari teman-teman saya. Terutama saya sangat berterimakasih kepada Allah SWT karena berkat karunianya lah saya bisa mendapatkan nilai yang terbaik.
Ini adalah foto saya ketika sedang wisuda
 

   
Dan dari sekolah inilah saya menemukan sahabat-sahabat saya. Mereka adalah Nindya Afrilia, Ade Bagus Satrio, Danny Andriyanto dan Maulita Nurayaltin. Mereka adalah sahabat yang selalu menemani saya disaat saya terpuruk, menghibur saya ketika saya sedih, mereka selalu mendengarkan keluh kesah saya, disaat saya senang mereka menemani saya senang-senang bersama, disaat saya susah mereka mensupport saya. Kita saling support satu sama lain. Saya sangat berterimakasih untuk mereka semua karena sudah mau menjadi sahabat saya dan telah menjadi bagian dari hidup saya.
Dan ini adalah foto saya bersama sahabat-sahabat saya



Setelah lulus dari SMK, untuk mengisi waktu luang saya mengikuti kerja paruh waktu atau Part Time (PT) di hotel-hotel yang berada di Jakarta. Part Time tersebut ditawarkan oleh guru-guru saya untuk yang belum mendapatkan pekerjaan yang ingin bekerja, dan untuk yang mengisi waktu luang yang ingin kuliah.
Setelah tidak ada kegiatan selama tiga bulan lebih, saya mendaftarkan diri untuk mengikuti Ujian Mandiri di Universitas Negeri Jakarta dan saya mendapatkan tempat ujian di Universitas Islam Jakarta. Sebelumnya saya disuruh oleh Bunda saya untuk masuk ke STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) tetapi saya tidak terlalu berminat karena saya tidak memiliki basic dibidang tersebut dan saya lebih memilih untuk masuk ke UNJ (Universitas Negeri Jakarta) di Prodi Usaha Jasa Pariwisata karena saya sudah memiliki basic dibidang Pariwisata dan saya ingin mengembangkan pengetahuan saya dibidang tersebut. Pada tanggal 1 Agustus 2015 saya mengikuti ujian untuk masuk ke Universitas Negeri Jakarta dengan penuh semangat. Setelah melewati Ujian Mandiri, pada tanggal 10 Agustus 2015 saya dinyatakan LULUS masuk di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) prodi Usaha Jasa Pariwisata. Dan saya sangat bangga bisa masuk ke Universitas ini, karena tidak semua orang bisa masuk ke Universitas ternama di Jakarta ini. Dan di Universitas inilah tepatnya di Fakultas Ilmu Sosial jurusan Sejarah prodi Usaha Jasa Pariwisata saya mendapatkan banyak teman baru, dan terutama mendapatkan pelajaran baru yang belum saya ketahui tentang dunia Pariwisata.



Sekian dari 17 tahun kisah hidup saya

Nama : Sarah Amalia (4423155135)

Kelas : UJP B 2015

14 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Yaa semogaa sahabaat gua ini lancar
    kuliahnya..sukses kedepanyaa.... jngan lupa solat juga luu pea

    BalasHapus
  3. iyaa tuh sar,trus jangan lupa sama gue juga hahaa

    BalasHapus
  4. Awww ada fotokuuu😍sukses yaa mylovely😚 tetep&trs jd sahabatukuuuu mwah💙💜❤💝

    BalasHapus
  5. Kereeeennnn kaaaa👍kakak kls yg paling gue sukaaa, baik, pinter, care pulaaaa😘 sukses terus ya kaaaaa kuliahnyaaaaa. Jgn lupakan dakuuuuuuu. Mau jadi guru private gue nihhh😂😂 lafyuuusomayyy😘😘😘

    BalasHapus
  6. Kereeeennnn kaaaa��kakak kls yg paling gue sukaaa, baik, pinter, care pulaaaa�� sukses terus ya kaaaaa kuliahnyaaaaa. Jgn lupakan dakuuuuuuu. Mau jadi guru private gue nihhh���� lafyuuusomayyy������

    BalasHapus
  7. Kereeeennnn kaaaa👍kakak kls yg paling gue sukaaa, baik, pinter, care pulaaaa😘 sukses terus ya kaaaaa kuliahnyaaaaa. Jgn lupakan dakuuuuuuu. Mau jadi guru private gue nihhh😂😂 lafyuuusomayyy😘😘😘

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Haduh my beloved friend kuh fotonya knapa yg itu sih haha sukses trus deh buat kamu hahaha, thanks for everything you do and I'm always proud to be your bestfriend ������

    BalasHapus
  10. Selamat ya adik beda sebulan yg beda keluarga, terharu kakak dik 😂

    BalasHapus
  11. Selamat ya adik beda sebulan yg beda keluarga, terharu kakak dik 😂

    BalasHapus
  12. Pkl di fraser itu pake sepatunya yang ada hak nya apa ga ya? Bingung soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bagian apanya nih? kalau pkl cuman di bagian resto sama hk. dan kalau di resto harus pake hak, kalau di hk sepatu pantofel yg ga pake hak juga gapapa soalnya kerjanya kan cape gitu jadi takut fatal kalau pake hak

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus