Rabu, 04 November 2015

Tugas 1- autobiografi RATNA KOMALA SARI

Cerita hidupku selama 18 tahun
Namaku  Ratna Komala Sari biasa dipanggil dengan sebutan Ratna atau Mala. Aku berjenis kelamin perempuan dan lahir pada tanggal 09 April 1997 di kota Cirebon. Ayahku Uci Sanusi dan ibuku Nining Suningsih. Ayah bekerja sebagai buruh bangunan dan ibu  sekarang hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang baik. Aku anak pertama dari dua bersaudara, Adik perempuanku yang bernama Eva Dwi Rahmawati, dia sekarang masih sekolah SD kelas 2. Semua keluargaku beragama Islam begitupun denganku.  Kami tinggal di sebuah Desa kecil yang bernama desa Kamarang Lebak, RT. 011 RW. 01 Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya diantara perbatasan Cirebon-Kuningan.

Ayahku lahir pada tanggal 06 Agustus 1975, ibuku lahir pada tanggal 27 November 1978, dan adikku lahir pada tanggal 27 Januari 2008. Alhamdulillah aku mempunyai keluarga yang utuh, dan kedua orang tua yang sangat perhatian juga sangat menyayangiku dengan tulus. Kebahagiaanku ketika melihat kedua orang tuaku tersenyum bahagia. Aku sangat menyayangi kedua orang tuaku, aku berjanji akan mebuatnya bahagia.
 (foto bersama keluarga)

Masa-masa ketika Balita
Kata orang tuaku, saat balita aku mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan kurus sangat berkebalikan dengan ukuran tubuh adikku saat balita. Mungkin sudah takdir dan warisan gen dari kakekku yang juga beliau memiliki ukuran tubuh yang pendek. Kata nenek dan sodara-sodaraku ketika aku lahir kedunia, aku memiliki rambut yang begitu hitam, tebal, dan kulitku putih bersih. Pada penasarankan dengan fotoku saat balita? tapi maaf ya kawan-kawan tidak bisa melampirkan fotoku saat balita karena foto-fotonya ada di kampung halamanku tercinta yaitu kota CIREBON tepatnya di Desa Beber, itu loh desa yang terkenal dengan ‘SATE BEBER’. Aku bisa belajar berjalan pada umur satu tahun. Saat balita aku memdapatkan banyak sekali wawasan dari kedua orang tuaku dan dari orang-orang yang ada di sekitarku. Sehingga saat masuk TK aku sudah sedikit bisa menulis dan membaca.

Masa-masa ketika TK
             Pada saat umur 5 tahun Aku memulai karir pendidikan di Raudatul Athfal (RA) Al-Hidayah Desa Kamarang Lebak, Kec. Greged Kab. Cirebon, aku bersekolah di RA Al-Hidayah ini selama dua tahun, bukan berarti tidak lulus loh kawan-kawan, tetapi karena umurku masih 6 tahun dan saat itu salah satu  syarat bersekolah di Sekolah Dasar harus minimal berumur 7 tahun. Dan juga dulu saat aku masih kecil belum ada yang namanya PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Saat TK aku memiliki banyak teman, dan guru-gurunya yang sangat baik. Setelah 2 tahun belajar aku mendapat banyak sekali ilmu pengetahuan, yang tadinya aku sedikit bisa menghitung akhirnya aku pun mahir dalam berhitung, yang tadinya belum lancar membaca akhirnya akupun mahir dalam membaca dan bercerita. Semua itu berkat dukungan dari semua pihak yaitu guru-guru, orang tua dan orang-orang disekitarku yang selalu memberiku semangat dan memberikan kasih sayang yang tulus kepadaku. 
(foto ketika wisuda TK)
Masa-masa ketika SD
Lalu setelah umurku 7 tahun, aku melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar yaitu di SD Negeri Kamarang lebak Kab. Cirebon. Selama 6 tahun aku bersekolah di SD kamarang lebak ini banyak sekali kesan-kesan nya, baik suka maupun duka. Ketika jam istirahat aku dan teman-teman memanfaatkannya untuk bermain bersama dalam permainan tradisional seperti bermain kasti, sodor, petak umpet, buaya-buayaan, loncat tinggi pakai karet, dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya permainan tradisional itu sudah tidak di mainkan lagi oleh anak-anak zaman sekarang mungkin karana pengaruh canggih nya teknologi yang membuat mereka sibuk dengan games-games yang ada di anroid. Maka dari itu permainan tradisional perlu di lestarikan dan di perkenalkan kepada anak-anak masa kini.
 Alhamdulillah saat aku SD aku selalu mendapat juara dikelas, mulai dari kelas 1-3 aku mendapat peringkat pertama dari 36 murid. Tiba-tiba saat kelas 4-6 peringkatku turun menjadi peringakt kedua, kadang ketiga. Tapi aku tetap bersyukur dengan apa yang telah aku capai. Saat SD juga aku sering mengikuti lomba-lomba seperti lomba menulis, membaca, bercerita, membuat kaligrafi, lomba menari dan masih banyak lagi. Sehingga aku mendapat banyak sekali piagam-piagam penghargaan dari sekolah. 6 tahunpun berlalu dengan cepat, kini saat nya Ujian Nasional tingkat SD dilaksanakan, saat itu aku merasa sangat gugup, dan takut. Tapi aku optimis pasti aku bisa dan lulus dengan nilai yang bagus. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya aku dinyatakan “LULUS”, tetapi nilai Ujian Nasionalku tidak besar, hanya 21,75.
(foto ketika SD)
Masa-masa ketika SMP
Melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu di SMP, Saat SMP Aku bersekolah di SMP  Negeri 1 Greged Kab. Cirebon, tepatya berjarak ± 1 Km di mana SD ku berada. Di SMP aku menimba ilmu selama 3 tahun lamanya, dan masuk dalam peringkat 5 besar. Saat SMP pun aku selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan disekolah, seperti Pramuka dan PMR. Pelajaran yang aku suka saat SMP itu pelajaran IPA dan pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi itu loh materi tentang komputer jaringan, hardware dan software komputer .Saat kelas 3 aku menjadi asisten guru untuk mata pelajaran komputer. Itulah pengalamanku yang mengesankan saat pertama kali mengajar komputer kepada teman-teman sekelasku. Dan saat itu juga membuatku termotivasi ingin menjadi seorang “guru”.
Dimasa ini pula aku mengenal yang namanya percintaan dan persahabatan yang sejati.  Aku memiliki tiga orang sahabat yang sejati, ia bernama Ayu Nengsih, Noviyanti Eka Rahayu, dan Fitri Handayani. Mereka bertigalah yang mengajarkan arti persahabatan sejati, suka dan duka kita lalui bersama.
Hal yang paling berkesan selama SMP itu ketika praktek Seni Budaya, itu tugas nya  berkelompok harus menampilkan tarian modern dance, atau teater drama. Kelompokku memilih tarian modern dance dengan beranggotakan 6 orang yaitu Aku, Ayu, Fitri, Noviyanti, Dewi, dan Fidoh. Sangat berkesan karena kelompokku yang paling bagus, dan sesuai dari segi penampilan, pakaian, dan gerakannya.

(foto ketika SMP)

Masa-masa ketika SMA
            Saat kelulusan SMP aku gelisah, galau, merana, karena aku belum mendapatkan gambaran ingin melanjutkan bersekolah kemana?  Difikiranku hanya ingin bersekolah ke SMK mengambil jurusan TKJ (Teknik Jaringan Komputer). Tapi harapanku sia-sia karena aku sudah menyerah duluan tidak berani bersaing dengan teman-teman di SMK. Dan akhirnya aku memutuskan untuk melanjutkan bersekolah di SMA Negeri 1 Beber Kec. Greged Kab. Cirebon. Aku mengambil jurusan IPA karena aku juga mempunyai keinginan setelah lulus dari SMA aku ingin melanjutkan sekolah di Farmasi. Tetapi lagi-lagi Tuhan memiliki kehendak lain. Akhirnya aku melanjutkan kuliah di UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Ada satu halyang aku nikmati yaitu aku bahagia menjadi diri sendiri. Aku bersyukur dengan apa yang aku dapatkan saat ini. Aku bangga dan penuh bersyukur karena masih bisa menuntu ilmu, masih bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri, bertemu dengan dosen-dosen yang begitu luarbiasa yang sangat memberi motivasi dan inspirasi kepadaku, bertemu teman-teman semua dan bertemu senior-senior yang sudah lebih memiliki banyak pengalaman-pengalaman tersendiri di bidangnya.
(foto ketika wisata ke Batu Raden)

(foto ketika SMA)
Masa kuliah
            Saat ini aku sedang melanjutkan menuntut ilmu di UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, Diploma III Usaha Jasa Pariwisata 2015. Semoga menjadi mahasiswa yang membanggakan, lulusan yang terbaik dengan IPK yang tinggi dan bisa mendapat beasiswa untuk melanjutkan S1 dan S2 ke luar negeri. Semoga semua harapanku tercapai. Amin........
(foto bersama teman-teman UJP B)

11 komentar:

  1. Waahhh menarik sekali ya perjalanan hidup nya selama 18 tahun ini.
    Cerita nya mahasiswi rantau dari Cirebon, semangat terus ya sayang buktikan kita anak yang berasal dari wilayah terpencil pun mampu berprestasi dan bersaing dengan anak-anak yang berasal dari kota besar. Semoga berhasil, sukses, dan jadi kebanggaan orang tua serta keluarga.

    BalasHapus
  2. Woww,. Sungguh luar biasa perjalanan hidupmu, semoga apa yg kamu harapkan dan inginkan tercapai...! Aminnn

    BalasHapus
  3. Sebuah cerita perjalanan hidup yg menarik, rangkuman 18 perjalanan hidup yang simple yang membuat pembaca mampu lebih memahami dan mengenal seorang Ratna Komala Sari. Good job

    BalasHapus
  4. panjang juga ceritanya... bisa di buat film dokumenter

    BalasHapus
  5. Asik juga boigrafinya..apa lagi pas masa sekolah sd sama banget tuh kaya aku kalau istrhat selau main mainan tradisonal...hahah jadi kangen masa itu...pokoknya bagus deh jadi ngga nyesel bacanya juga...semangat terus y ratna komala sari..

    BalasHapus
  6. sangat menginspirasi, keren loh bisa dipercaya jdi asisten guru saat SMP utk ngajar komputer.. smoga lancar trus ya.. dan jangan prnah mnyerah mskipun jalan hidup kurang sesuai dngan yg diharapkan :)

    BalasHapus
  7. Bagus segali ceritannya. Aku suka ceritanya tak kasih 4 jempol dah buat kamu ..
    Srmagat terus ya :)
    SEmoga sukses dan bisa membanggakan kefua orangtua kamu.
    AMIN
    Semangat RATNA KOMALASARI

    BalasHapus
  8. bagus juga ceritanya,semangat ya..semoga apa yang di cita-citakan tercapai. amin.... good luck

    BalasHapus
  9. Bagus segali ceritannya. Aku suka ceritanya tak kasih 4 jempol dah buat kamu ..
    Srmagat terus ya :)
    SEmoga sukses dan bisa membanggakan kefua orangtua kamu.
    AMIN
    Semangat RATNA KOMALASARI

    BalasHapus
  10. Aminnn...... ponakan ku harus sukses ya, buatlah orang-orang disekitarmu bangga.

    BalasHapus
  11. 1 masukan, bahasanya dibuat lebih bagus lagi terus perbaiki. agar orang-orang merasa tertarik pada biografimu.

    BalasHapus