Rabu, 11 November 2015

Tugas 1 - Autobiografi Fitriyani



Masa kecil sampai sekarang (19 tahun)

Nama saya Fitriyani semasa kecil saya dipanggil Yani dan kalau sekarang dipanggil Fitri. 

Periode Balita

Saya lahir di Jakarta pada tanggal 28 Agustus 1996 lebih tepatnya saya lahir di RS.Avisena joglo Jakarta barat. Saya dilahirkan dari keluarga Sumatra, Ayah saya dari Aceh dan Mama saya dari Padang tapi saya lahir dan dibesarkan di Jakarta.

Ketika bayi ( 7 bln )

Saya anak ke-4 dari 5 saudara, saya mempunyai 3 kakak laki-laki dan 1 adik saya perempuan,saya tinggal didaerah Cibubur.

Periode TK

Saya mulai pendidikan di Taman Kanak-kanak yaitu di TK Ar-rafah, dari rumah saya ke TK tidak terlalu jauh hanya jalan kaki atau naik sepada saja, jadi semasa TK saya sudah diajarkan mandiri untuk berangkat sendiri karena jarak antara TK dan rumah tidak terlalu jauh. Waktu TK saya pernah ikut lomba mewarnai gambar yang diadakan di TK, lalu saya mendapatkan juara harapan ketiga tapi begitu saja membuat saya senang karena mendapatkan piala saya sudah merasa senang sekali, karena  pertama kalinya saya mendapatkan piala. Saya masih ingat waktu TK sering dikasih bubur kacang ijo yang sering dibikin oleh guru saya pas waktu jam istirahat dan sering dikasih susu.

Periode SD

Setelah lulus dari TK saya melanjutkan sekolah dasar waktu itu saya berumur 6 tahun. Di SD Islam Al-ma’ruf kelas 1 ini, saya pernah mengikuti pentas seni tarian tradisional  yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah.
Usia 6 Thn


Di Sekolah Dasar saya belajar semua tentang ilmu agama islam, setiap pagi kalau mau masuk kekelas harus baris dulu didepan pintu dan ada pemeriksaan kuku yang kotor dan panjang akan diomelin dan kupingnya dijewer, waktu itu saya tidak gunting dan kuku saya kotor terus saya langsung diomelin sama  guru saya karna tidak gunting kuku dan itu buat saya nangis karena diomelin lalu dijewer kuping  sama  guru dan saya menceritakan ke mama saya dan tidak mau lagi sekolah disitu dan mau pindah kesekolah yang lain karna menurut saya guru yang ngomelin dan jewer kuping saya galak dan saya tidak mau sekolah disana lagi,dan mama saya memindahkan saya di SDN 01 Cipayung dan memulai dari awal lagi dari kelas 1 setelah satu tahun saya berada di SD Al-ma’ruf.

1 SD


Di SDN 01 saya berumur 7 tahun dan di SD ini saya tidak ada lagi pelajaran agama yang mendalam  tapi hanya pelajaran umum, pelajaran agama tetap ada tapi tidak terlalu mendalam belajar agamanya hanya sebatas tau saja beda sewaktu di SD Al-ma’ruf.Di SD sini saya memiliki teman yang cukup akrab namanya ada Mega,Tiolin,Mariam,Dewi,Danaci,Ayu,Sandi,dan masih banyak  lagi kadang pas pulang sekolah saya dan teman saya yang tadi disebutin jalan kaki melewati sawah dan melewati jembatan dan dibawah jembatan sawa itu saya dan teman saya nyebur atau sering dibilang ngobak buat nyari ikan namanya ikan cucut karna hidungnya yang mancung dan kecil kecil dan untuk mendapatkan ikan cucut, mengambil dari tangan susah untuk mendapatkannya  harus menggunakan saringan ikan,ada teman saya yang membawa saringan untuk mendapatkan ikan cucut dan dia mendapatkan banyak ikan,  teman saya dan saya meminjam saringan dia untuk mendapatkan banyak ikan karna saya dan teman yang lainnya tidak membawa saringan,setelah mendapatkan ikan yang banyak, kotor- kotoran, seluruh badan gatel dan ditambah senang sekali mendapatkan banyak ikan cucut jadi capek sekalipun tidak jadi masalah dan waktu pun sudah tak terasa sudah sore saya dan teman saya pulang kerumah masing.

 3 SD
 
Kelas lima SD saya ditunjuk oleh guru olahraga saya untuk jadi pengibar bendera diupacara hari senin minggu depan karena waktu SD badan saya tinggi dan saya dipilih langsung. Setiap hari selalu belajar paskibraka seperti gerak jalan, harus berdiri yang tegak tidak membungkuk,mengibar bendera.Hari senin pun telah tiba saya merasa tidak terlalu percaya diri karna dilihat oleh banyak murid, para guru dan kepala sekolah.Setelah upacar dimulai berlangsung dengan tenang dan pas udah ada panggilan untuk pengibar bendera segera dikibarkan saya dan dua teman saya langsung siap,jalan menuju tiang untuk dikibarkan.Dipengkibar bendera saya berada disebelah kanan untuk menarik bendera dengan lebar dan jangan sampai terbelit maupun kebalik benderanya bukan merah putih tetapi malah putih merah, setelah saya mau menarik benderanya ternyata benderanya terbelit dan saya langsung memutar bendera dengan benar, itu membuat panik dan saya liat guru saya kata guru saya sudah langsung aja tidak usah panik,ya sudah saya berusaha untuk tidak panik dan setelah benderanya sampai kepuncak tertinggi  langsung saya teman saya hormat dan balik kebarisan kepara petugas upacara, saya merasa lega karna mengibar benderanya selesai walaupun benderanya kebelit ,upacara selesai dan langsung kebalik kekelas masing- masing.Pengibar bendera adalah salah satu kegiatan saya selama di SD dari kelas 5 sampai kelas 6, dari upacara hari senin sampai hari kemerdekaan saya selalu jadi pengibar bendera.



Periode SMP
SMP

Daftar SMP dan saya memilih SMP 222,160,dan 237,saya mendapatkan SMP 237 yang berada di Gang Asem.Masa SMP pun segera saya lalui dari mulai MOS, yang disuruh sama Kakak OSIS nya bawa barang aneh dengan tulisan yang susah dimengerti,lalu dikuncir banyak rambutnya,berpakaian aneh juga seperti kaos kaki bola yang warna warni dan masih banyak lagi.Hari senin pun hari pertama MOS saya diantar sama abang saya menggunakan sepeda motor menuju sekolah SMP saya yang baru.Dihari senin pun selalu macet dijalan karna semua orang juga memulai aktifitas pada hari senin.Sesampainya disekolah saya disuruh baris dan mendengarkan apa yang diinstruksikan sama kakak osisnya.Setelah beberapa hari mengikuti MOS hari pertama belajar di SMP pun dimulai waktu itu saya mendapatkan kelas di 7b,dan masih banyak yang saya kenal dari teman dikelas 7b ini.Bel pun menandakan masuk kekelas dan saya mulai masuk bareng sama teman yang lainnya, belajar mengajar pun dimulai saya sebangku dengan teman saya yang bernama popy ,saya ketemu dia pas masuk kekelas dan dia menawarkan tempat duduk disebalahnya yang kosong  buat saya dan saya menerima tempat dudknya mulai dari situlah saya mulai akrab dengan popy mulai dari kelompok tugas bareng sama dia ngerjain tugas bareng sama dia dan masih banyak lagi,tidak hanya popy saja teman saya,saya mulai akrab sama teman yang lainnya ada ulfa,qori,sabrina dan lainnya dan lama kelamaan semakin akrab dengan yang lain.
Naik kekelas 9 dimana saya merasa paling senior dan keliling kelas merasa paling jago diantara yang lain, dikelas ini saya juga diroling kelasnya dan masih ada beberapa yang belum saya kenal.Dimasa SMP ini saya mengikut ekskul PMR karena waktu SD saya mengikuti dokter kecil dan cita-cita saya semasa SD ingin menjadi dokter lalu saya melanjutkan ke ekskul PMR .Saya mengikuti PMR ini dari kelas 7 sampai kelas 9 saya mengikuti semua acara yang  dipimpin oleh pembina saya dari pelantikan PMR dijambore,mengikuti lomba- lomba dan latihan selama sepulang sekolah saya terus mengikutin latihan PMR sampai saya bisa dari mengikat tanduk buat orang sakit cara penolongan pertama saat ada seorang tenggelam dan masih banyak yang lagi.Di kelas sembilan ini saya jarang sekali mengikuti upacara karena saya sering berada di UKS untuk mendata siapa saja yang sakit selama upacara berlangsung dan itu membuat saya senang karena tidak berjemur ditengah teriknya matahari saat upacara bendera.

Periode SMK
Sekelas
SMK Sahid yang berada dijalan Ciracas,saya memilih sekolah disana dan mengambil jurusan Jasa Boga karena saya sering melihat acara masak memasak di TV dan saya merasa tertarik untuk memasak.Dikelas satu saya diajarkan tentang cara dasar memasak dan mempraktekannya. 
Kelas dua semester tiga saya belajar biasa dan semester empat saya sudah harus mengikuti PKL selama 6 bulan dan syarat dari kenaikan kelas yaitu mendapatkan sertifikat PKL.Saya PKL di Grand Sahid Jaya Hotel dibagian Food & Beverage lebih tepatnya dibagian pastry selama 4 bulan dan 2 bulan di bakery. 

Pastry and Bakery Kitchen
 

Western Kitchen
Western Kitchen
Kenaikan kelas 12 dimulainya bikin acara dari masing- masing kelas,kelas saya mebuat acara skate.Dalam acara ini saya berada dibagian susunan acara jadi dari mulai sampai akhirnya acara saya yang tentukan.Membuat acara skate ini perlu waktu lama kira kira 3 bulan dan disekolah sangat tidak mudah karena kendala lapangan yang terlalu kecil tetapi kelas kami membuat kepercayaan kepada pembimbing kami untuk tetap mempercayaai dan acara skate bisa dilaksanakan dilapangan sekolah.Setelah hari H semua teman sekelas berdoa semoga acaranya sukses dari awal sampai akhir dan tidak ada kendala cuaca terutama hujan karena kalau hujan treknya basah dan tidak bisa main dan licin, dan acara pun selesai sukses tidak ada kendala semua berjalan lancar.

Acara Skate
Acara sudah selesai dan waktunya untuk belajar karena beberapa hari lagi UN,disekolah terus dilaksanakan pendalaman materi selesai KBM,walaupun ada beberapa anak  yang males mengikutinya termasuk saya tetapi saya selalu mencatat hal yang penting saat belajar.
Waktu dikelas sangat senggang karena guru-guru mulai rapat ,diwaktu senggang itu hari masih pagi tiba-tiba saya mendengar dari teman saya kalau ada acara x-games di NET TV dateng kesekolah saya untuk syuting dan memperkenalkan sekolah juga dan kata teman saya juga kerena acara kelas saya tentang lomba skateboard.Semua kelas pada diluar lapangan termasuk saya karena disuruh guru saya untuk meramaikan acaranya kayak penonton setelah beberapa segment ternyata ada choacing clinic terus teman saya menyuruh saya ikutan coaching clinic itu pertama saya menolak karena malu dan permpuan sendiri lalu temen saya bilang ada kok yang ceweknya yasudah saya ikut coaching clinic dan diberi perintah oleh kru x-gamesnya.
Lawan saya sangat jago-jago karena sudah berpengalaman dengan skate sedangkan saya hanya baru beberapa hari saja baru bisa karena pas acara skate yang diadain dari kelas saya selalu mencoba bermain skate. Coaching clinic dimulai  dengan latihan dan baru lomba yang sebenarnya untuk mendapatkan hadiah,ternyata saya mendapatkan juara pertama karena walupun saya sedikit lama namun pasti tetap saya juaranya dan saya mendapatkan hadiah dan pin dari x-games namun beberapa saat pin saya hilang  terjatuh entah dimana namun saya cukup senang kerena juara pertama dan bangga karena lawan saya sangat jago sekali main skatenya .Semua acara sudah selesai dan waktunya untuk UN, saya mendapatkan tempat duduk kedua dari  paling depan.Setelah UN selesai dan waktu libur sangat lama saya selalu main sama teman saya. Nilai NEM pun diumumkan lewat web dan dinyatakan semua murid lulus semua

BTS

 
Latihan

Wisuda SMK


Saya mulai mecari kuliah dari STP Sahid tanya info sana sini tentang STP Sahid dan ternyata ayah saya tidak setuju disana, lalu saya mencoba mendaftar kuliah di STP Bandung,saya mengikuti ujian selama 5 hari dan saya bela belain berangkat pagi jam 5 karena hari pertama harus ngumpul breafing juga pagi sekitar jam 10an dan saya menginap ditempat abang saya dan terus belajar dari teman abang saya yang sudah jadi mahasiswa STPB dan bertanya apa saja yang perlu dipelajari.
Setelah beberapa hari saya mengikuti ujian masuk STPB dan tunggu beberapa hari untuk meliat hasil lolos atau tidak dan ternyata saya tidak lolos dan itu membuat saya merasa sedih karena dari SMK saya sudah ada niat untuk kuliah di STPB. Di STPB saya mengambil jurusan patiseri dan jasa boga.Tidak lolos bukan berarti menyerah lalu saya mencoba mendaftar di PENMABA di UNJ lalu saya mengambil jurusan Jasa Boga dan Pariwisata dan ternyata saya keterima dibagian Pariwisata. Walaupun saya jurusan Pariwisata saya tetap akan bercita- cita menjadi Executive Chef di kapal pesiar.Walaupun agak aneh dari jurusan Jasa Boga pindah kejurusan Pariwisata yang penting ada jasanya. Sekian cerita dari sejarah hidup saya selama 19 tahun ini dan terima kasih buat semua teman-teman saya yang ada dipengalaman hidup saya sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. semoga terwujud cita-citanya aminn..
    terus semangat !!

    BalasHapus
  3. aamiin semoga yang diharapkan dapat terwujud

    BalasHapus