Selasa, 15 Desember 2015

Tugas 1 - Autobiografi Jefta Kurniawan

 BIOGRAFI
JEFTA KURNIWAN
Saya akan menjelaskan perjalan hidup saya dari semasa saya kecil hingga dewas, sebulum nya saya akan mengenalkan diri saya terlebih dahulu :

Nama                              : Jefta Kurniawan
Nama Panggilan             : Jepta , Awan
Tempat / Tanggal Lahir : J akarta, 04 Mei 1996
Tinggi Badan                 : 175,cm
Berat Badan                   : 68, kg
Agama                            : Islam         
Nama Ayah                    : Setyo Budi Surono
Nama Ibu                       : Rumidah
Pendidikan                     : Universitas Negri Jakarta – Usaha Jasa Pariwisata
Hobi                               : Menggambar, Nonton Film, Baca Buku, Renang.





Perkenalkan nama saya Jepta Kurniawan saya anak pertama dari tiga bersaudara, saya mempunyai dua adik yang masih kecil, ade saya yang pertama bernama Ilham Risky S etiawan dia masih bersekolah di bangku SMP dan ade saya yang satu lagi bernama Satrio Wahyu Nursalim dia adik saya yang ke tiga atau terakhir, dia masih cukup kecil sekarang dia bersekolah di SD yang tidak jauh dari rumah sekarang di baru menduduki di kelas tiga SD dan untuk hobi saya sendiri adalah menggambar, berenag, membaca dan bermain motor, sebelum nya saya akan menyeritakan tentang BIOGRAFI saya dan perrjalanan saya dari saya dilahirkan hingga sekarang.

            Sewaktu  saya belum dilahirkan orang tuang saya mengandung saya selama Sembilan bulan, hingga pada ahkir nya saya di keluarkan, Sewaktu orang tua saya ingin melahirkan saya pada tanggal 04,05,1996 orantua saya di bawa ke bidan terdekat,tetapi bidan nya gak bisa nangan nin nya kata bidan berkata anak ibu posisi nya miring dan terlilit tali puser, pada akhir nya orangtua saya di larikan ke rumah sakit HERMINA Jakarta, disana tempat ibu saya melahirkan saya.
Sehabis saya lahir pada umur 2thn saya mengalami masa masa kecil yang manis’pahit saya rasakan, menganpa karna pada tahung 1998 saya mengalami Kerisis Moneter (KRISMON0 yang dimana masa-masa itu adalah masa demo gede-gedean untuk menurunkan jabatan Suharto, yang dimana masa-masa itu adalah masa yang sangat anaki, karana pada masa iu took-toko yang buka asti dibakar-bakarin harga sembako dalan lain-lain makin mahal karna tidak ada took yg dibuka pada jaman itu.
Setelah masa-masa itu berlalu, orang tua saya di panggi untuk bekarja di PT Suzuki Indomobil Motor, pada akhir nya orangtua saya dapat membeli rumah, ya walaupun tidak besara-besar amat tetapi cukup nyaman untuk ditempati, karana memang saya dulu masi ngontrak di daerah pulo gadung Jakarta timur, lalu saya pindah ke daerah bekasi setelah kelar masa-masa kirisi moneter, semnjak itu saya menekuni kesukaan saya karna orang tua saya sudah mempunyai pekerjaan yang lumaya gaji nya, dulu kesukaan saya yaitu benerang dan menggambar, walaupun kecil saya tidak bisa berenang dan hanya main air saja kalo setiap berhenang, tetapi saya melihat orang-orang berenang lalu saya ikuti trik-trik nya orang berenang, kalo untuk menggambar saya paling hanya bisa menggambar pegunungan saja, karna untuk anak kecil gambar yangpaling mudah adalah gambar pegunungan saja. 

Dan sejak saya di bangku SD saya memang suka sekali menuangkan ide-ide saya dengan menggambar, terutama menggambar seketsa wajah, tulisn dan grafity. Pada jaman dulu saya saya memang belum mempunyai idola sang maestro untuk menjadika motifasi bagi saya, tetapi saya menggambar apa yang ada dalam pikiran saya saja, dan langsung saya tuangankan kedalam buku gambar dan pensil warna.

Ini adalah salah-satu gambar saya saat saya masih sekolah di bangku dasar :
Ide-ide dan dan pemikiran saya dalam hal menggambar terus saya kembangkan dengan cara saya meniru gambar-gambar yang saya suka yang saya ambil dari internet.
Tidak hanya itu kesukaan saya saat SD tetapi saya juga sangat suka dengan berenang, karna kalo menurutsaya berenang bisa membuat kita jadi sehat, tinggi dan bahagia, makan saya selalu meluangkan waktu saya untuk berenag bersama keluarga, apalagi kalo setiap hari libur atau weekends.

Salin itu waktu jama nya saya SD saya biasa membuat prakarya dari bamabu dan kayu yang dimana saya dan kawan-kawan saya biasa membuat layang-layang, tembakan dari kayu (petokan), dan serta mobil-mobilan dari kayu, untuk membuat mobilan dari kayu biasa nya saya menggunakan potongan bambu-bambu tipis yang di ikat dengan karet, sehingga membentuk kerangka mobil balap, dan roda nya biasa nya saya buat dari kaleng bekas susu dan roda depan nya saya buat dari sandal yg susdah putus, lalu saya potong hingga membentuk bundar seperti roda,
Kalo untuk membuat tembakan dari kayu (peltokan) saya menggunakan bamboo berukuran kecil, lalu di potong menjadi dua bagia dengan ukuran yg berbeda, untuk potongan yg kecil bisa digunakan untuk pegangan, lalu tengah bambunya yg bolong dikasih potongan bamboo yang sudah dipotong dengan potongan yg berbentuk bulat dan panjang, lau dimasukan nya kedalam lubang bamboo yang berukuran pendek, jadi deh tembakan yg disebut peltokan, dan untuk peluru nya bisa menggunakan kertas/Koran yang di basahkan menggunakan air, lalu di bulat-bulatkan dan dimasukan kedalam bamboo nya dan lalu di dorong dengan menggunakan gagang nya, sehingga bisa menembakan peluru kertas tersebut.
Memang masa keceil saya sungguh indah, banyak atifitas yang saya lalukan di masa kecil saya, dari mulai melakukan aktifitas yang di atas hingga saya selalu rutin bermain bola dengan teman-teman saya, ya walaupun saya bermain sepakbola nya tidak stadion, menurut saya bermain dilapangan biasa atau di lapangan dekat rumah juga sudah mengasikan ko, apalagi bermain nya dengan sahabat-sahabat saya.
Setelah asik bermain bola biasanya saya langsung beristirahat di pinggiran sungai yang tidak jauh dari tempat saya tinggal, sambil beristirahat saya meminum es sambil bercada dan bersuka ria dengan teman & sahabat-sahabat saya.

Setelah saya sudah memasuki masa SMP saya sudah jarang bermain lagi, tidak kaya dulu watu jaman SD,mungkin karana kita sekolah nya yang berbeda-beda dan mungkin mereka juga sudah mempunyai kesibukan nya masing masing dan teman teman baru nya, paling hanya hari libur saja saya berkumpul dengan teman-teman lama saya,
Dan setelah mereka pada sibuk, sayapun akhir nya untuk memilih mengambil kursus bimbingan belajar atau juga disebut (bimbel) di daerah samrel (samping rel) yang dimana memang saya belajar disana karna di ajak oleh teman sekolah saya yang bernama Ahmad Fikri atau biasa di panggil Ambon, karana memang dia fisik nya seperti orang ambon, tapi padahal asli nya dia dari betawi, dan karna rumah nya tidak jauh dari sana, akhirnya saya saya akrab sama dia, nah dari itu saya diajak main di daerah dia yaitu di samrel, saya bermain sama mang cukup bahaya tapi mengasikan, kenapa bahaya karna teman teman dia suka jalan-jalan atau berpetualang kemana saja dengan bermodalkan nekat saja, kaya waktu itu hari minggu saya main kesana dan pas  ketemu saya sama dia, ternyata dia lagi mau jalan-jalan untuk main ke daerah setu untuk berenag di danau, padahal kolam renga tidak jauh dari sana mungkin emang karnara kalo di kolam renag sudah biasa makanya mereka ingin merasakan berenag di danau yang berada di setu, ya karna di ajak saya pun tertarik lalu saya ikut dengan mereka nuntuk pergi berenang ke daerah setu yang jarak nya lumayan jauh dari rumah saya, karna memang waktuitu saya dan teman-teman saya hanya membawa uwang pas-pasan yasudah akhirnya saya dan teman teman saya sepakat untuk memberhentikan mobil book atau truk untuk diminta pertumpangan, setelah kami di ijinkan untuk boleh menumpang di mobil tersebut akhir nya kami naik untuk menuju ke daerah setu.

             Lalu saya mulai berenang di danau love atau danau cinta yang berada di daerah setu, dan disana tidak hanya berenag saja tetapi juga mencari kerang udang untuk di masak di tempat teman saya, setlah saya dan teman-teman saya puas berenang kami pun berjemur di pinggir danau sambil meminum es dan memakan gorengan sambil melihat jalan tol yang membentang di hadapan saya, karna memang warung nya itu menghadap ke jalan tol bekasi – Jakarta.

            Setelah rasa lelah abis berenang sudah mulai turun serta baju yang basah  pun sudah mulai kering dan hari pun sudah mulai gelap akhir nya saya dan teman-teman saya pun bergegas menuju rumah/pulang, saya pun mencari mobil yang bisa kami tumpangi untuk menuju  perjalan pulang, dan pada akhir nya kami pun mengikut bus kariawan  karna emang pas kami balik kariawan PT YKK pun juga pada balik, akhir nya kami mengikut bus angkutan kariawan.
ke esokan hari nya adalah waktu nya sekolah, jadi malam  nya saya pake untuk belajar seperti mengerjakan PR membaca dan menghafal rumus-rumus hingga sampai jam delapan, dan istirahat sebentar sambil menonton TV dan nyemil, kira-kira jam setengah sepuluh saya pun menuju kamar untuk tidur.

Setelah ke esokan hari nya saya bangun jam enam  pagi lalu saya mandi terus saya membaca sebentar sambil menunggu sarapan siap, setelah sarapan siap saya pun sarapan dan lalu berangkat ke tempat sekolah saya yang jarak nya tidak lumayan jauh dari rumah saya, sesampai nya di sekolah saya belajar hingga jam dua belas setelah itu saya langsung meminta ijin ke orangtua saya bahwa seabis pulang sekolah tidak langsung poulang karna ingin ngerjain tugas kelompok, setelah ijin kami pun berangkat kerumahteman saya yang berada di peruman mewah yang ada di dekat sekolahan saya, sesampai nya disana saya langsung mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru pengajar saya, setelah selesai kami pun tidak langsung balik kerumah tetapi kami bersantai dan  ngobrol dulu sambil berkumpul ria, sesudah itu kami pun bermain PS di rumah temen saya hingga jam 3an , dan karana memang waktu udah sore dan saya belum balik kerumah untuk ganti baju akhir nya kami pun balik kerumah, sesampai nya dirumah saya langsung makan dan beristirahat setelah sore nya sekitar jam empatan saya pun bangun lalu beres-beres rumah untuk membantu orantua saya karna memang ibu saya mempunyai kegitan setiap sore yaitu berusha makanan ringan di sekolahan SD saya, makan nya jadi setiap sore saya membantu ibu saya mengurusi pekerjaan rumah.

Nah malem nya saya karna sudah tidak ada tugas dari sekolah saya pun hanya membaca komik saja untuk sekedar ingan membac setelah itu saya nonton  TV lalu saya tidur, begitu pun seterus nya setiap hari nya tetapi hari ini saya ada kegitan ekstrakulikuler, saya mengikuti ekskul bola jadi ada latihan untuk bola sehabis pulang sekolah, saya biasa latitahn di lapangan dekat kecamatan yang dimana itu adalah stadion bolan milik kecamatan tambun selatan, lapangan nya lumayan bagus dan luas jadi kami bisa leluasa untuk latihan dan bermain bola.
Setelah pulang latihan bermain sepak bola saya pun langsung bersih-bersih dan sesudah itu sayapun makan dan beristirahat di kamar sambil menggambar-gambar seketsa di tembok rumah, karna emang saya mempunyai kamar sendiri dan bebas untuk di corat-coret karna emang orang tua saya tau kalo hobi saya menggambar.

Dan kesokan hari nya karna hari libur atau tanggal merah saya pun tetap bangun pagi untuk membereskan kamar saya, sesudah itu saya pun langsung beres-beres rumah karna memang rumah saya kalo pagi selalu ada saja mainan yang berserakan, karna saya memang masih mempunyai adik yang masih kecil, biasa anak kecil memang hobi nya bermain.
Setelah agak siang-siangan sayapun main kerumah teman saya, ternyata motor teman saya lagi mau di bongkar mesin nya, piker saya motor nya turun mesin apa mogok, dan ternyata dia ingin membongkar motor nya memang sengaja supaya motor nya menjadi kencang, mamang teman saya sangat suka mengotak-atik mesin motor setiap hari nya dai selalu membongkar motor nya untuk membersikan karburator me modifiksi motor setandar menjadi motor ayam jago, seperti motor drag yang yanga ada di tempat tempat balap.
Dan akhir nya sayapun ikut teman saya untuk ke bengkel langganan dia, saya selalu melihati cara membongkar dan meng ganti-ganti barang supaya motor itu jadi kenceng sampai pada akhir nya saya tau dan inggin mempelajari nya.

            Tidak hanya itu saja saya pun di ajak teman saya untuk nonton kontes balap di daerah perumahan deltamas, memang disana sering di jadikan ajang balap resmi untuk kalangan motor drag 125 hingg 250 cc, dan disana saya semakin tertarik untuk ikut bermain motor kencang, dan akhir nya karna setiap ari saya nongkrong di bengkel untuk belajar, sayapun menanya teman saya yang punya motor kencangtersebut, rih kan lu suka bgt ya sama motor cepat, terus lu kalo mau ngalanjutin sekolah dimana? Di pun menjawan ya paling gua ngelanjutin di SMK jep karna kan kalo seklahan SMK itu sekolahan yang menjuru untuk siap kerja di bidang industry yang kita sukai, ohh iya tuh bener juga terus setelah saya saya lulus dari SMP saya pun lanjut untuk mengambil sekolah di SMK bersama teman saya yang berhobi motor tersebut.
foto saat saya sedang berada di bengkel teman


            Setelah hari pertama mendaftar di SMK saya pun mengambil pilihan untuk mengambil jurusan TRK (teknik kendaraan ringan) yang dimana jurusan tersebut memang menjuru ke kendaraan ringan seperti jurusan yang mempelajari tentang sepeda motor dan mobi.
Setelah itu saya pulang untuk belajar, karna memang besok masa ujian untuk masuk sekolah tersebut, saya pelajari semua mata pelajaran agar bisa dapat di SMKN 1 Cikarang Barat.
Setelah ke esokan hari nya saya mendatangi sekolahan nya untuk ujian masuk SMK tersebut, setalah lembaran demi lembaran demi lembaran kami lewati, akhir nya waktu pun habis untuk mengerjakan tugasnya, sehabis itu saya balik dan menunggu informasi di terima atau tidak.
Dengan sabar menanti sampai hingga waktu nya tiba, dengan deg-degan sayapun membuka wabsait nya untuk melihat hasil nya, dan pada akhir nya saya pun di terima di SMK sana Dengan hati bangga dan senang saya beri taukan hasil nya ke orangtua saya,
Dan orangtua saya bangga pada saya, sambil bilang “ini jalan kamu, ini jurusan yang kamu pilih dengan kamu bersekolah di sana kamu harus tau bahwa kamu nanti besar mau jadi apa? Kalo emang ingin menjadi mekanik, kamu teruskan jurusan yang kamu pilih ini, tetapi kalo cita cita kamu bukan untuk jadi mekanik mendingan kamu tunda dulu dan cari jurusan lain, karna sekolah smk adalah sekolah yang ber besik kejuruan.
Lalu pun saya menjawab semua dari kata-kata ayah saya, iya yahh jepta udah mantep dengan pilihan saya jadi jepta akan tetap melanjutkan  jurusan ini, ayah pun menjawab “yaudah kalo emang keputusan mu begitu ayah ikuti, tapi inget jangan pernah mengeluh tentang pelajaran ini, karna memang ini jurusan yang telah kamu pilih.

            Setelah saya memasuki sekolah, di SMK tersebut saya pun dibagi kelas nya waktu itu saya mendapat kelas TKR B yang dimana saya bareng dengan teman saya yang dulu nya bareng di SMP.  Saya senag bisa ketemu dia karna memang saya bisa mencari teman baru bersama-sama. Setelah hari kedua nya kami pun datang untuk mengikuti MOS (masa orentasi sekolah) saya bisa bilang di ospeng dari mulai fisik, karakter, dan sikap. Karna memang sekolahan di SMK itu fisik nya harus kuat gak boleh lemah karna siswa nya terlatih untuk dunia pekerjaan, serta siswa di di di-dik karakterdan sikap  nya agar siswa nya mempunyai karakter dan sikap yang baik.
foto saya saat saya SMK 



Selama tiga tahun saya lalui masa-masa pahit,asem,mais nya memakai seragam putih abu-abu deangan teman-teman saya hinga hingga pada akhir nya kami pun lulus bersama dengan membawa nila yang lumayan bagus dan ilmu otomotif yang sudah saya kuasai.
Setelah itu saya pun meminta pendapat orang tua saya, gimana nih bun dan yah jepta sudah lulus nih dari sekolah tersebut dengan nilai yang lumayan bagus, jepta tinggal bikin lamaran untuk keja saja nih bun yah, memang di sekolahan saya kalo sudah lulus di sana ada progam dari industry untuk merekrut kariawan-kariawan baru, karna memang sekolahan saya terakreditasi A, jadi banyak PT atau industry yang mencari tenaga kerja baru dari sekolahan saya.

            Tetapi orang tua saya pun berkata, gpp kamu kalo mau kerja dulu tapi kamu gak akan dapat posisi yang enak dalam kerjaan kamu, karna ijasa smk paling hanya bisa kerja di bagian oprator saja bahkan tidak bisa naik jabatan, paling sestem nya kontrak saja enam bulan keluar, satu tahun keluar pada akhir nya saya pun di suluh kuliah saja melanjutkan hobi saya bermain motor.
Setelah saya daftar kuliah saya mengambil tiga jurusan, yang pertama saya tentu mengambil jurusan teknik otomotif, yang kedua saya mengambil seni karna memang saya dulu nya memang sukan menggambar sampai sekarang, dan yang terakhir saya ambil jurusan pariwisata karna memang saya juga sengang kalo lagi pas liburan dan jalan jalan bersama keluarga.
Setelah uji tes, akhir nya saya pun di trima di pariwisata saya senang karna saya pada akhir nya di terima di negeri, tapi saya bingun mau bilang apa ke orang tua saya, karna waktu mau masuk smk saya bilang nya memang menykai motor, tapi sesdah saya bilang akhir nya saya pun di nasehati lagi, yasudah ambil saja kata bunda saya saya udah dapat di negri kalo gak di ambil, kata papah saya kalo emang kamu mau menjalanin nya mah papah dukung, lagian mumpung papah masih bisa membiyayai kamu kenapa gak kalo emang kamu mau.
Dan pada akhir nya saya berkuliah di UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA dengan jurusan Usaha Jasa Pariwisata hingga sekarag.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar